Comscore Tracker

5 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan Pebisnis Pemula

Hal yang sering disepelekan oleh banyak pebisnis pemula!

Dalam dunia bisnis, semua orang boleh mencoba untuk terjun ke dalamnya. Meskipun begitu, tidak semua orang juga dapat bertahan dan maju untuk mengembangkan bisnisnya, dan hanya segelintir orang yang berhasil karena mampu bersaing dan berjuang.

Kebanyakan pemula hanya memandang dunia bisnis itu seperti coba-coba berhadiah, yang mungkin saja sukses dengan mudah kalau memeng rejekinya di sana. Padahal, menjalankan sebuah bisnis tidak semudah itu, hal ini juga yang membuat pebisnis pemula sering melakukan banyak kesalahan yang membuat bisnisnya hancur. Apa saja itu? Mari kita bahas dibawah. Keep scrolling!

1. Tidak mau beradaptasi dan mengikuti perkembangan zaman

5 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan Pebisnis Pemulailustrasi perkembangan tren (pixabay.com/geralt)

Kesalahan fatal pertama yang sering dilakukan pebisnis pemula ialah tidak beradaptasi dengan perubahan. Hal ini terutama perubahan tren, yang mana tidak akan berhenti disitu saja dan harus mengikuti perkembangan zaman.

Kalau hanya berpatokan dengan sistem bisnis tradisional, maka bisnis yang dijalankan lama-kelamaan akan meredup dan bangkrut. Apalagi kalau bisnismu di bidang kuliner, fashion, aksesoris, atau bidang lainnya yang mana tren pasarnya akan terus mengalami perubahan.

2. Memulai bisnis dengan modal besar tetapi nol planning

5 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan Pebisnis Pemulailustrasi perencanaan (unsplash.com/Alvaro Reyes)

Yang namanya memulai suatu bisnis, tentunya harus mengeluarkan modal. Tetapi, kesalahan fatal pebisnis pemula ialah menggunakan modal yang terlalu besar di awal tapi tidak ada planning untuk kedepannya. Jadinya akan seperti main taruhan, yang mana tidak ada jaminan bahwa modal yang sudah dikeluarkan bisa kembali atau menghasilkan keuntungan.

Masih mending kalau dari awal memiliki planning yang jelas, dan tahu apa yang harus dilakukan supaya modal itu kembali, dan perlahan-lahan bisnisnya bergerak maju. Tetapi kalau tidak memiliki perencanaan di awal, bisa jadi kamu akan mengalami stres, karena bisnis yang berjalan tidak sesuai dengan harapan di awal.

3. Tidak konsisten dalam menjaga kualitas produk dan jasa

5 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan Pebisnis Pemulailustrasi menjalankan bisnis (unsplash.com/Green Chameleon)

Kesalahan fatal lainnya yang sering dilakukan pebisnis pemula ialah, tidak secara konsisten menjaga kualitas produk dan jasanya. Dimana kualitas merupakan fondasi awal yang sangat penting dalam berjalannya suatu bisnis.

Bisa dibayangkan, bagaimana bisnis yang makin lama akan semakin merosot kalau kamu tidak bisa menjaga kualitas dari produk yang kamu miliki. Karena yang namanya konsumen, pasti ingin mendapatkan yang terbaik untuk dirinya, dan mengutamakan kualitas produk yang dia mau.

Baca Juga: 5 Sebab Mengapa VPN Menjadi Primadona bagi Kalangan Pebisnis!

4. Terlalu menyepelekan pasar

5 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan Pebisnis Pemulailustrasi pasar (unsplash.com/Jezael Melgoza)

Terlalu menyepelekan pasar juga merupakan salah satu kesalahan fatal yang sering dilakukan oleh banyak pebisnis pemula. Yang mana dalam hal ini, para pebisnis pemula tidak terlalu menargetkan pasar untuk bisnisnya sehingga tidak tepat pada sasaran.

Pebisnis pemula sering beranggapan bahwa jika suatu bisnis yang dimulai pasti ramai dan banyak peminatnya dari berbagai kalangan usia. Pada kenyataannya, dalam dunia bisnis tidak semudah itu, dimana target pasar harus dipertimbangkan untuk perkembangan suatu bisnis dan memaksimalkan produk dan jasa yang dijual.

5. Mengembangkan bisnis tanpa perencanaan matang

5 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan Pebisnis Pemulailustrasi menargetkan pembeli (pixabay.com/geralt)

Baru saja maju dan mendapatkan keuntungan yang banyak, langsung berpikiran untuk mengembangkan bisnis secara besar-besaran. Hal ini merupakan kesalahan fatal yang sering dilakukan pebisnis pemula, dan berakibat fatal terhadap bisnis yang sedang ia jalani.

Mengapa demikian? Karena ambisi yang terlalu menggebu-gebu tanpa pertimbangan yang matang, memiliki resiko yang cukup besar terhadap suatu bisnis yang sedang kamu dijalankan tersebut. Jadi, tidak perlu terlalu buru-buru untuk menjalankan kerja sama dan mengembangkan bisnis secara besar-besaran diawal. Karena, dibalik keuntungan yang besar, yang harus dibayangkan juga ada kerugian yang tidak kalah besarnya pula dalam menjalankan sebuah bisnis.

Sebaiknya kamu hindari lima kesalahan yang sering di abaikan pebisnis pemula di atas, sehingga bisnis yang sedang dijalankan akan tetap berkelanjutan dan semakin berkembang. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Karakter Penting yang Harus Dimiliki Pebisnis Pemula, Simak!

Ahmad Sandi Photo Verified Writer Ahmad Sandi

Menulis itu menyenangkan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya