Comscore Tracker

Hore! Honda Akan Suntikan Teknologi VTEC ke Motor Kecil Mereka

Teknologi VTEC biasa digunakan di mobil Honda

Jakarta, IDN Times – Produsen motor Honda dikabarkan akan menyuntikkan teknologi VTEC pada mesin motor mereka. Informasi ini beredar setelah gambar paten mesin untuk varian motor kecil Honda terbaru beredar di media sosial.

FYI, VTEC atau Variable Valve Timing & Lift Electronic Contro adalah teknologi yang selama ini disematkan ke mobil-mobil Honda. Nah, kebayangkan betapa kerennya kalau teknologi ini diaplikasikan ke motor.

1. Honda SH150i sudah mengadopsi teknologi VTEC

Hore! Honda Akan Suntikan Teknologi VTEC ke Motor Kecil Merekakojintekibikematome.blog.jp

Teknologi VTEC ini sebelummya telah disematkan pada salah satu skuter matik produksi Honda, yakni SH150i. Honda SH150i ini ternyata memiliki suku cadang yang sama dengan PCX, Vario, dan skuter adventur ADV 150.

Dengan begitu, mesin ini juga kemungkinan akan digunakan oleh motor kecil Honda lainnya dan akan diberlakukan pada 2021 nanti, sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Jepang untuk mengikuti standar emisi Euro 5.

Baca Juga: Honda E Resmi Diluncurkan, Imut Tapi Canggih

2. Bakal menyaingi teknologi VVA Yamaha

Hore! Honda Akan Suntikan Teknologi VTEC ke Motor Kecil Merekakojintekibikematome.blog.jp

Teknologi VTEC dari Honda ini dikabarkan akan bersaing dengan Variable Valve Actuation (VVA) yang sudah dimiliki oleh NMAX dan beberapa motor baru Yamaha lainnya, sebab keduanya mampu memberikan dorongan tenaga yang lebih optimal kepada motor dari putaran mesin rendah hingga tinggi, namun konsumsi bahan bakar tetap irit.

3. Bukan teknologi baru, sudah digunakan pada mobil dan motor ber-cc besar

Hore! Honda Akan Suntikan Teknologi VTEC ke Motor Kecil Merekabikesdoctor.com

Sebenarnya teknologi VTEC ini bukan teknologi anyar. Sebab teknologi ini pernah digunakan Honda sejak era 90-an, khususnya pada mobil-mobil yang bertenaga besar seperti varian Civic.

Sedangkan pada motor VTEC beberapa kali sudah digunakan pada motor CB400SF Super Four Hyper VTEC, Honda VFR800, dan pada skuter NC750D Integra.

Baca Juga: Ini Harga Motor MotoGP, Mesinnya Aja Bisa Buat Beli 95 Honda ADV 150!

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You