Comscore Tracker

Macam-Macam Sistem Ekonomi yang Perlu Kamu Ketahui, Belajar yuk!

Hal mendasar yang membedakan adalah faktor produksinya

Jakarta, IDN Times - Sistem ekonomi suatu negara, belum tentu berlaku sama di negara lain. Masing-masing negara pasti memiliki preferensinya sendiri terhadap sistem ekonomi yang ideal.

Secara umum, sistem ekonomi adalah susunan unsur-unsur ekonomi yang saling berhubungan dan bekerja untuk memecahkan masalah ekonomi serta mencapai tujuan tertentu.

Sederhananya, sistem ekonomi mencakup kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi, itu semua berperan besar dalam sebuah sistem ekonomi. Sistem ini terbagi ke dalam beberapa macam, berikut daftarnya.

Baca Juga: Mengenal Ekonomi Gik, Sistem Kerja Andalan Para Perusahaan Digital

1. Sistem ekonomi tradisional

Macam-Macam Sistem Ekonomi yang Perlu Kamu Ketahui, Belajar yuk!Unsplash/ Rajesh Ram

Biasanya, negara yang menggunakan sistem ekonomi tradisional adalah negara yang masih sangat bergantung dengan sektor pertanian. Hal ini karena sistem ekonomi tradisional memiliki hubungan yang erat dengan tradisi dan adat-istiadat. 

Produktivitas pada sistem ekonomi ini umumnya juga masih rendah. Hal ini disebabkan karena masyarakatnya yang belum atau nggak memiliki hasrat untuk mengembangkan hartanya. 

Baca Juga: Jenis-Jenis Inflasi: Asal, Sifat, dan Penyebabnya

2. Sistem ekonomi komando

Macam-Macam Sistem Ekonomi yang Perlu Kamu Ketahui, Belajar yuk!Ilustrasi Pemimpin Perusahaan. (IDN Times/Aditya Pratama)

Ini adalah sistem dimana pemerintah memiliki kuasa penuh atau dominan terhadap kegiatan ekonomi negaranya. Sistem ini biasa juga disebut sistem ekonomi terpimpin. Jadi, faktor produksi masih dipegang penuh oleh pemerintah.

Umumnya, sistem ini digunakan oleh negara blok timur atau poros kiri, seperti Tiongkok, Rusia, dan Korea Utara.

Baca Juga: Apa Itu Generasi Sandwich? Yuk Kenali Mungkin Kamu Salah Satunya

3. Sistem ekonomi liberal

Macam-Macam Sistem Ekonomi yang Perlu Kamu Ketahui, Belajar yuk!Ilustrasi ekonomi digital (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Sesuai dengan namanya, sistem ekonomi liberal adalah sistem ekonomi yang memberikan kebebasan seluas-luasnya kepada masyarakat dalam melakukan kegiatan ekonomi. Sistem ekonomi ini dikenal juga dengan sebutan sistem ekonomi kapitalis atau sistem ekonomi pasar. 

Prinsip dari sistem ini adalah adanya keperluan untuk mencari keuntungan pribadi, tanpa mementingkan keperluan pihak lain. Dalam hal perekonomian, pemerintah tidak memiliki pengaruh yang kuat untuk membatasi perekonomian individu atau masyarakatnya.

4. Sistem ekonomi campuran

Macam-Macam Sistem Ekonomi yang Perlu Kamu Ketahui, Belajar yuk!Ilustrasi UMKM. (IDN Times/Aditya Pratama)

Dalam hal ini, campuran berarti gabungan dari sistem ekonomi komando dan liberal. Pada sistem ekonomi ini, baik pihak pemerintah maupun swasta memiliki peran dalam sektor perekonomian. 

Masyarakat memiliki kebebasan dalam sektor ekonomi, namun pemerintah juga memiliki kendali dalam sektor perekonomian. Ini bertujuan untuk mencegah adanya penguasaan penuh oleh segelintir masyarakat.  

Beberapa negara yang menggunakan sistem ekonomi campuran di antaranya India, Filipina, dan Malaysia. 

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya