Comscore Tracker

Motor Tiba-tiba Terasa Oleng, 3 Bagian Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Hindari jalan berlubang supaya awet komponennya!

Jakarta, IDN Times – Kalau bicara motor, desain keren aja gak cukup. Sebab buat apa motor keren tapi gak nyaman dikendarai? Yup, kenyamanan berkendara itu yang utama. Sebab hanya dengan kenyamanan kita bisa menikmati perjalanan. 

Nah, salah satu penyebab motor jadi gak nyaman adalah ketika laju motor tiba-tiba oleng. Padahal dari luar semua terlihat baik-baik saja. Kira-kira apa ya penyebabnya? 

1. Laher/bearing roda

Motor Tiba-tiba Terasa Oleng, 3 Bagian Ini Bisa Jadi Penyebabnyaeabs.co.uk

Laher roda ini terletak di tengah, berfungsi sebagai salah satu bagian pada poros roda yang membuat roda dapat tetap berputar. Namun komponen ini pula yang paling sering menjadi penyebab motor oleng.

Laher biasanya rusak karena motor sering menghajar lubang yang cukup dalam, sehingga laher yang juga berfungsi sebagai penumpu akhirnya retak.

Cara untuk mengetahui laher rusak atau tidak adalah dengan menyangga motor dengan standar ganda, kemudian mencoba menggoyangkan roda motor. Apabila roda masih bisa digoyang-goyangkan meski baut sudah kencang, ada indikasi bahwa laher atau bearing roda pada motor sudah rusak dan perlu diganti.

Baca Juga: Hore! Honda Akan Suntikan Teknologi VTEC ke Motor Kecil Mereka

2. Pelek peyang

Motor Tiba-tiba Terasa Oleng, 3 Bagian Ini Bisa Jadi Penyebabnyavtr1000.org

Akibat intensitas penggunaan motor, pelek pun bisa rusak lho guys, misalkan seperti sedikit bengkok atau peyang atau bahkan retak. Kalau retak, sudah pasti terlihat jelas, tapi kalau cuma bengkok biasanya agak susah diketahui.

Cara untuk mengetahuinya cukup dengan menyangga motor dengan standar ganda, kemudian putar rodanya dan perhatikan bagaimana cara berputar. Apabila ada perputaran tidak rapi (biasa dikenal dengan ban ular), bisa dipastikan pelek bermasalah.

Kalau sudah tahu ada masalah, sebaiknya langsung diperbaiki di bengkel khusus pelek, harganya pun cukup terjangkau kok, sobat. Tapi kalau mau lebih aman lagi, ya beli pelek baru meski harganya lebih mahal.

3. Perhatikan kondisi ban

Motor Tiba-tiba Terasa Oleng, 3 Bagian Ini Bisa Jadi Penyebabnyaunsplash.com/Harley-Davidson

Nah, yang ini adalah komponen paling krusial yang harus selalu diperhatikan guys, sebab ban bersentuhan langsung dengan aspal dan tanpanya motor tak akan bisa berjalan meski komponen lainnya sehat.

Motor oleng bisa disebabkan karena kondisi ban yang tidak prima seperti sudah mulai ada keretakan akibat sering terpapar panas atau air saat hujan, ulir sudah habis, kurang tekanan angin, atau benjol akibat sering menghantam permukaan yang tidak halus saat tekanan angin terlalu penuh.

Baca Juga: Jalan Tol Beton Bisa Membuat Ban Meletus, Mitos atau Fakta?

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You