Comscore Tracker

Kisah Steven Djingga Merintis Usaha Kuliner dan Katering

Steven juga aktif di dunia entertainment

Jakarta, IDN Times – Masih banyak orang yang menganggap keberhasilan di dunia bisnis sebagai sesuatu yang diberikan secara turun-temurun. Dengan kata lain, kalau kita tidak berasal dari keluarga kaya atau orang tua kita tidak memberikan dukungan finansial, maka usaha kita tidak akan berhasil.

Faktanya, tidak sedikit orang yang berhasil membuktikan bahwa kesuksesan adalah hasil dari keringat dan jerih payah, bukan warisan dari orang tua. Salah satu pemuda yang berhasil membuktikannya adalah Steven Djingga.

Millennial kelahiran Medan, 12 Januari 1997 memberanikan diri untuk berkecimpung di dunia katering. Dia berani banting setir dari aktor dan bintang iklan menjadi pengusaha. Padahal, dia sama sekali tidak memiliki latar belakang di bidang bisnis.

Yuk, simak kisah sukses Steven Djingga di bawah ini!

1. Awal mula ide usaha katering muncul

Kisah Steven Djingga Merintis Usaha Kuliner dan Kateringilustrasi katering (Pexels.com/Blue Bird)

Steven benar-benar membangun usahanya tanpa bantuan orang tua. Pada 2018, Steven mendirikan Cateringaja. Dari katering, kini Steven bisa menghasilkan keuntungan hingga ratusan juta per bulan.

Ide itu bermula dari keseharian Steven yang bekerja di dunia hiburan. Dia sadar bahwa pekerjaannya itu tidak memberikan kepastian ekonomi.

"Di dunia bisnis, semakin kamu kerja keras, maka semakin besar hasil yang diterima. Sementara di dunia entertainment relatif tidak stabil. Bulan ini dipanggil untuk 10 proyek, bisa jadi bulan depan nggak di-calling sama sekali. Ini sangat berisiko secara finansial," kata Steven.

Ide usaha katering muncul karena dua hal. Pertama, banyak perumahan yang berdiri di belakang kampusnya. Kedua, Steven sadar bahwa setiap orang membutuhkan makanan.

"Semua orang butuh makan setiap hari. Jasa katering merupakan sebuah jasa yang hampir tidak bisa ditolak oleh semua kalangan. Jika Anda berjualan gadget, tas, sepatu atau pakaian, orang mungkin hanya membeli sesekali, tetapi berbeda dengan makanan. Semua orang membutuhkannya, setiap hari," ungkapnya.

Baca Juga: 8 Langkah Memulai Bisnis Katering, Ini Tipsnya biar Gak Ribet! 

2. Doa restu orang tua jadi modal penting bagi Steven

Kisah Steven Djingga Merintis Usaha Kuliner dan KateringIlustrasi katering (unsplash.com/fabmag)

Jasa katering perumahan dan perkantoran yang ditawarkan Steven menyediakan lebih dari 50 jenis menu yang bebas dipilih.

Kerja kerasnya membuahkan hasil ketika Cateringaja terus berkembang dan mampu menghasilkan jutaan rupiah per bulan. Bahkan, Cateringaja kini sudah memiliki lima cabang.

Kesuksesan Steven sebagai founder Cateringaja bukan didasari dukungan finansial dari orang tuanya. Dirinya mengaku sudah terbiasa mandiri dalam menjalani segala sesuatu. Satu-satunya yang ia dapatkan dari orang tuanya, terkait bisnis ini, adalah doa restu.  

"Saya tidak memiliki privilege sama sekali dari orang tua. Kedua orang tua saya juga bukan pengusaha. Ketika saya baru mulai merantau, saya juga membayar kos dan uang kuliah sendiri. Akan tetapi, orang tua menghargai keputusan saya dan tetap mendukung saya," ungkap dia.

3. Berikut deretan pekerjaan yang digeluti Steven

Kisah Steven Djingga Merintis Usaha Kuliner dan KateringSteven Djingga (Dok. IDN Times/Istimewa)

Meski sudah terbilang berhasil di dunia katering, Steven masih menerima panggilan jika ada yang membutuhkan jasanya di bidang entertainment. Selain Cateringaja, Steven juga mendirikan warung makan lainnya.

Lantas, apa saja sih usaha atau pekerjaan yang digeluti Steven?

  • Cateringaja

Cateringaja adalah bisnis utama yang ditekuni Steven. Bisnis ini sudah berkembang dan kini telah memiliki 5 cabang di daerah Gading Serpong, BSD, Alam Sutera, Melati Mas, Karawaci dan sekitarnya. Cateringaja melayani customer dengan sehari pengiriman sekitar 1000 pax. Sedangkan untuk reseller, saat ini sudah memiliki sekitar 15 ribu reseller aktif.

  • FTV & Bintang Iklan

Steven Djingga mendapatkan peran di beberapa hiburan layar kaca, seperti OKJEK dan Karma The Series. Dia juga pernah menjadi bintang iklan Grab Food pada 2021 lalu. Sebelum mendapatkan peran di atas, Steven rajin wara wiri mengikuti casting setiap hari.

  • Waroeng Sultan

Di tengah pandemik, Steven membuka bisnis kuliner baru dengan nama Waroeng Sultan dengan konsep Grab & Go. Lokasinya di Ruko Financial Center, Gading Serpong. 

Waroeng Sultan menawarkan makanan harga kaki lima dengan kualitas bintang lima seperti Nasi Goreng, Kwetiau Goreng, Mie Goreng dan Bihun Goreng dengan 4 macam varian sambal, yaitu Sambel Jutawan (Matah), Sambal Milyarder (Terasi), Sambal Milyuner (Bawang) dan Sambal Triliuner (Ijo).

Baca Juga: Kisah Sukses Bisnis Katering Sehat, Modal Rp2 Juta Omzet Rp600 Juta

Andi IR Photo Verified Writer Andi IR

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya