Comscore Tracker

Kunjungi Museum Panji, Sandiaga Uno Ingin UMKM Naik Kelas  

Siapkan program digitalisasi UMKM 

Malang, IDN Times - Pandemik COVID-19 yang masih terus terjadi memaksa sektor pariwisata dan ekonomi kreatif tak berkembang. Hal itu membuat pemerintah melalui Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melakukan berbagai cara untuk kembali mendongkrak dua kekuatan ekonomi Indonesia itu. Salah satunya adalah melakukan digitalisasi UMKM agar produk kreatif itu bisa kembali bergeliat. Hal tersebut disampaikan Menparekraf, Sandiaga Salahudin Uno saat mengunjungi Museum Panji di Tumpang, Kabupaten Malang, Jumat (21/5/2021) petang. 

Baca Juga: Terdampak Larangan Mudik, Biro Travel Jateng Tagih Aksi Nyata Sandiaga Uno

1. Lakukan dialog langsung dengan pelaku ekonomi kreatif

Kunjungi Museum Panji, Sandiaga Uno Ingin UMKM Naik Kelas  Menparekraf, Sandiaga Uno saat mengunjungi Museum Panji di Malang. Dok/Istimewa

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga Uno melakukan dialog langsung dengan sejumlah pelaku ekonomi kreatif dan pengusaha pariwisata. Dialog tersebut dilakukan guna menyelaraskan program yang dibuat pemerintah dengan kebutuhan masyarakat di lapangan. Pasalanya dengan situasi masih pandemik COVID-19, maka program yang dibuat harus benar-benar tepat guna agar manfaatnya bisa dirasakan oleh mereka yang terjun langsung di bidang ekonomi kreatif dan pariwisata. 

"Kami melihat semangat para pelaku ekonomi kreatif dan juga para pengusaha di bidang pariwisata sangat luar biasa. Mereka membuat satu inovasi dan adaptasi ditengah begitu banyaknya tekanan diakibatkan oleh pandemi dan itu layak diapresiasi," terangnya Jumat (21/5/2021). 

2. Hadirkan beberapa program kreatif

Kunjungi Museum Panji, Sandiaga Uno Ingin UMKM Naik Kelas  Sandi Uno saat kunjungan ke Museum Panji, Malang. Dok/Istimewa

Lebih jauh, Sandiaga juga menyampaikan beberapa program yang sudah disiapkan untuk para pelaku industri kreatif dan pariwisata. Program tersebut berbasis pada bidang teknologi dan protokol kesehatan untuk pelaku UMKM dan pariwisata. Sandi menyebut bahwa digitalisasi bagi para pelaku UMKM mutlak dilakukan agar mereka bisa membuka pasar lebih luas.

"Kami ingin pelaku UMKM nantinya bisa mengambil peluang-peluang agar mereka bisa menjadi pengusaha yang naik kelas di masa depan," tambahnya. 

3. Sekup pariwisata era baru lebih kecil

Kunjungi Museum Panji, Sandiaga Uno Ingin UMKM Naik Kelas  Pengunjung wisata Jatim Park II wajib mencuci tangan dan memakai masker saat di area wisata. IDN Times/ Alfi Ramadana

Sementara itu, sejak pandemik COVID-19 melanda, sektor pariwisata di Indonesia memang menjadi lesu. Kunjungan pariwisata yang biasanya besar tak cenderung menurun. Hal itulah yang disebut Sandi sebagai tantangan. Ia bahkan menyebut bahwa untuk pariwisata era baru memang lebih mengedepankan sisi lokal atau small ring size. Artinya kunjungan tidak terlalu besar tetapi kualitasnya meningkat.

"Jadi nantinya para pengelola wisata serta sentra ekonomi kreatif akan diarahkan dengan pelatihan-pelatihan yang dapat meningkatkan keterampilan mereka," sambungnya. 

4. Siapkan dana insentif pemerintah

Kunjungi Museum Panji, Sandiaga Uno Ingin UMKM Naik Kelas  Menparekraf, Sandiaga Uno saat mengunjungi Museum Panji di Malang. Dok/Istimewa

Selain itu, Kemnparekraf juga menyiapkan program dana hibah pariwisata dan program bantuan insentif pemerintah. Bahkan tahun ini Kemenparekraf menyiapkan dana hingga Rp 60 miliar yang nantinya akan disebar ke 5 subsektor ekonomi serta pariwisata.

"Tentu nanti prosesnya akan kamu berikan secara selektif dan kuratif. Ada kriteria yang harus dipenuhi. Ada proses kuratornya. Kami berupaya tepat sasaran, tepat dengan tujuan dan pelaksanaannya harus sesuai dengan akuntabilitas," tandasnya. 

Baca Juga: Perajin dan Pelaku Desa Wisata Bantul Curhat ke Sandiaga Uno

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya