5 Motor Jadul yang Gak Kalah Tenar Dibandingkan Lagu Melayu

Jadi motor favorit pada masanya

Isabela, Gerimis Mengundang, Mencari Alasan, Suci Dalam Debu, itulah beberapa judul lagu pop melayu yang sangat populer di Indonesia pada saat itu. Namun, siapa juga yang tidak kenal motor dari pabrikan Yamaha yang diberi nama RX-King atau dari pabrikan Honda yang diberi nama Tiger? Ya, motor-motor itu juga merupakan motor yang tidak kalah populer dibandingkan dengan lagu-lagu pop melayu tahun 90an tersebut. 

Lalu, motor apa saja yang boleh dikatakan populer saat itu dan masih eksis hingga sekarang? Kita simak yuk!

1. Vespa

5 Motor Jadul yang Gak Kalah Tenar Dibandingkan Lagu MelayuInstagram.com/vespauyee

Siapa yang tak kenal motor satu ini, Vespa merupakan motor yang sangat populer dijamannya. Motor vespa pertama kali diperkenalkan pada tahun 1946 di Roma dan semenjak tahun 1946 tersebut motor ini mengalami kemajuan pesat. Menurut informasi yang beredar, Vespa masuk ke Indonesia pada tahun 1960 melalui ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merk) PT. Danmotors Vespa Indonesia/DVI di Pulo Gadung Jakarta.

Di Indonesia sendiri Vespa pernah menjadi primadona sebagai tunggangan mewah, puncaknya adalah sekitar tahun 60an ketika Presiden Soekarno menghadiahkan motor ini untuk para prajuritnya. Sampai pada akhir tahun 90an kita masih banyak melihat Vespa yang bersliweran di jalanan, bahkan sampai saat ini kita masih dapat melihatnya baik itu Vespa model lama maupun Vespa model baru, meskipun tidak setenar dulu. Eksistensi motor ini patut diacungi jempol, karena para pecinta Vespa masih sangat banyak dan juga diburu oleh kolektor.

2. Yamaha RX-King

5 Motor Jadul yang Gak Kalah Tenar Dibandingkan Lagu MelayuInstagram.com/rxkingkotaknalpot

Raja jalanan mungkin dapat kita sematkan sebagai julukan pada kedigdayaan motor yang satu ini. Bagaimana tidak, motor RX King ini sempat menjadi salah satu motor paling gesit di jalanan Indonesia. Kombinasi kecepatan, bobot yang ringan dan desain yang gagah membuat motor ini sangat diminati masyarakat. 

Motor ini sempat mengalami puncaknya pada kisaran tahun 80-90an, motor ini menjadi pilihan masyarakat terutama kaum muda. Namun, karena regulasi tentang standar emisi gas buang yang semakin ketat maka pihak Yamaha menghentikan produksi motor ini sejak 2008. Para pecinta RX King tidak lantas meninggalkan motor ini, mereka terus eksis sampai dengan sekarang bahkan kita masih dapat melihat motor tersebut di jalanan meskipun sudah jarang terlihat.

Baca Juga: 5 Motor Berkapasitas Besar yang Punya Transmisi Matic, Wajib Coba!

3. Honda Tiger

5 Motor Jadul yang Gak Kalah Tenar Dibandingkan Lagu MelayuInstagram.com/hondatigerindonesia

Tidak berlebihan rasanya jika motor yang satu ini disebut sebagai salah satu motor legenda di jalanan Indonesia. Pada saat kemunculannya sekitar tahun 1993, motor yang diberi nama 'Tiger' ini menjadi begitu spesial. Orang yang memakai motor ini dijamin semakin keren. Motor mewah di kalangan masyarakat ini biasanya dimiliki oleh orang-orang dengan penghasilan menengah ke atas, sebab kala itu masyarakat pada umumnya hanya dapat membeli motor bebek mengingat fungsi motor tiger ini tidak sefleksibel motor bebek.

Motor ini juga sebagai pelopor motor berkapasitas menengah yakni 200cc yang mana belum banyak motor ber-cc menengah di kalangan masyarakat. Meskipun produksi motor ini sudah dihentikan, namun kita masih dapat menemukannya di jalan raya. Eksistensi motor ini juga sangat baik terlihat dari banyaknya klub-klub motor Tiger di berbagai kota di Indonesia. Motor ini juga masih sangat diminati berbagai kalangan anak muda maupun tua.

4. Honda Astrea Grand

5 Motor Jadul yang Gak Kalah Tenar Dibandingkan Lagu MelayuInstagram.com/dimas_photowork

Motor ini merupakan lambang kesuksesan pabrikan Honda memasarkan motor bebek kala itu. Sekitar tahun 90an, motor dari Astrea series ini banyak bersliweran di jalanan dan menjadi pendukung aktivitas sehari-hari masyarakat masa itu. Motor ini dipakai oleh pemiliknya untuk pergi ke sekolah, kantor, pasar, sawah, kebun, sampai touring. 

Meskipun telah lama discontinue dan jarang terlihat di jalan raya, antusiasme masyarakat masih cukup kuat untuk mengkoleksi motor yang satu ini. Yang menarik, belum lama ini motor Astrea Grand milik Zubastian Rachman, warga Bintaro, Tangerang Selatan laku terjual dengan harga 80 jutaan!

5. Honda WIN-100

5 Motor Jadul yang Gak Kalah Tenar Dibandingkan Lagu MelayuInstagram.com/denbagus8787

Berbeda dengan motor-motor sebelumnya, motor yang satu ini memiliki citra sebagai motor dinas pegawai. Bagaimana tidak, motor ini sangat eksis di kalangan para pegawai, baik itu menjadi motor pribadi maupun dijadikan kendaraan dinas. Sekitar tahun 80an dan 90an, motor ini mencapai titik puncak ketenarannya, selain karena harga yang relatif terjangkau dan konsumsi bahan bakar yang irit, motor ini juga disebut-sebut sebagai motor dengan desain yang mampu melibas semua medan. 

Berkat kemampuannya itu, motor honda win 100 ini banyak dijadikan plat merah (kendaraan dinas) kala itu, sehingga banyak sekali bersliweran di jalanan Indonesia. Dengan ketenaraanya itu, tidak salah rasanya memasukan motor honda win 100 sebagai salah satu motor yang tak kalah populer dengan pop melayu.

Itulah beberapa motor jadul yang tenar banget di tahun 80-90an. Kamu pernah punya, gak nih?

Baca Juga: Diproduksi Massal Januari 2019, Begini Hebatnya Motor Gesits

Yoga Firmansyah Photo Community Writer Yoga Firmansyah

Sehari-hari bekerja sebagai social worker di salah satu Unit Pelaksana Teknis Bidang Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial Republik Indonesia. Saya orang yang jika bertindak, maka akan dipikirkan secara matang dan penuh pertimbangan terlebih dahulu. Jika saya mengerjakan sesuatu maka akan saya kerjakan sebaik mungkin dan fokus pada apa yang saya kerjakan sampai hal tersebut selesai sesuai batas kemampuan saya.  

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You