Comscore Tracker

5 Cara Mengenali Jasa Bisnis Umroh Abal-abal, Jangan Mau Ditipu

Pelajari dulu, biar rencana perjalanan ibadahmu aman

Sejak terungkap tahun lalu, permasalahan jasa umroh First Travel masih bergulir di pengadilan. Banyak pelanggan yang akhirnya harus menanggung kerugian dan belum mendapatkan kepastian keberangkatan. Hal ini tentu sangat menyebalkan. Rencana ibadahmu bisa batal hanya karena manajemen agen perjalanannya yang gak profesional.

Kasus ini bisa jadi pengalaman buat kamu yang berencana berangkat umroh. Kamu harus lebih teliti mempercayai jasa yang akan digunakan. Pastikan jasa pilihanmu gak memiliki lima ciri berikut ini.

1. Agen travel umroh tidak memiliki izin dari Kementerian Agama Republik Indonesia

5 Cara Mengenali Jasa Bisnis Umroh Abal-abal, Jangan Mau Ditipudreamplango.com

"Ngapain sih sampai mempertanyakan izin dari kementerian, sudah deh percaya saja." Komentar kayak gini nih yang sering membuat orang terjebak bisnis abal-abal. Kalau perusahaannya jelas, mereka gak bakal tersinggung kok ketika kamu bertanya perihal izin yang mereka miliki.

Kamu harus ingat bahwa perjalanan umroh itu menyangkut pelesir ke negara orang, lho. Jadi, kalau terjadi sesuatu dalam proses keberangkatan atau saat telah berada di Mekkah, maka pemerintah ikut bertanggung jawab terhadap kondisimu. Sehingga surat legal izin usaha itu sangat penting.

2. Harga yang jauh dari standard

5 Cara Mengenali Jasa Bisnis Umroh Abal-abal, Jangan Mau Ditipuinstagram.com/zaskiasungkar15

Harga murah boleh, tapi jangan murahan. Contoh konkret dilakukan oleh First Travel yang sedang terlilit kasus hukum. Bisnis yang dimiliki desainer kenamaan Anniesa Hasibuan ini, menawarkan harga paketan umroh cukup murah berkisar Rp 14 juta. Angka ini jauh dari harga normal jasa travel umroh lainnya yang mencapai Rp 20-25 juta.

Harga yang kamu bayarkan biasanya sudah termasuk akomodasi, hotel, dan makanan tiga kali sehari selama perjalanan. Tergantung paket umroh yang kamu pilih. Kalau kemurahan, kamu harusnya curiga dong, nantinya mau tidur di hotel dengan fasilitas apa? Tiket pesawat saja harganya cukup mahal.

3. Transaksi tidak menggunakan akun perbankan resmi atas nama perusahaan

5 Cara Mengenali Jasa Bisnis Umroh Abal-abal, Jangan Mau Ditipuen.wikipedia.org

Gak cuma jasa umroh sih, apa pun transaksi penting yang berhubungan dengan pembayaran kepada perusahaan sebaiknya menggunakan akun perbankan resmi. Kalau kamu diminta mentransfer pembayaran ke rekening pribadi, maka kamu patut curiga dengan si penawar jasa. Jangan sampai hasil tabunganmu bertahun-tahun untuk berangkat beribadah raib seketika.

Baca juga: 7 Peluang Bisnis Paling Laris Sepanjang 2018, Kamu Mau Coba?

4. Waktu keberangkatan yang jelas setelah pelunasan

5 Cara Mengenali Jasa Bisnis Umroh Abal-abal, Jangan Mau Ditipuinstagram.com/afgansyah.reza

Ibadah umroh itu bukan ibadah haji yang keberangkatan dan kuotanya butuh proses panjang. Setelah kamu selesai memenuhi semua urusan administrasi dan pembayaran, harusnya pihak agen bisa mengeluarkan tanggal keberangkatanmu. Jangan percaya dengan janji keberangkatan dua atau lima tahun setelah kamu membayar lunas, sudah pasti itu agen perjalanan abal-abal.

5. Pengalaman agen travel umroh

5 Cara Mengenali Jasa Bisnis Umroh Abal-abal, Jangan Mau Ditipuinstagram.com/irfanhakim75

Di dunia yang serba canggih dengan layanan internet ini, gak ada salahnya kamu jadi orang yang sedikit kepo terhadap sesuatu. Kamu harus tahu sudah berapa lama jasa perjalanan umroh itu berdiri dan bagaimana proses keberangkatan para calon jamaah yang mereka tangani.

Kamu bisa bertanya langsung kepada rekan yang pernah menggunakan jasa tersebut atau browsing di internet. Memilih jasa umroh yang telah berpengalaman puluhan tahun bisa jadi referensimu.

Memang tidak ada jaminan bahwa layanan jasa umroh yang telah berdiri lama gak akan melakukan penipuan. Tapi tetap saja, pengalaman jadi tolok ukur kestabilan sebuah bisnis, termasuk agen perjalanan umroh.

Nah, kamu sebagai pelanggan harus teliti sedari sekarang ya. Agar perjalanan ibadah umrohmu bersama orang terkasih bisa berjalan dengan lancar tanpa hambatan. 

Baca juga: 5 Hal Penting di Balik Suksesnya Bisnis Kost-kostan Artis Indonesia

 

Topic:

Just For You