Comscore Tracker

Daftar Perusahaan Startup di Indonesia, Nambah Terus!

Startup di Indonesia bergerak dalam berbagai sektor lho

Jakarta, IDN Times - Perusahaan startup bukanlah suatu hal yang asing lagi di Indonesia. Awalnya, perusahaan ini tren di kalangan millennial dan gen Z karena lingkungan kerja yang modern serta keuntungan lain di dalamnya. 

Hal tersebut membuat perusahaan startup kian menjamur dan meningkat secara signifikan keberadaannya, sehingga membantu mendorong perekonomian di Indonesia saat ini. Lalu, apa saja perusahaan startup yang ada di Indonesia? Berikut daftarnya dari berbagai sektor!

Baca Juga: Mengenal 4 Perbedaan Startup dan Corporate

1. Daftar perusahaan startup di Indonesia sektor keuangan

Daftar Perusahaan Startup di Indonesia, Nambah Terus!Ilustrasi investasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Dari sekian banyak perusahaan startup keuangan di Indonesia, beberapa perusahaan berikut yang paling banyak diketahui publik, mulai dari perusahaan startup finansial yang menyediakan produk investasi hingga dompet digital. Tentunya semua startup ini telah memiliki izin resmi dari OJK.

1. Bareksa

Startup di bawah naungan PT Bareksa Portal Investasi ini merupakan portal yang membantu masyarakat Indonesia untuk berinvestasi reksadana secara online melalui aplikasi atau laman resminya.

2. Bibit

Tidak jauh berbeda dengan Bareksa, Bibit adalah perusahaan startup dengan produk investasi online, seperti ini reksadana pasar uang, reksadana, saham, hingga obligasi.

3. Investree

Perusahaan startup di Indonesia ini merupakan salah satu perusahaan dengan layanan fintech lending. Startup ini memberikan layanan investasi, lending, borrowing dan sebagainya.

4. Amartha

Merupakan startup di bawah naungan PT Amartha Mikro Fintek, startup ini bergerak di bidang teknologi finansial. Amartha memberikan pendanaan untuk usaha mikro seperti UMKM di Indonesia.

5. OVO

Beralih ke dompet digital, OVO merupakan layanan keuangan untuk melakukan transaksi digital di berbagai merchant di Indonesia.

6. Dana

Dana adalah aplikasi dompet digital yang dirancang untuk dapat melakukan transaksi digital hanya dengan melakukan scan barcode pada merchant tertentu. 

7. LinkAja

LinkAja merupakan salah satu platform keuangan digital milik BUMN. Dengan menggunakan LinkAja, pengguna dapat melakukan berbagai transaksi seperti transfer, membeli pulsa, bayar tagihan listrik, bayar PDAM, dan lain-lain.

8. Akulaku

Salah satu perusahaan startup pinjaman online adalah Akulaku. Melalui Akulaku, pengguna bisa melakukan kredit secara online dari mana saja dan kapan saja.

2. Daftar perusahaan startup di Indonesia sektor asuransi

Daftar Perusahaan Startup di Indonesia, Nambah Terus!Ilustrasi Asuransi (IDN Times/Mardya Shakti)

Asuransi menjadi kebutuhan sebagian masyarakat Indonesia. Beberapa perusahaan startup yang bergerak di sektor asuransi berikut yang paling banyak diketahui publik.

1. Qoala

Daftar perusahaan startup asuransi di Indonesia yang pertama berada di bawah naungan PT Mitra Jasa Pratama Insurance Brokers. Startup yang dikenal dengan nama Qoala ini menyediakan berbagai produk asuransi yang dapat dibeli secara online.

2. PasarPolis

Startup asuransi ini menyediakan produk asuransi terjangkau serta perlindungan bagi penggunanya. PasarPolis kian digandrungi karena pelayanannya yang baik.

3. Lifepal

Berikutnya, perusahaan asuransi Lifepal menyediakan produk asuransi secara lengkap. Mulai dari asuransi kesehatan, jiwa, mobil maupun asuransi lainnya.

4. Futuready

Jika ingin membeli asuransi secara online Futuready bisa menjadi pilihan. Perusahaan startup di Indonesia ini menyediakan layanan asuransi bagi penggunanya dengan premi yang terjangkau, mulai dari 200 ribuan.

Baca Juga: Daftar Startup yang Dapat Suntikan Dana dari East Ventures

3. Daftar perusahaan startup di Indonesia sektor marketplace

Daftar Perusahaan Startup di Indonesia, Nambah Terus!Ilustrasi e-commerce (IDN Times/Arief Rahmat)

Saat ini, e-commerce menjadi andalan bagi masyarakat Indonesia untuk berbelanja online.  Beberapa perusahaan startup yang bergerak di sektor e-commerce dan marketplace berikut paling banyak diketahui publik.

