Comscore Tracker

Ini Cara Generasi Kedua Agung Sedayu Pertahankan Kesuksesan Bisnis

Alex Kusuma bagikan resepnya di #IMS2020

Jakarta, IDN Times - CEO perusahaan PT Agung Sedayu Retail Indonesia (ASRI) Alex Kusuma membeberkan cara sukses dari nol untuk para millennial. Meski Agung Sedayu sudah terhitung perusahaan properti elite di Indonesia, Alex sebagai generasi kedua, mengaku tetap memiliki kesulitan dalam mempertahankan perusahaan.

Putra dari Sugianto Kusuma, pemilik Agung Sedayu Group itu, punya cara sendiri untuk menghadapi berbagai tantangan sebagai generasi kedua yang harus mengembangkan bisnis keluarga. Apa saja cara-cara yang menjadi kunci keberhasilan Alex? Simak penuturannya saat menjadi pembicara pada panggung Visionary Leaders dalam acara di Indonesia Millennial Summit 2020 (IMS 2020).

1. Temukan hal yang menjadi kekuatan diri

Ini Cara Generasi Kedua Agung Sedayu Pertahankan Kesuksesan BisnisIDN Times/Reynaldy Wiranata

Alex menjelaskan, sebelum menjadi penerus dari perusahaan sang ayah, ia dengan mandiri membangun proyeknya sendiri. Dengan demikian, bagi Alex,  hal pertama yang harus dilakukan untuk meraih kesuksesan adalah menemukan nilai dan kekuatan yang ada di dalam diri.

“Saya gak pernah mikir saya privilege karena sebelum saya masuk proyek proyek yang saya jalankan tidak ada bantuan sama sekali, benar-benar dari nol, jadi salah satu yang saya alami waktu itu finding your values finding where your strong at,” tutur Alex di Gedung The Tribrata, Jalan Dharmawangsa, Jakarta Selatan pada, Sabtu (18/1).

Langkah selanjutnya, kata Alex, yaitu temukan sesuatu yang berbeda di dalam diri serta hal apa yang bisa kamu lakukan dengan itu. “Misalnya kita masuk ke dalam sebuah perusahaan, what is it you put on the table,” ujarnya.

2. Jangan remehkan siapa pun dalam membangun relasi

Ini Cara Generasi Kedua Agung Sedayu Pertahankan Kesuksesan BisnisIDN Times/Reynaldy Wiranata

Alex juga menjelaskan pentingnya relasi pada sebuah kesuksesan. Bahkan, Alex mengatakan relasi ataupun koneksi yang bisa menjadi sangat berharga dapat ditemukan di mana pun. “Jangan diremehkan, orang-orang sekitar kita pasti akan membantu kita pada suatu saat,” kata Alex.

Bahkan, orang-orang terdekat yang dapat dipercaya pun bisa berguna dalam membangun kesuksesan itu. “Jadi teman-teman sekitar yang kita kenal itu akan menjadi jaringan dan koneksi yang akan membantu dalam bisnis kita,” tuturnya.

3. Jangan hanya memikirkan ingin sukses tapi lakukanlah langkah nyata

Ini Cara Generasi Kedua Agung Sedayu Pertahankan Kesuksesan BisnisIDN Times/Reynaldy Wiranata

Alex mengingatkan agar para millennial tidak hanya berfokus pada sebuah kesuksesan saja. Yang terpenting, menurutnya, bukan sekadar bermimpi untuk meraih kesuksesan tapi mulai berpikir untuk menjalani langkah-langkah menuju kesuksesan.

“Jangan langsung berpikir, ah saya mau langsung sukses, yes that is a good dream, tapi a dream is not a goal,” ujar Alex saat mengisi acara di Indonesia Millennial Summit 2020 (IMS 2020) di Gedung The Tribrata, Jalan Dharmawangsa, Jakarta Selatan pada Sabtu (18/1).

Baca Juga: IMS 2020: Merawat Relasi Jadi Kunci Sukses Bos Properti Agung Sedayu

4. Alex hadir sebagai pembicara di IMS 2020

Ini Cara Generasi Kedua Agung Sedayu Pertahankan Kesuksesan BisnisIDN Times/Kevin Handoko

IDN Times menggelar Indonesia Millennial Summit 2020. Acara dengan tema "Shaping Indonesia's Future" ini berlangsung pada 17-18 Januari 2020 di The Tribrata, Dharmawangsa, Jakarta.

IMS 2020 menghadirkan lebih dari 60 pembicara kompeten di berbagai bidang, dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan sampai kepemimpinan millennial.

Ajang millennial terbesar di Tanah Air ini dihadiri oleh lebih dari 5.000 pemimpin millennial. Dalam IMS 2020, IDN Times  juga meluncurkan Indonesia Millennial Report 2020 yang melibatkan 5.500 responden di 11 kota di Indonesia. Survei yang dilakukan oleh IDN Research Institute bersama Nielsen bertujuan untuk memahami perilaku sekaligus menepis mitos stereotip di kalangan millennial.

Simak hasilnya di IMS 2020 dan ikuti perkembangannya di IDN Times.

Baca Juga: IMS 2020: Mengenal Alex Kusuma, Bos Besar Properti Elite di Indonesia

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya