Comscore Tracker

5 Motor Terkenal yang Dihentikan Produksinya Akibat Regulasi Euro 4

Jadi barang langka nih!

Dalam upaya mengurangi emisi gas buang, Uni Eropa menempuh cara agar kendaraan lebih ramah lingkungan. Tahun 1990 ada Euro 1 yang ditujukan untuk mobil dan terus berkembang hingga kini menjadi Euro 4. Dari sekian banyak motor, ada beberapa motor yang akhirnya harus “pensiun” karena regulasi ini. Apa saja motornya?

1. Honda CBR600RR

5 Motor Terkenal yang Dihentikan Produksinya Akibat Regulasi Euro 4motorcyclistonline.com

Pesaing berat Yamaha R6 dan Kawasaki ZX636 ini telah lama disuntik mati. Sekarang digantikan oleh CBR650R yang tidak segarang CBR600RR. Honda sendiri sudah tidak berminat untuk mengembangkan ulang CBR600RR agar bisa lolos Euro 4 karena butuh biaya besar.

Buat Honda sendiri, pasar ini kurang ramai bila dibandingkan dengan mesin 1000cc. Padahal motor ini jadi satu-satunya di kelas 600cc yang memiliki knalpot di bawah jok.

2. Kawasaki Z800

5 Motor Terkenal yang Dihentikan Produksinya Akibat Regulasi Euro 4motorcyclenews.com

Sampai sekarang, Z800 masih menjadi moge bekas yang banyak diburu. Z800 sendiri telah digantikan oleh Z900 di tahun 2017. Jika dikaji ulang, menurut Kawasaki, Z800 harus mengorbankan power bila tetap ingin eksis dan mengikuti Euro 4. Mereka memilih memasarkan Z900, sehingga tidak perlu mengorbankan power. Selain itu Z800 diganti juga karena modelnya sudah “kuno”, yaitu sejak 2013.

Baca Juga: 5 Motor Keren Ini Bakal Dirilis Tahun 2019, Nabung Dulu Guys!

3. MV Agusta F4

5 Motor Terkenal yang Dihentikan Produksinya Akibat Regulasi Euro 4mvagusta.com

Motor keren ini juga menjadi salah satu motor korban Euro 4 yang akan dihentikan tahun 2018 ini. Di tahun 2020, MV Agusta berencana untuk membuat model baru, tapi bukan pembaharuan dari F4. Saat ini, MV Agusta hanya ingin berfokus di bidang motor 4 silinder untuk sementara ini. Kemungkinan besar, MV Agusta ingin fokus di motor mereka yang laris seperti Dragster dan Brutale.

4. Kawasaki W800

5 Motor Terkenal yang Dihentikan Produksinya Akibat Regulasi Euro 4motorcyclenews.com

Motor ini sudah “pensiun” sejak 2017. Mesinnya dianggap sudah tidak mampu memenuhi regulasi yang telah ditetapkan yakni Euro 4. Dan saat itu sebagai perpisahan, Kawasaki mengeluarkan edisi khusus untuk W800 ini. Sekarang, sudah ada Z900RS dan Z900RS Cafe buat kamu yang masih suka motor model retro.

5. Suzuki Hayabusa

5 Motor Terkenal yang Dihentikan Produksinya Akibat Regulasi Euro 4thedrive.com

Suzuki Hayabusa adalah motor yang sering dibandingkan dengan Kawasaki H2 karena mereka sama-sama sangat kencang. Tapi hebatnya, mesin Suzuki Hayabusa ini sudah sejak tahun 1998. Artinya di tahun ini, Hayabusa sudah menyentuh usia 20 tahun. Sayangnya motor ini akan segera dihentikan produksinya akibat tidak mampu memenuhi standar Euro 4.

Kelima motor ini akan menjadi langka dalam beberapa waktu ke depan. CBR600RR sudah menjadi langka terlebih dahulu karena dia sudah lama tidak diproduksi dan hanya sisa bekasnya saja. Kamu sendiri sudah pernah coba yang mana?

Baca Juga: 6 Sepeda Motor Ini Nasibnya Berubah Setelah Mengalami Facelift

William Tanamal Photo Verified Writer William Tanamal

Gadget and Automotive Enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya