Comscore Tracker

East Ventures Luncurkan Gerakan Indonesia Pasti Bisa

Merupakan proyek non-profit pertama East Ventures

IDN Times, Jakarta - Perusahaan modal ventura asal Indonesia, East Ventures, mengumumkan peluncuran gerakan Indonesia Pasti Bisa. Proyek non-profit ini akan menggalang dana sebanyak Rp10 miliar untuk mendukung program penelitian dan pengembangan test-kit COVID-19 di Indonesia.

1. East Ventures merupakan salah satu perusahaan modal ventura paling aktif di Asia Tenggara

East Ventures Luncurkan Gerakan Indonesia Pasti Bisafreepik.com

Didirikan tahun 2009 oleh Willson Cuaca, Batara Eto, dan Taiga Matsuyama, East Ventures telah banyak berkecimpung di dunia startup Indonesia maupun Asia Tenggara. Perusahaan ini tercatat telah menanamkan modal di sejumlah startup besar Indonesia. East Ventures juga membangun ekosistem yang terdiri dari investor, perusahaan, komunitas, dan entrepreneur di dalam dan luar negeri.

Keterlibatan Nusantics, salah satu perusahaan di ekosistem East Ventures, dalam Task Force Riset dan Inovasi Teknologi untuk Penanganan COVID-19 (TFRIC19) yang dibentuk Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menjadi awal East Ventures meluncurkan gerakan ini.

2. Kolaborasi sektor swasta dan publik dalam menghadapi COVID-19

East Ventures Luncurkan Gerakan Indonesia Pasti BisaDok. Nusantics

East Ventures menjelaskan, gerakan Indonesia Pasti Bisa akan mendukung sepenuhnya upaya Nusantics dan tim TFRIC19 bentukan BPPT dalam menghadapi penyebaran COVID-19 di Indonesia. Dana Rp10 miliar yang dihimpun akan digunakan untuk pengadaan 100.000 test-kit secara gratis dan riset whole genome sequencing.

Program pengadaan dan riset ini juga akan bekerja sama dengan beberapa institusi lain dari sektor swasta, publik, maupun pendidikan, seperti Biofarma, Indonesia International Institute for Life Sciences (i3L), Eijkman Institute, LIPI, dan ITB.

3. Proyek non-profit pertama dari East Ventures

East Ventures Luncurkan Gerakan Indonesia Pasti BisaDok. East Ventures

“Ini pertama kalinya East Ventures memimpin fundraising non-profit. East Ventures mendapatkan berita keterlibatan salah satu portofolio East Ventures yaitu Nusantics di dalam task force BPPT pada Minggu (22/3). Ini membuat kami terdorong untuk berpartisipasi lebih jauh dan berinisiatif untuk mengajak segenap ekosistem digital untuk berkontribusi,” ungkap Willson dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times pada Jumat (27/3) kemarin.

Meskipun bersifat non-profit, Willson meyakinkan bahwa proyek ini akan dijalankan dengan prinsip responsibilitas, akuntabilitas, dan transparansi. Setiap tahapan dari proyek akan terus dipantau, mulai dari penggalangan dana hingga setelah test-kit didistribusikan. Ini juga menjelaskan keterlibatan beberapa perusahan lain dalam ekosistem East Ventures, seperti Koinworks sebagai mitra akuntabilitas dan IDN Media sebagai mitra transparansi. 

Penggalangan dana gerakan Indonesia Pasti Bisa akan dimulai pada Senin, 30 Maret 2020 pukul 09.00 WIB melalui situs www.indonesiapastibisa.com

Topic:

  • Amelia Rosary

Berita Terkini Lainnya