Comscore Tracker

5 Riding Gear Penting di Musim Kemarau yang Kerap Diabaikan

Meski terlihat remeh namun aksesoris ini penting lho

Biasanya kita selalu mempunyai persiapan khusus ketika berkendara dengan motor di musim penghujan. Namun jangan salah, persiapan yang serupa juga harus dilakukan saat musim kemarau demi keamanan dan kenyamanan, terutama terhindar dari sengatan terik matahari, polusi udara, dan hembusan angin kencang di musim kemarau.

Berikut adalah lima riding gear yang penting untuk digunakan pada musim kemarau.

1. Kacamata hitam

5 Riding Gear Penting di Musim Kemarau yang Kerap Diabaikanmotovaganza.com

Penggunaan kacamata hitam saat berkendara bukan sekedar keren-kerenan. Fungsi kacamata hitam saat musim kemarau amatlah penting untuk meminimalisir silau cahaya matahari sehingga kita tidak mudah lelah saat berkendara.

Selain itu, ketika musim kemarau biasanya banyak debu beterbangan. Fungsi dari kacamata hitam ini adalah untuk mencegah mata kita terkena iritasi akibat debu jalanan dan asap kendaraan bermotor.

2. Masker hidung

5 Riding Gear Penting di Musim Kemarau yang Kerap Diabaikankabaroto.com

Serupa dengan kacamata hitam, masker hidung berfungsi untuk menghindar dari polusi udara yang lebih terasa pada musim kemarau. Selain itu tentu juga masker ini bisa mencegah kita tertular dari penyakit yang biasa datang pada musim kering seperti batuk.

Masker hidung ini juga terbilang murah. Untuk masker hidung sekali pakai, satu set masker yang berisi 50 pieces, harganya sekitar Rp25.000. Jika mau lebih hemat kita bisa memilih masker kain yang bisa kita cuci setelah beberapa kali pemakaian, toh harganya pun hanya Rp3.000an di toko-toko online.

Baca Juga: 7 Helm Motor Paling Mahal di Dunia, Ada yang Rp50 Juta!

3. Sarung tangan

5 Riding Gear Penting di Musim Kemarau yang Kerap Diabaikanpricearea.com

Sarung tangan juga merupakan aksesoris yang penting di saat musim kemarau. Ketika kita tengah berkendara pada siang hari tanpa menggunakan sarung tangan, kulit kita kerap terasa sakit akibat sengatan matahari yang tajam. Selain itu sarung tangan ini juga bisa mencegah kulit kita menjadi belang karena sengatan matahari.

Pada malam hari fungsi sarung tangan ketika musim kemarau tak kalah pentingnya. Malam hari di musim kemarau biasanya lebih dingin dan angin pun berhembus lebih kencang. Dengan sarung tangan kita pun bisa menghindar dari menusuknya angin malam.

Harga sarung tangan pun tergolong murah. Sarung tangan dengan wol rajutan bisa kita beli dengan harga sekitar Rp25.000. Jika mau lebih kece dan kelihatan anak motor banget, kita bisa membeli sarung tangan dengan bahan kulit sintetis dari mulai harga Rp50.000.

4. Jaket

5 Riding Gear Penting di Musim Kemarau yang Kerap Diabaikansuryanation.id

Penggunaan jaket kerap diremehkan saat musim kemarau karena dianggap hanya akan menambah gerah saat berkendara. Padahal fungsi jaket di musim kemarau amat penting demi keamanan dan kesehatan tubuh. Dengan menggunakan jaket dada kita akan terlindung dari angin musim kemarau yang menerpa tubuh. Maka dari itu pilihlah jaket yang tidak membuat gerah.

Karakter jaketnya berupa jaket windbreaker atau pemecah angin dengan bahan dalaman berupa jaring-jaring parasut yang memungkinkan tubuh kita tidak kegerahan karena memiliki ventilasi udara. Dengan harga mulai dari Rp100.000 kita sudah bisa mendapatkan jaket dengan karakter windbreaker tersebut.

5. Botol minuman

5 Riding Gear Penting di Musim Kemarau yang Kerap Diabaikanhagakita.com

Hal yang sebetulnya penting namun kerap terlupakan adalah botol air mineral. Panasnya suhu udara Indonesia pada musim kemarau memungkinkan tubuh terkena dehidrasi. Efeknya akan membuat konsentrasi berkendara berkurang. Maka dari itu kebiasaan membawa minuman saat berkendara motor terbilang penting.

Selain membuat kita tidak kehausan di jalan, kebiasaan membawa air mineral botol pun membuat kita mengurangi penggunaan sampah plastik. Dengan harga mulai dari Rp30.000 kita bisa membeli botol minuman berbahan stainless stell.

Demikianlah lima perlengkapan berkendara penting di saat musim kemarau. Dengan harga-harga perlengkapan yang murah, kita bisa lebih aman dan nyaman saat berkendara di jalanan. Dan yang terpenting, utamakan keselamatan di jalan, ya!

Baca Juga: 10 Tips Biar Ban Motormu Tahan Lama

zaki Photo Community Writer zaki

pemalu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You