Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Roadtrip Itu Menyenangkan

Menjadi sarana memperoleh pengalaman baru

Jakarta, IDN Times – Melakukan perjalanan jauh dengan mobil atau sepeda motor memang melelahkan. Karena itu banyak orang memilih menggunakan pesawat atau kereta api.

Tapi bagi beberapa orang, perjalanan dengan menggunakan mobil pribadi atau sepeda motor jauh lebih nikmat. Sebab kamu bisa mengatur sendiri waktu keberangkatan, istirahat, hingga tempat makan tujuan.

Selain itu kamu juga bisa berhenti seenak hati, menikmati spot-spot menarik yang kamu lalui tanpa harus cemas ditinggal bus atau kereta. Nah, berikut beberapa alasan kenapa touring atau roadtrip itu sangat menyenangkan.

1. Melatih tanggung jawab dan kesabaran

5 Alasan Mengapa Roadtrip Itu MenyenangkanDok. IDN Times/Istimewa

Dibandingkan dengan menggunakan transportasi umum, melakukan perjalanan jauh dengan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor lebih melatih kita untuk bertanggung jawab dan bersabar karena secara otomatis harus berkendara dengan mematuhi aturan lalu lintas yang ada untuk menghormati pengendara lainnya.

Tak hanya dari segi berkendara, dengan sepeda motor juga diajarkan bertanggung jawab untuk mengurus dan mengatur barang bawaan masing-masing seringkas mungkin tanpa mengandalkan orang lain.

Baca Juga: Mau Touring Jarak Jauh? Siapkan Dulu 5 Nomor Penting Ini

2. Bebas

5 Alasan Mengapa Roadtrip Itu MenyenangkanDoc. IDN Times

Dengan menggunakan sepeda motor, tentunya kamu tidak akan terpaku dengan jadwal keberangkatan yang dimiliki oleh transportasi umum. Selain itu, kamu juga bisa menentukan jalan mana yang ingin kamu dilalui. Bahasa sederhananya kamu bisa menentukan rute perjalananmu sendiri. Asyik, kan?

3. Mencicipi kuliner

5 Alasan Mengapa Roadtrip Itu MenyenangkanIDN Times/Dwi Agustiar

Mencari jalur-jalur baru dalam perjalanan, pastinya kamu akan menemukan dan bisa menyicipi jajanan kuliner khas tiap kota yang kamu lewati  yang mungkin belum pernah dicicipi sebelumnya. Hal seperti ini tentu tak dapat kamu nikmati kalau pergi menggunakan transportasi umum seperti pesawat atau kereta.

4. Mempererat hubungan dengan komunikasi

5 Alasan Mengapa Roadtrip Itu Menyenangkansheadv.com

Melakukan perjalanan liburan sendiri saja terkadang sudah membuat hati puas, apalagi dengan kehadiran teman-teman yang tentunya membuat suasana semakin ramai dan menyenangkan.

Selain itu, roadtrip secara tidak langsung juga akan melatih kamu untuk lebih perhatian, memahami, dan toleransi dengan sesama, juga banyak hal yang harus memerlukan kesepakatan sebab tentunya banyak hal yang perlu didiskusikan selama perjalanan. Misalkan menentukan rute perjalanan, titik pemberhentian, dan banyak hal lainnya.

5. Sumber berbagi pengalaman

5 Alasan Mengapa Roadtrip Itu MenyenangkanDok. IDN Times/Istimewa

Tujuan dari roadtrip sudah pasti untuk mencapai destinasi yang diinginkan, namun sebenarnya banyak yang tidak menyadari bahwa poin utama dari roadtrip adalah pengalaman yang diperoleh selama melakukan perjalanannya, dari awal hingga berakhir.

Kenangan yang tercipta sepanjang jalan, tak kalah menarik dan seru dibanding keseruan yang ada di lokasi tujuan.

Baca Juga: 4 Tip Aman Touring dengan Sepeda Motor

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You