Comscore Tracker

OJK Minta Bank Mandiri Buat Laporan Menyeluruh Soal Gangguan Saldo 

Keluhan nasabah jadi perhatian industri perbankan

Jakarta, IDN Times - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta Bank Mandiri segera melaporkan permasalahan yang terjadi dan langkah-langkah yang akan mereka lakukan terkait gangguan teknis yang membuat panik para nasabah. OJK meminta Mandiri menjelaskan langkah Mandiri agar kejadian serupa tidak terulang lagi di kemudian hari.

"OJK terus memonitor upaya mitigasi yang dilakukan Bank Mandiri dalam mengatasi permasalahan teknologi informasi bank itu," kata Deputi Komisioner Hubungan Masyarakat dan Manajemen Strategis OJK, Anto Prabowo, dalam keterangannya di Jakarta, Minggu, dilansir dari Kantor Berita Antara.

Layanan Mandiri mengalami eror atau gangguan teknis pada Sabtu (20/7). Gangguan ini membuat sejumlah nasabahnya panik. Pasalnya, ada nasabah yang saldo di rekening mereka mendadak bertambah hingga puluhan juta rupiah. Ada pula nasabah yang saldo di dalam rekeningnya raib tak bersisa.

Baca Juga: Saldo Nasabah Kacau Balau, EconAc: Bank Mandiri Bisa Disanksi

1. Masalah yang dialami Mandiri menjadi perhatian industri perbankan

OJK Minta Bank Mandiri Buat Laporan Menyeluruh Soal Gangguan Saldo ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Saat ini, menurut Anto, yang terpenting adalah pelayanan sudah kembali normal dan mereka juga telah menjamin keamanan dana nasabah, sehingga tidak ada nasabah yang terkurangi hak-nya.

Menurut dia, permasalahan yang telah terjadi ini penting untuk menjadi perhatian industri perbankan. Menurutnya, perbankan harus memiliki dan menerapkan standar operasional yang baik. Jika gangguan sistem terjadi, dengan memprioritaskan aspek perlindungan konsumen terkait dengan hak nasabah termasuk pemulihan layanannya.

2. OJK meminta semua bank melakukan review fungsi IT secara berkala

OJK Minta Bank Mandiri Buat Laporan Menyeluruh Soal Gangguan Saldo (Keterangan informasi di papan mesin ATM Mandiri di area Bekasi Timur) IDN Times/Hana Adi

OJK minta semua bank untuk terus melakukan review fungsi IT yang dimiliki secara berkala dalam rangka menegakkan tata kelola manajemen resiko operasional yang prudent dan berjalan dengan baik.

"Hal ini merupakan bentuk upaya peningkatan pelayanan perbankan ke depannya dan mencegah agar permasalahan ini tidak terulang lagi ke depannya," katanya.

3. Bank Mandiri harus menjelaskan duduk perkaranya agar tidak ditinggal nasabah

OJK Minta Bank Mandiri Buat Laporan Menyeluruh Soal Gangguan Saldo ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Direktur Eksekutif Economic Action Indonesia (EconAc) Ronny P Sasmita menyarankan Bank Mandiri bisa menjelaskan duduk perkaranya untuk dapat dipercaya kembali oleh nasabahnya. Jika tidak, menurutnya, besar kemungkinan nasabah “kabur” dari Bank Mandiri karena kecewa.

“Bahkan, jika ada celah pelanggaran hukum, saya pikir Bank Mandiri juga layak disanksi. Apakah oleh BI, OJK, atau lembaga otoritatif terkait,” ujarnya.

Baca Juga: Uang Nasabah Bank Mandiri Dijamin Aman dan Tidak Hilang

4. Penjelasan dari Mandiri

OJK Minta Bank Mandiri Buat Laporan Menyeluruh Soal Gangguan Saldo ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Sebelumnya, Bank Mandiri minta masyarakat tidak mengakses layanan mobile banking (M-banking) untuk sementara waktu karena dikhawatirkan berdampak pada proses perbaikan. Perbaikan yang dimaksud yakni penelusuran gangguan yang membuat saldo nasabah bertambah maupun berkurang secara drastis pada Sabtu pagi (20/7).

Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rohan Hafas mengatakan gangguan itu terjadi akibat ada eror saat akan dilakukan perpindahan dan pemeliharaan proses dari sistem inti ke sistem cadangan yang rutin dilaksanakan setiap akhir hari. Sekitar 10 persen nasabah Bank Mandiri mengalami kehilangan atau pertambahan saldo secara tiba-tiba.

Bank Mandiri sudah memastikan seluruh layanan perbankan meliputi Mandiri online, internet banking, SMS banking, ATM, dan EDC sudah beroperasi normal pascanormalisasi saldo rekening.

"Saat ini, layanan sudah pulih dan kami senantiasa memastikan keamanan rekening nasabah," ujar Rohan melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu (20/7).

Baca Juga: Nasabah yang Saldonya Bertambah Drastis Wajib Dikembalikan ke Mandiri

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You