Comscore Tracker

Anak Kos pun Bisa, Ini 5 Cara Mudah Bantu Negara Bangkit Dari Pandemik

Gak harus jadi pejabat, kok!

Pandemik Covid-19 mengubah banyak hal. Mulai dari pendidikan, bidang kesehatan hingga ekonomi negara. Gak sedikit orang yang kehilangan pekerjaan atau harus menggulung tikar usaha yang dibangun penuh perjuangan.

Nah, sebagai generasi muda, kita harus punya peran untuk bangkit dari pandemik. Gak usah muluk-muluk, cukup dengan lima cara mudah di bawah ini. Saking mudahnya, anak kosan pun sanggup melakoni. Apa aja? Simak yuk!

1. Selalu menomorsatukan protokol kesehatan

Anak Kos pun Bisa, Ini 5 Cara Mudah Bantu Negara Bangkit Dari PandemikUnsplash.com/ClayBanks

Kalau kamu anak muda yang aktif bepergian atau bekerja, artinya protokol kesehatan harus selalu kamu nomorsatukan. Mulai dari memakai masker, mencuci tangan hingga menjaga jarak. Dengan demikian, kamu sudah turut membantu upaya penurunan angka penyebaran Covid-19.

2. Patuhi kebijakan yang telah ditetapkan negara

Anak Kos pun Bisa, Ini 5 Cara Mudah Bantu Negara Bangkit Dari PandemikInstagram.com/jokowi

Demi menekan angka penularan Covid-19, pemerintah menetapkan beberapa aturan baru. Contohnya pelarangan operasional bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) mulai 6-17 Mei 2021.


Nah, supaya rencana pemerintah ini berhasil, kamu juga bisa membantu. Mending silaturahminya lewat virtual aja. Demi menjaga keluarga dan dirimu sendiri, lho.

3. Menghentikan hoaks

Anak Kos pun Bisa, Ini 5 Cara Mudah Bantu Negara Bangkit Dari PandemikUnsplahs.com/Asterfolio

Penyebaran hoaks sudah menjadi musuh besar di era teknologi ini. Perpecahan hingga misinformasi besar-besaran bisa ditimbulkan akibat hoaks. Nah, apalagi di tengah pandemik.

Kamu sebagai generasi yang melek teknologi, harus bisa menjadi pahlawan. Jangan sembarangan untuk menyebarkan berita yang gak jelas sumbernya. Pastiin beritanya sesuai fakta dan gak menimbulkan kegaduhan. Yuk mulai bijak dalam menyebarkan berita.

4. Mendukung produk-produk lokal terbaik

Anak Kos pun Bisa, Ini 5 Cara Mudah Bantu Negara Bangkit Dari PandemikUnsplash.com/EdiKurniawan

Cara mudah lain untuk membantu negara bangkit dari pandemik adalah dengan membeli produk para pejuang UMKM. Bahkan Presiden Jokowi pun meluncurkan gerakan nasional bernama Bangga Buatan Indonesia (BBI).

Aksi itu secara gak langsung menghidupkan lagi semangat para anak bangsa untuk berkarya. Gak cuma untung buat mereka, kamu juga bisa cuan kalau belanjanya pakai GoPay. Karena spesial mulai dari tanggal 5-15 Mei 2021, setiap kali kamu belanja produk lokal, kamu bisa dapetin cashback sampai Rp 55 ribu.

Gak cuma kopi aja kok, kamu juga bisa support karya anak bangsa lain yang menciptakan platform investasi hingga marketplace skincare. Merchant selengkapnya kamu bisa lihat di tautan berikut gpy.id/banggaindonesia.

Selain promo cashback GoPay Rp 55.000, Gojek juga menyediakan promo lain, seperti HARKULNAS GoFood, gratis ongkir GoSend sebesar Rp20.000 bekerja sama dengan Tokopedia, voucher diskon GoRide dan GoCar senilai Rp50.000 dan voucher diskon GoMart hingga 60 persen. Lumayan banget, kan?

5. Menjaga diri sendiri

Anak Kos pun Bisa, Ini 5 Cara Mudah Bantu Negara Bangkit Dari PandemikUnsplash.com/MockupGraphics

Cara terkahir untuk membantu negara bagkit dari pandemik adalah dengan menjaga diri sendiri. Hindari kerumunan dan tempat-tempat yang potensi penyebaran Covid-19 besar. Pilihlah makanan yang sehat serta konsumsilah vitamin. Dengan demikian, imunmu kuat dan kebal dari virus.

Meski sederhana, lima cara di atas memberi dampak besar untuk kebangkitan negara di pandemik ini, lho. Praktekin yuk, biar pandemik segera usai dan kita semua bisa bertemu tanpa batasan serta bisa melakukan kegiatan di luar rumah dengan bebas. (WEB)

Arta Dana Photo Verified Writer Arta Dana

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Anindya Roswita Putri

Berita Terkini Lainnya