Comscore Tracker

Transformasi Pembayaran yang Bikin Kamu Bersyukur Hidup di Masa Kini

Semua lebih praktis

Pembayaran atau transaksi adalah hal yang paling lekat dengan hidup kita. Semua orang pasti melakukannya untuk memenuhi kebutuhannya. Sebelum adanya metode pembayaran dengan alat tukar yang mudah seperti sekarang, kebayang gak sih bagaimana manusia purba melakukannya transaksi? 

Nah, berikut transformasi metode pembayaran atau transaksi dari waktu ke waktu yang bikin kamu bersyukur hidup di era sekarang. Semuanya terasa jauh lebih mudah. 

1. Ketika 1200 SM: Zaman barter, beli barang tukar dengan barang

Transformasi Pembayaran yang Bikin Kamu Bersyukur Hidup di Masa Kiniaztecgoldchocolate.com

Sebelum adanya alat tukar berupa uang, manusia melakukan transaksi menggunakan sistem barter. Mereka akan menawarkan barang yang bernilai setara untuk mendapatkan barang yang diinginkan.

Bentuk dan jenis barang tak harus sama, namun nilainya harus setara. Hal yang sama juga berlaku untuk penawaran jasa. Kebayang gak sih pergi ataupun pulang dari pasar harus bawa barang banyak?

Lalu seiring berjalannya waktu, barang yang paling sering digunakan untuk barter dikembangan menjadi referensi alat tukar di masa depan.

2. Ketika 1100 SM: Zaman awal kemunculan koin

Transformasi Pembayaran yang Bikin Kamu Bersyukur Hidup di Masa Kinilegaltimes.typepad.com

Sekitar abad 1100 SM, China adalah negara pertama yang menggunakan objek berbentuk lingkaran sebagai alat tukar yang akhirnya berkembang menjadi koin. 

3. Ketika 600 SM: Pertama kali koin dicetak dan digunakan sebagai alat tukar resmi

Transformasi Pembayaran yang Bikin Kamu Bersyukur Hidup di Masa Kinimt.wiglaf.org

Untuk pertama kalinya koin resmi dicetak menjadi alat tukar atau pembayaran pada abad 600 SM di Lydia, sebuah kerajaan kuno di Anatolia Barat. Koin dicetak dari tembaga berharga yang kemudia digunakan di Eropa hingga 1600. 

4. Ketika Tahun 800 - 1600: Manusia mulai menggunakan uang kertas

Transformasi Pembayaran yang Bikin Kamu Bersyukur Hidup di Masa Kinircinet.ca

Pada penemuan lain, ternyata abad 600 SM, peradaban China juga sudah menggunakan uang kertas sebagai metode pembayaran. Hal serupa kemudian berkembang di Eropa mulai tahun 1600. Uang kertas dikeluarkan oleh bank dan bisa ditukar dengan koin perak atau emas. 

Pemerintah pertama yang secara resmi mengeluarkan uang kertas adalah Pemerintah Kolonial Perancis dari Kanada di tahun 1635. Hal ini dibuat sebagai cash untuk para prajurit. 

5. Ketika Tahun 1900-2000: Perkembangan kartu kredit dan debit sebagai metode pembayaran

Transformasi Pembayaran yang Bikin Kamu Bersyukur Hidup di Masa Kinitime.com

Kartu kredit pertama di dunia diperkenalkan secara resmi di UK pada tahun 1966 oleh Barclays, yang didasari oleh kartu Bank Amerika yang sebelumnya sudah diluncurkan lebih dulu di AS. Sedangkan kartu debit baru diperkenalkan tahun 1987.

Chip dan sistem pin pada tahun 2002. Pada masa sekarang, kartu menjadi salah satu alat tukar paling populer di seluruh negara di dunia.

6. Tahun 2000: Pembayaran online dan revolusi e-commerce

Transformasi Pembayaran yang Bikin Kamu Bersyukur Hidup di Masa Kiniebony.com

Seiring dengan berkembangya internet, e-commerce pun mulai merajai pasar. Hal ini juga jadi cikal bakal pembayaran online untuk beberapa produk. Beberapa perusahaan online menerbitkan sister pembayaran online.

Pada 1996, Visa dan MasterCard bisa digunakan untuk pembayaran online. Lalu berkembang PayPal pada 1998.

7. Tahun 2007: Sistem e-money mulai berkembang pesat, salah satunya TCash yang praktis dan menguntungkan

Transformasi Pembayaran yang Bikin Kamu Bersyukur Hidup di Masa KiniInstagram.com/tcash_id

TCash atau Telkomsel Cash adalah e-money praktis yang dikeluarkan oleh Telkomsel. Uniknya, alat pembayaran ini bisa dintegrasi dengan banyak metode. Selain bisa digunakan lewat aplikasi atau online, TCash juga dikemas dengan stiker berteknologi NFC. Jadi kamu bisa langsung tap di mesin ECD. Bentuknya yang kecil praktis, membuat kehidupan manusia sekarang jadi lebih mudah. 

Tak hanya itu saja, TCash juga memberikan banyak keuntungan dengan promo-promo menarik di berbagai merchant. Nah sudah tahu kan?

Agustin Fatimah Photo Community Writer Agustin Fatimah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Community IDN Times

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You