Comscore Tracker

5 Hobi Ari Askhara yang Sejak Kecil Bercita-cita Punya Mobil Mewah

Ia menjabat Dirut Garuda sejak September 2018

Jakarta, IDN Times - Nama I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau dikenal sebagai Ari Askhara menjadi pusat perhatian publik saat Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan memberhentikannya dari jabatan Direktur Utama Garuda Indonesia, kemarin, Kamis (5/12). Bagaimana tidak, Ari dicopot karena kasus penyelundupan Harley Davidson dalam kondisi terurai dan sepeda lipat Brompton yang diangkut pesawat Garuda.

Sebelum keputusan Menteri BUMN tersebut, desas desus soal keterlibatan Ari sudah mulai berembus. Namun, kabar tersebut disangkal pihak Garuda yang menyatakan kedua barang mahal itu dibawa oleh penumpang biasa.

Faktanya, berdasarkan laporan komite yang diterima Erick, ditemukan bahwa Ari memberi instruksi kepada Finance Manager Garuda Amsterdam yang tidak disebutkan namanya, untuk melakukan pencarian Harley Davidson klasik tipe Softail Deluxe pada 2018.

Seperti apa sosok Ari Askhara yang banyak jadi perbincangan ini? IDN Times akan mencuplik wawancara khusus dengan Ari, tahun lalu. Memotret sosoknya dari sejumlah hobi dan cita-cita masa kecilnya.

Siapa sangka, Ari kecil punya cita-cita yang berbeda dengan kebanyakan anak kecil sepantarannya saat itu.

“Anehnya saya dulu gak pernah punya cita-cita jadi pilot, dokter, insinyur. Saya cita-citanya punya mobil, udah itu aja. Punya mobil mainan Mercy jadi pengen punya Mercy, sudah itu saja satu. Sama punya uang. Jadi mau jadi apapun asal punya Mercy dan uang,” akunya.

Kira-kira kalau sekarang sudah tercapai belum Pak?

“Lumayan melebihi kayaknya,” tuturnya sambil tersenyum.

 

Selain cita-cita, Ari ternyata punya hobi dan kesukaan di luar keseharian pekerjannya. Apa saja hobinya?

1. Hobi main basket sejak remaja

5 Hobi Ari Askhara yang Sejak Kecil Bercita-cita Punya Mobil MewahAri Askhara (IDN Times/Helmi Shemi)

Ari mengatakan dirinya suka bermain bola basket sejak SMP. Tidak hanya basket, dirinya juga pernah bermain olahraga lain seperti kempo, softball dan golf.

“Dari SMP, sebelumnya saya kempo, softball. Saya di Dumai. Ayah saya kebetulan di Pertamina, BUMN juga jadi saya besar di Dumai, di Riau dan Pelaju di Palembang. Jadi selalu mainnya di komplek. Saya main softball, basket sampai main golf dari SD,” katanya.

Baca Juga: Selundupkan Harley, Ini Instruksi Ari Askhara ke Staf Garuda Indonesia

2. Suka band Linkin Park

5 Hobi Ari Askhara yang Sejak Kecil Bercita-cita Punya Mobil Mewahinstagram.com/chesterbe

Ari juga suka musik. Band yang digawangi oleh almarhum Chester Bennington dan Mike Shinoda, Linkin Park, menjadi kesukaan pria lulusan master Administrasi Bisnis International Finance Universitas Indonesia ini.

“Saya suka lagunya yang Bleed It Out. I bleed it out. Digging deeper just to throw it away,” kata Ari sambil menyanyikan sebait lagu yang dikeluarkan pada 2007 dari album Minutes to Midnight itu.

3. Suka baca buku pengarang perempuan

5 Hobi Ari Askhara yang Sejak Kecil Bercita-cita Punya Mobil MewahAgatha Christie | bookstr.com

Pria kelahiran Jakarta, 13 Oktober 1971 ini mengaku suka membaca. Dua novelis kesukaannya adalah Sidney Sheldon dan Agatha Christie.

“Dulu saya senang baca buku cerita. Dulu zaman kuliah walaupun ini dibaca oleh anak cewek saya juga suka baca Sidney Sheldon. Sebelumnya lagi Agatha Christie segala macam. Kalau sekarang bukunya menyangkut manajemen dan human capital,” ungkap Ari. 

4. Suka jogging setiap akhir pekan

5 Hobi Ari Askhara yang Sejak Kecil Bercita-cita Punya Mobil MewahAri Askhara, Dirut Garuda Indonesia (IDN Times/Kevin Handoko)

Di akhir pekan, ia rutin berlari dari rumahnya ke kawasan Menteng. “Long run sekitar 15-20 km. Dari rumah sampai Menteng,” imbuhnya.

5. Suka pada sosok Rhenald Kasali

5 Hobi Ari Askhara yang Sejak Kecil Bercita-cita Punya Mobil MewahANTARANEWS/Laily Rahmawaty

Guru Besar Universitas Indonesia, Rhenald Kasali adalah orang yang menginspirasinya. Rhenald Kasali adalah dosen ketika Ari berkuliah di Universitas Indonesia.

“Dia yang mewarnai hidup saya untuk selalu berubah. Tetap masih berkomunikasi. Beliau yang mengajarkan bagaimana kita berubah dan terus berkembang untuk melakukan perbaikan,” ujarnya.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Berakhir Dramatis, Ini 9 Fakta Perjalanan Karier Ari Askhara di Garuda

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You