1. OLX

OLX termasuk perusahaan startup marketplace yang menjadi pelopor di Indonesia. OLX merupakan situs jual beli online yang memiliki jaringan global, sehingga barang-barang yang ditemukan disini berasal dari berbagai negara di dunia.

2. Tokopedia

Perusahaan startup marketplace dengan warna hijau ini merupakan salah satu marketplace yang terkenal di Indonesia. Dari sejak berdirinya startup ini hingga sekarang, Tokopedia telah telah beroperasi secara sukses bukan hanya di Indonesia namun juga di negara-negara di wilayah Asia Tenggara.

3. Bukalapak

Daftar perusahaan startup di Indonesia berikutnya yang tidak kalah populer di Indonesia adalah Bukalapak. Startup ini menyediakan layanan jual beli online yang terhubung dengan berbagai toko online dan pembeli online dari seluruh Indonesia. 

4. Shopee

Marketplace dengan warna oranye ini sudah tidak asing lagi bagi warga Indonesia. Situs marketplace ini berkantor pusat di Singapura dan menyediakan tempat bagi penjual dan pembeli online untuk bertransaksi. Startup ini merupakan salah satu marketplace yang paling banyak digandrungi masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan.

5. JD.id

Meski baru aktif beroperasi pada tahun 2015, namun startup ini telah mampu mencapai profit sebesar 1 miliar dolar AS. JD.id pertama dibentuk di China pada 1998 dan baru beroperasi di Indonesia pada 2015 di bawah mitra dengan Provident Capital. Layanannya pun sama seperti dua marketplace sebelumnya.

6. Blibli

Perusahaan startup ini bergerak di bawah PT Global Digital Niaga yang merupakan salah satu anak dari perusahaan Djarum. Sebagai startup, Blibli bergerak dengan melakukan kerjasama terhadap jasa penyedia teknologi, mitra logistik, serta juga beberapa mitra perbankan untuk dapat menciptakan marketplace yang mumpuni.

7. Lazada

Marketplace berikutnya adalah Lazada. Perusahaan startup ini memiliki banyak pengguna dari berbagai negara di Asia Tenggara dengan layanan situs jual-beli online

4. Daftar perusahaan startup di Indonesia sektor transportasi, perjalanan dan akomodasi

Daftar Perusahaan Startup di Indonesia, Nambah Terus!Ilustrasi Pariwisata (IDN Times/Arief Rahmat)

Melakukan perjalanan tentunya membutuhkan transportasi hingga akomodasi khusus. Beberapa perusahaan startup di Indonesia ini, mengakomodir transportasi hingga akomodasi tertentu, sehingga memudahkan masyarakat Indonesia saat membutuhkannya. 

1. Gojek

Masyarakat Indonesia tentu tidak asing lagi dengan layanan transportasi gojek. Gojek telah dikenal dan digunakan oleh masyarakat sehari-hari untuk berbagai layanan yang ada di dalamnya. Perusahaan startup ini merupakan rintisan milik Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 

2. Grab

Di samping Gojek, perusahaan startup transportasi, yaitu Grab tidak kalah populernya. Meskipun sama-sama memiliki warna logo yang berwarna hijau dan fitur yang mirip dengan Gojek, namun Grab tetap memiliki keunggulannya tersendiri.

3. Traveloka

Sudah tidak asing lagi bahwa traveloka adalah startup yang memberikan layanan lengkap meliputi pemesanan tiket pesawat, booking hotel secara daring dan layanan terkait perjalanan dan akomodasi. 

4. Tiket.com

Startup akomodasi berikutnya adalah Tiket.com. Startup ini didirikan pada tahun 2011 oleh Djarum Group. Tiket.com menawarkan fasilitas untuk pemesanan tiket pesawat, tiket kereta api, tiket konser, tiket atraksi, penyewaan mobil sampai pada pemesanan hotel di seluruh wilayah di Indonesia.

5. Mamikos

Mencari kos-kosan bisa dilakukan secara online hanya dengan aplikasi Mamikos. Startup ini menjadi favorit para mahasiswa dan juga perantau dari berbagai daerah. Mamikos menyediakan informasi terkait kost-kostan terdekat dengan range harga dan fasilitas di dalam kosan tersebut. 

