Comscore Tracker

5 Fakta tentang TaniHub, Aplikasi E-Commerce untuk Petani

Bikin paham pertanian! #4GPlusKuat #MakinKuatInternetan

Bisnis perdagangan online di Indonesia semakin berkembang. Mulai dari bisnis online yang menjual barang keperluan sehari-hari, fashion, kosmetik, sampai makanan dan minuman.

Salah satu bisnis online yang unik adalah TaniHub. TaniHub merupakan aplikasi e-commerce yang menjual hasil pertanian. Harapannya, TaniHub dapat membuat petani dapat lebih sejahtera.

Berikut 5 fakta yang harus kamu tahu soal TaniHub!

1. Masuknya produk-produk petani ke marketplace akan mempermudah pemasaran dan efisiensi biaya

5 Fakta tentang TaniHub, Aplikasi E-Commerce untuk Petaniunsplash.com/photos/Milada Vigerova

Produk-produk pertanian TaniHub di-branding dengan unik. Contohnya adalah Sommerville untuk produk buah-buahan, Vis untuk produk ikan, Fowler untuk produk ayam, bebek, telur, dan yang terakhir adalah Goldfarm untuk produk sayur-sayuran.

Dengan masuknya produk pertanian ke marketplace diharapkan dapat memotong biaya yang harus dikeluarkan petani untuk memasarkan produknya. Karena jika melalui tengkulak akan ada biaya-biaya tertentu yang dibebankan.

Selain itu rebranding diharapkan dapat mempermudah pemasaran karena produk juga terlihat lebih menarik.   

2. Telah memiliki klien 30 perusahaan ritel dan restoran besar untuk menyerap hasil petani

5 Fakta tentang TaniHub, Aplikasi E-Commerce untuk Petaniunsplash.com/Francesco Ungaro

Kamu gak perlu khawatir jika produk TaniHub tidak akan laku. Karena TaniHub sudah memiliki klien 30 perusahaan ritel dan restoran untuk membeli produknya. Mulai dari minimarket, supermarket, dan restoran kecil maupun besar, produk langsung diantarkan ke tempat hanya dengan memesan lewat aplikasi TaniHub.

Jika kamu ingin mencoba kemudahan yang ditawarkan TaniHub, unduh aplikasinya di smartphone  kalian menggunakan sinyal #4GPlusKuat dari Indosat Ooredoo.  

Kamu bisa #MakinKuatInternetan dengan paket beragam yang dapat dipilih melalui *363# atau aplikasi myIM3. Tidak usah khawatir jika tempat kalian belum ter-cover jaringan 4G Plus milik IndosatOoredoo karena jangkauan jaringan 4G Plus IndosatOoreedoo meluas di seluruh Indonesia. Jika masih ragu, kalian bisa cek ketersediaan jaringan 4G Plus milik Indosat Ooredoo melalui link https://indosatooredoo.com/4gplus

Baca Juga: Kementan Ajak Milenial Masuk Industri Pertanian 4.0

3. Hingga kini sudah ada 20 ribu petani yang bergabung dengan TaniHub

5 Fakta tentang TaniHub, Aplikasi E-Commerce untuk Petaniunsplash.com/McDobbie Hu

Karena mayoritas sumber produk pertanian dari Jawa dan Lampung, maka otomatis kebanyakan petani yang tergabung juga berasal dari daerah yang sama.

Menurut Co-Founder dan Presiden TaniGroup Pamitra Wineka, petani yang tergandeng dalam program TaniHub berjumlah sekitar 20 ribu petani yang tergabung dalam 1.200 kelompok di Indonesia. 

4. TaniGroup juga meluncurkan beberapa program UMKM di bidang F&B dan ritel fresh goods

5 Fakta tentang TaniHub, Aplikasi E-Commerce untuk Petaniunsplash.com/Franck V

Selain e-commerce, TaniHub juga memiliki 3 program kewirausahaan yang dinamakan Restopreneur, Juicepreneur, dan Storepreneur. Ketiga program ini di bawah naungan TaniPreneur yang menawarkan beberapa keuntungan kepada para UMKM, mulai dari penyediaan bahan baku, penyediaan modal usaha yang ringan, hingga konsultasi mengenai usaha dengan pakar industri.

5. Menyongsong revolusi industri 4.0

5 Fakta tentang TaniHub, Aplikasi E-Commerce untuk Petaniunsplash.com/Chutter Snap

Revolusi industri 4.0 diharapkan tidak hanya menyasar masyarakat kota. Sebisa mungkin manfaat juga dapat dirasakan masyarakat rural di pesisir dan pedesaan.

TaniHub hadir sebagai jawaban atas keresahan petani dalam sulitnya memasarkan hasil pertanian. Namun di sisi lain, perlunya sosialisasi kepada masyarakat mengenai TaniHub harus lebih digencarkan lagi. Selain itu perlu juga mengedukasi petani mengenai aplikasi TaniHub. Dengan begitu manfaat revolusi industri 4.0 lebih dapat dirasakan. 

TaniHub adalah salah satu contoh bagaimana kemajuan teknologi mempengaruhi kehidupan. Dengan adanya aplikasi tersebut ranah-ranah yang selama ini tidak tersentuh oleh petani menjadi sesuatu yang dapat dirasakan manfaatnya.

Baca Juga: 6 Aplikasi Ini Perlu Ada di Smartphone Kamu Sebelum Traveling

Anang Fathur Photo Community Writer Anang Fathur

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You