Comscore Tracker

4 Dampak Langsung Akibat Demo Berkepanjangan

Harus dipikirkan juga ya efek domino dari demonstrasi.

Rangkaian aksi demo massa terkait RKUHP, Revisi Undang-Undang KPK, dan beberapa Rancangan Undang-Undang lainnya telah berlangsung beberapa hari yang juga sempat membuat kondisi di Ibukota terganggu.

Pada hakikatnya, menyampaikan pendapat di muka umum dijamin oleh undang-undang, namun perlu diingat juga segala bentuk anarkisme juga tidak dibenarkan oleh hukum.

Para demonstran harus dapat bersikap dewasa dalam menjalani suatu aksi demonstrasi agar tetap tunduk terhadap aturan yang berlaku. Jika tidak, efek domino pun akan muncul mengganggu stabilitas negara.

Berikut 4 dampak langsung yang diakibatkan adanya aksi demonstrasi yang berkelanjutan.

1. Turunnya pergerakan harga saham

4 Dampak Langsung Akibat Demo Berkepanjanganunsplash.com/Jason Briscoe

Pasar keuangan nasional terbukti menjadi korban akibat berlangsungnya aksi demonstrasi yang dilakukan oleh mahasiswa/pelajar, hal ini berdampak langsung terhadap IHSG yang menurun hingga dikabarkan pihak asing telah membawa pulang uangnya sebesar 6 Triliun rupiah.

2. Iklim investasi menjadi memburuk

4 Dampak Langsung Akibat Demo Berkepanjanganunsplash.com/Markus Spiske

Sama halnya dengan perdagangan bursa yang melemah, kegiatan investasi juga berpotensi terhambat. Investor yang awalnya mungkin ingin menanamkan modalnya di Indonesia dibuat khawatir dengan adanya gelaran demonstrasi yang terus terjadi, serta kejelasan nasib investasi di Indonesia patut dipertanyakan apabila stabilitas politik yang terus bergejolak.

Baca Juga: Jika Disahkan, RUU KPK Bikin Investor Leluasa Sogok Pemerintah

3. Mengganggu aktivitas perekonomian

4 Dampak Langsung Akibat Demo Berkepanjanganunsplash.com/Deviyahya

Aktivitas perekonomian masyarakat Ibukota juga jelas terganggu, misalnya saja jaringan KRL Commuter Line yang terganggu di Stasiun Palmerah hingga berimbas pada Stasiun Tanah Abang jelas merugikan para pekerja dan berefek pula pada perusahaan yang karyawannya terdampak putusnya jaringan kereta listrik tersebut.

Belum lagi penutupan jalan yang merugikan berbagai kendaraan logistik atau kendaraan niaga lainnya. Jika terus berlanjut, bukan tidak mungkin perusahaan akan menanggung kerugian yang lebih besar.

4. Berpotensi terkenal travel advice dari berbagai negara

4 Dampak Langsung Akibat Demo Berkepanjanganunsplash.com/Uray Zulfikar

Jika situasi di sebuah negara dirasa dapat membahayakan keselamatan warga negara asing, maka negara asal yang bersangkutan dapat mengeluarkan travel advice alias imbauan untuk tidak mendekati area demonstrasi. Apabila situasi semakin buruk, kemungkinan dikeluarkan travel warning alias larangan bepergian akan semakin besar.

Dampak dari dikeluarkannya kedua imbauan tersebut adalah dapat mempengaruhi sektor wisata khususnya di Ibukota Jakarta yang akan berdampak pada pemasukan daerah.

Jadi hanya karena demonstrasi dampaknya sangat banyak, ya. Ingat, menyampaikan pendapat boleh tetapi anarkis jangan.

Baca Juga: Demi Nafkahi Keluarga, Safrial Lawan Rasa Takut Jualan di Lokasi Demo 

Agung Destian Putra Photo Verified Writer Agung Destian Putra

Merangkai sebuah kata menjadi tulisan yang informatif merupakan definisi menulis bagi saya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You