5. Daftar perusahaan startup di Indonesia sektor edukasi

Daftar Perusahaan Startup di Indonesia, Nambah Terus!Ilustrasi Pelajar. (IDN Times/Mardya Shakti)

Belajar tidak hanya bisa dilakukan di sekolah. Saat ini, banyak sekali startup yang bergerak di sektor di edukasi. Berikut beberapa startup edukasi yang sering disambangi oleh publik.

1. Zenius

Startup ini merupakan salah satu pelopor edutech di Indonesia. Pelajar Indonesia tidak jarang meraih nilai yang memuaskan di sekolah dan di seleksi masuk perguruan tinggi dengan mengikuti pembelajaran di platform belajar ini.

2. Ruangguru

Daftar perusahaan startup di Indonesia pada sektor edukasi yang pertama adalah PT Ruang Raya Indonesia. Perusahaan yang mengembangkan startup yang diberi nama Ruangguru ini menjadi salah satu solusi untuk menjawab permasalahan pendidikan di Indonesia.

3. Quipper

Quipper sudah tidak asing lagi di kalangan pelajar Indonesia. Perusahaan ini merupakan salah satu startup edutech yang menyediakan sistem belajar mengajar secara daring dengan kualitas yang mumpuni.

4. HarukaEdu

startup ini tidak hanya menyediakan edukasi bagi pelajar, namun juga menyediakan akses edukasi bagi penerima Kartu Pekerja. Situs ini merupakan salah satu edutech yang memiliki impact baik di Indonesia.

5. Arkademy

Untuk orang-orang yang ingin mengasah skill-nya di bidang digital, Arkademy hadir sebagai platform yang menyediakan pelatihan untuk bekerja di bidang-bidang teknologi dan informasi.

6.IndonesiaX

IndonesiaX juga merupakan salah satu perusahaan startup di Indonesia yang bergerak di bidang edukasi. Startup ini berperan dalam memajukan pendidikan di Indonesia dengan cara memberikan kursus online secara gratis.

Baca Juga: Ciri-Ciri Startup yang Menarik Minat Investor, Terapkan yuk!

6. Daftar perusahaan startup di Indonesia sektor kesehatan

Daftar Perusahaan Startup di Indonesia, Nambah Terus!ilustrasi obat-obatan (IDN Times/Mardya Shakti)

Di kondisi saat ini, kesehatan menjadi hal nomor satu yang patut diperhatikan. Beberapa daftar perusahaan startup di Indonesia dengan spesialisasi kesehatan ini, umum di telinga publik. 

1. HaloDoc

Perusahaan startup ini termasuk dalam one-stop medication yang dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat Indonesia. Halodoc merupakan aplikasi digital yang menyediakan informasi seputar kesehatan dan obat-obatan.

2. Dokter.id

Selain HaloDoc, adapun perusahaan startup kesehatan bernama Dokter.id yang memberikan informasi serta konsultasi kesehatan untuk penggunanya. Situs Dokter.id memiliki portal tanya jawab yang memudahkan penggunanya untuk berkonsultasi dengan ahlinya.

3. KlikDokter

Dalam situs KlikDokter pengguna bisa mendapatkan info kesehatan dari para ahlinya. Hampir sama dengan Dokter. id, KlikDokter juga dapat melakukan tanya dan jawab dengan dokter. 

7. Daftar perusahaan startup di Indonesia sektor pertanian

Daftar Perusahaan Startup di Indonesia, Nambah Terus!freepik.com/frimufilms

Perusahaan startup di sektor pertanian dibangun dengan tujuan untuk membantu terciptanya produk pertanian yang berkualitas. Selain itu, petani juga tahu perkembangan informasi soal harga pasar hasil tanamnya. Berikut beberapa daftar perusahaan startup di Indonesia pada sektor pertanian.

1. Tanihub

Perusahaan startup merupakan startup yang menjual bahan masakan segar. Bahan-bahan dan berbagai barang yang dijual di Tanihub berasal dari petani-petani di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan ekosistem pertanian yang lebih baik.

2. Sayurbox

Hampir sama dengan Tanihub, adapun startup Sayurbox yang menyediakan berbagai bahan segar hasil dari kebun. Sayurbox merupakan tempat belanja online buah dan sayur hasil dari panen sendiri.

3. IGrow

Daftar perusahaan startup pertanian lainnya di Indonesia adalah IGrow. Startup yang mendukung pertanian di Indonesia ini, memungkinkan para petani untuk dapat terlibat dalam pendanaan modal yang adil, aman, dan terpercaya.

4. Habibi Garden

Daftar perusahaan startup di Indonesia pada bidang pertanian yang terakhir adalah Habibi Garden. Startup ini berperan dalam upaya mengembangkan dan membantu para petani dalam hal mengelola lahan perkebunannya dengan lebih baik.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya