Comscore Tracker

10 Bisnis Franchise Makanan Terlaris di Indonesia 

Franchise merupakan salah satu peluang bisnis minim resiko

Jakarta, IDN Times - Berbagai macam bisnis ditekuni masyarakat untuk mendapatkan keuntungan. Salah satu bisnis yang laris dilakoni di Indonesia, baik di kalangan muda maupun tua adalah bisnis waralaba atau franchise.

Bisnis franchise dapat dikatakan menjadi salah satu tipe usaha yang memiliki risiko bisnis lebih kecil karena dalam sistemnya seseorang membuka bisnis dengan nama, merek dagang hingga produk dan bahan dari bisnis yang sudah ada. Jadi, tidak perlu membangun brand dari nol.

Zaman sekarang, sudah banyak bentuk dari bisnis franchise, mulai dari franchise makanan, minuman hingga kopi kekinian. Beberapa diantaranya bahkan menjadi bisnis franchise yang laris manis dan banyak ditemukan di Indonesia. 10 bisnis franchise makanan di bawah ini contohnya. Simak yuk!

Baca Juga: 5 Tips Memulai Bisnis Franchise Bagi Pemula

1. Pagi Sore

10 Bisnis Franchise Makanan Terlaris di Indonesia Pagisore.id

Restoran yang tidak lagi asing dikalangan masyarakat Indonesia, menyajikan masakan Padang sebagai andalannya. Dilansir dari laman resminya, Pagi Sore tidak hanya menawarkan franchise di Indonesia, melainkan di Malaysia dan Singapura juga.


Salah satu menu yang menjadi primadona di Pagi Sore adalah rendang. Namun, Pagi Sore menyajikannya dengan dua pilihan daging, yaitu daging sapi dan daging ayam. Tidak heran jika slogan restoran ini “Jagonya Rendang”.

2. RM Padang Sederhana

10 Bisnis Franchise Makanan Terlaris di Indonesia Restoran Sederhana Makanan Padang. (instagram.com/rm.padang_sederhana)

Tidak berbeda jauh dengan Pagi Sore, rumah makan Padang satu ini juga sering dijumpai di berbagai kota, bahkan di kota-kota kecil.

RM Padang Sederhana bermula di Jakarta Pusat, tepatnya di Bendungan HIlir. Berkat kepiawaian dan kegigihan pemiliknya, Padang Sederhana mampu memperluas jangkauannya dengan sistem franchise yang ditetapkan. 

3. Es Teler 77

10 Bisnis Franchise Makanan Terlaris di Indonesia Es Teler 77 (esteler77.com)

Es Teler 77 adalah salah satu gerai makanan cepat saji yang dapat ditemui di banyak kawasan di Indonesia, tetapi biasanya Es Teler 77 banyak membuka gerainya di pusat perbelanjaan, stasiun, dan bandara. 

Dengan nama Es Teler, bukan berarti restoran cepat saji ini hanya menjual Es Teler. Restoran ini juga menjual menu makanan khas Indonesia. 

Berdasarkan laman resminya, Es Teler 77 telah memulai franchise sejak 1987. Hal ini menjadikan Es Teler 77 termasuk pelopor usaha waralaba di Indonesia dan juga salah satu pencetus berdirinya Asosiasi Franchise Indonesia (AFI).

Baca Juga: 4 Tips Tingkatkan Cuan bagi Bisnis Kecil di 2021

4. Ngikan Yuk

10 Bisnis Franchise Makanan Terlaris di Indonesia instagram.com/ngikan.yuk/

Makanan kekinian yang viral karena pemiliknya adalah selebgram Rachel venya ini, menyajikan menu dasar ikan yang digoreng tepung dengan nasi liwet sebagai teman makannya. 

Setelah sukses di bisnis sate taichan, Rachel Venya berinovasi kembali membuat bisnis F&B Ngikan Yuk dengan sistem waralaba. Dilansir dari Franchise Global untuk bisa menjadi mitra usaha Ngikan, nilai investasi yang dibutuhkan yakni 300 juta rupiah untuk konsep Regular dan Autopilot.

5. Kebab Turki Baba Rafi

10 Bisnis Franchise Makanan Terlaris di Indonesia Kebab Baba Rafi

Makanan asal Turki yang tidak kalah menarik ini, telah memiliki cabang yang sangat banyak di seluruh Indonesia berkat sistem franchise yang diterapkan. 

Kebab Baba Rafi termasuk bisnis franchise kebab terbesar pertama di dunia. Tidak hanya tersebar di Indonesia, Kebab Baba Rafi juga ada di 10 negara lainnya. Dengan demikian, outlet Kebab Baba Rafi sampai saat ini mencapai sekitar 1300, seperti yang dikatakan laman resminya.

6. Sabana Fried Chicken

10 Bisnis Franchise Makanan Terlaris di Indonesia instagram.com/sabanacihampelas

Fried Chicken lokal, Sabana, sama terkenalnya dengan Kebab Baba Rafi. Sabana Fried Chicken tersebar di seluruh Indonesia, bahkan di daerah-daerah terpencil. 

Sabana Fried Chicken menjadi salah satu makanan cepat saji yang diminati masyarakat Indonesia karena harganya yang terjangkau, dengan cita rasa yang tidak jauh berbeda dengan ayam cepat saji restoran besar. 

Sistem waralaba yang diterapkan oleh Sabana Fried Chicken ternyata tidak memakan modal yang banyak dan cukup terjangkau untuk pemula dalam bisnis.

Baca Juga: 3 Bisnis Pasca-Lebaran Paling Cuan, Yuk Cobain! 

7. Pecel Lele Lela

10 Bisnis Franchise Makanan Terlaris di Indonesia Pecel Lele Lela. (instagram.com/pecel.lele.lela.beji)

Kuliner pecel lele merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Pecel Lele Lela, melihat hal ini sebagai peluang dan menjadikannya sebuah inovasi bisnis yang bisa dibalut dalam sistem franchise.

Menu yang disajikan oleh Pecel Lele Lela tidak hanya pecel lele atau ayam goreng dan nasi uduk saja, tetapi adaptasi dari makanan kaki lima yang disajikan dengan lebih modern dan higienis.

8. Martabak San Fransisco

10 Bisnis Franchise Makanan Terlaris di Indonesia Martabak San Fransisco. (instagram.com/sanfransiscomartabak)

Salah satu jajanan malam hari yang digemari masyarakat Indonesia adalah martabak. Dari sekian banyak outlet martabak yang ada, Martabak San Fransisco hadir sebagai solusi bisnis martabak franchise.

Martabak ini terkenal di wilayah Bandung, Jakarta, dan sekitarnya. 

9. Bakso Benhil

10 Bisnis Franchise Makanan Terlaris di Indonesia Bakso Benhil (Baksi dan Mi Ayam). (instagram.com/bakso_benhil)

Bakso Benhil menawarkan franchise dengan modal yang bisa dikatakan minim. Hanya sekitar 4 juta rupiah, kamu sudah bisa memulai kerjasama dengan brand ini. 

Bakso merupakan salah satu makanan yang sering oleh orang Indonesia. Makanan ini seringnya dijadikan jajanan siang dan malam hari, atau tidak jarang juga menjadi salah satu makanan prasmanan yang ada di dalam sebuah acara. 

10. Kue Balok Parikesit

10 Bisnis Franchise Makanan Terlaris di Indonesia Instagram.com/kuebalokparikesit

Kue Balok Parikesit terkenal sebagai kue tradisional Jawa Barat dan disajikan dengan berbagai toping seperti rasa green tea, coklat, dan lain sebagainya.

Kue Balok Parikesit ini dibuat dengan mengkombinasikan citra rasa tradisional dan modern. Jadi, makanan ini dapat menjadi peluang usaha franchise baru. 

Kalau kamu ingin mencari bisnis franchise makanan dengan persaingan kecil, Kue Balok Parikesit ini bisa menjadi pilihan.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya