Comscore Tracker

Lewat Maklon Kosmetik, Kamu Bisa Punya Brand Kecantikan Sendiri Lho!

Ide bagus bagi kamu yang ingin usaha kosmetik

Jakarta, IDN Times – Bisnis di bidang kecantikan atau kosmetik merupakan salah satu usaha yang menjanjikan. Pengguna kosmetik umumnya memiliki karakter loyal, yaitu enggan berpaling ke produk lain jika dirasa sudah cocok dengan kulitnya.

Setelah dirasa cocok dengan skincare misalnya, konsumen juga berpotensi untuk membeli produk kecantikan lainnya, seperti bodycare, haircare dan make up.

Sayangnya, memulai usaha kosmetik bukan perkara mudah. Seorang beautypreneur harus memiliki modal besar untuk produksinya. Bisnis kosmetik juga tergolong sebagai aktivitas usaha yang diawasi secara ketat, karena berkaitan dengan kesehatan. Dengan kata lain, supaya memperoleh izin produksi dan penjualan, komposisi kosmetik harus benar-benar diperhatikan.

Jika kamu sangat ingin menjadi beautypreneur namun tidak memiliki modal besar, maka bekerja sama dengan perusahaan maklon kosmetik adalah pilihan yang tepat. Apa sih itu?

1. Kelebihan menggunakan jasa maklon kosmetik

Lewat Maklon Kosmetik, Kamu Bisa Punya Brand Kecantikan Sendiri Lho!Ilustrasi maklon kosmetik (Dok. IDN Times/Istimewa)

Maklon kosmetik adalah perusahaan yang menjadi pihak ketiga untuk melakukan produksi. Dengan keberadaan maklon kosmetik, pemilik brand tidak perlu membuat pabrik, melakukan penelitian, atau bahkan mencari izin edar untuk produk yang hendak dijualnya.

Produk yang dibuat oleh perusahaan maklon dipastikan telah memperoleh izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) serta label halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Kita sebagai beautypreneur cukup memberikan konsep tentang kosmetik yang ingin dijual, seperti kandungan apa yang ingin dimasukkan dan manfaat apa yang ingin kita peroleh dari kosmetik tersebut.  

Dikutip dari Tokotalk, proses pembuatan sampel kosmetik perusahaan maklon umumnya memakan waktu 7-14 hari dan produksinya bisa memakan waktu 3-6 bulan.

Ada banyak keuntungan dari menggunakan jasa maklon kosmetik, mulai dari mempermudah proses lisensi, tidak perlu khawatir soal tempat produksi dan kualitas sumber daya manusia, modal yang kecil, lebih mudah menghitung keuntungan, dan tinggal fokus pada strategi pemasaran.  

Baca Juga: 11 Potret Seleb di Anniversary Ke-3 Brand Kosmetik Milik Luna Maya

2. Memulai usaha kosmetik dari 1.500 produk

Lewat Maklon Kosmetik, Kamu Bisa Punya Brand Kecantikan Sendiri Lho!Ilustrasi maklon kosmetik (Dok. IDN Times/Istimewa)

Kendala lain yang menjadi hambatan beautypreneur ketika bekerja sama dengan perusahaan maklon adalah minimum order quantity (MQQ) atau jumlah pemesanan minimal. Kebanyakan maklon kosmetik akan meminta MQQ dalam jumlah besar, yang tentunya membutuhkan biaya besar juga.

Atas kendala itulah PT. Athena Royal Kosmetika (ARK), salah satu perusahaan yang bergerak di bidang maklon kosmetik, hadir menawarkan solusi.

Perusahaan yang memiliki pabrik di Cibinong, Bogor ini berkomitmen untuk melahirkan banyak pengusaha kecantikan baru, dengan menawarkan MQQ yang rendah dan harga terjangkau. ARK menawarkan jasa maklon kosmetik mulai dari 1.500 pack untuk setiap item-nya.

“ARK menawarkan sistem MOQ yang tidak terlalu tinggi. Jika ingin membuat produk dengan minimal 5 item, pelanggan bisa mendapatkan promo MOQ hanya dengan 500 pack per item-nya,” kata Tifa Janina, Direktur Operasional PT. Athena Royal Kosmetika.

Hingga saat ini, ARK telah melayani lebih dari 200 brand kecantikan lokal. Variasi produk yang ditawarkan juga beragam, mulai dari skincare, bodycare, haircare, hingga make up dan dekoratif.

3. Klien bisa request keunikan dari produknya

Lewat Maklon Kosmetik, Kamu Bisa Punya Brand Kecantikan Sendiri Lho!Ilustrasi maklon kosmetik (Dok. IDN Times/Istimewa)

Tifa juga menjelaskan, bahan baku yang digunakan oleh ARK berkualitas internasional. ARK menghadirkan bahan baku produk dari berbagai negara, termasuk Jepang, Korea Selatan, Belanda, Amerika Serikat, dan Jerman.

Beautypreneur juga dapat meminta formula-formula tertentu dalam produknya. Dengan memiliki formula dan spesifikasi khusus, produk akan memiliki keunikan tersendiri dibandingkan produk yang telah beredar di pasaran.

“Pelanggan bisa custom atau request formulasi serta spesifikasi sesuai keinginan. Sehingga setiap pemilik brand bisa menciptakan keunikan produknya masing-masing. Tentunya dengan formula dan bahan baku terbaik dari ARK,” lanjut Tifa.

ARK juga melakukan pelayanan One Stop Maklon untuk para pelanggannya. Jadi perusahaan akan membantu klien mulai dari proses produksi, packaging, hingga legalitas. Sehingga pelanggan akan menerima produk siap jual dan tinggal bersaing di pasar kosmetik Indonesia.

Baca Juga: Kosmetik Bermerkuri Bisa Dicek dengan Emas, Mitos atau Fakta?

Andi IR Photo Verified Writer Andi IR

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya