Comscore Tracker

5 Cara Mengatur Keuangan secara Efisien Selama Pandemi

Biar gak pusing kalau ada kebutuhan mendadak

Pandemi belum juga berakhir bahkan beberapa hari terakhir ini selalu banyak berita yang cukup menyesakkan dada. Oleh karenanya agar tetap bijak dan bertanggung jawab dalam mengatur keuangan kamu wajib coba beberapa cara berikut.

Dijamin efisien dan tetap terkontrol, deh. Penasaran, kana pa saja cara yang dimaksud? Intip sama-sama, yuk!

1. Utamakan untuk membeli kebutuhan pokok dan esensial

5 Cara Mengatur Keuangan secara Efisien Selama PandemiIlustrasi seorang wanita sedang memilih hand sanitizer (Pexels.com/Anna Tarazevich)

Prioritas yang harus kamu utamakan saat ini dalam berbelanja adalah dengan mendahulukan kebutuhan pokok seperti bahan makanan sehari-hari dan kebutuhan esensial untuk proteksi diri seperti masker, hand sanitizer, disinfektan dan sebagainya.

Meski begitu jangan sampai panic buying, guys. Belilah secukupnya. Dalam situasi dan kondisi seperti ini hindari dulu, deh membeli kebutuhan yang sifatnya tersier yang mana kamu belum terlalu butuh di masa sekarang.

2. Berhenti menambah cicilan

5 Cara Mengatur Keuangan secara Efisien Selama PandemiIlustrasi seseorang sedang menggunakan kalkulator (Pexels.com/Pavel Danilyuk)

Meski cicilan yang akan kamu lakukan dapat berguna dimasa yang akan datang kalau bisa usahakan untuk berhenti menambah cicilan terlebih dahulu, ya. Sebaiknya alihkan uang yang kamu miliki ke dalam tabungan atau dana darurat.

Jika memaksakan diri untuk menambah cicilan di waktu seperti sekarang dikhawatirkan semisal terjadi hal yang gak diinginkan kemudian hari kamu akan kesulitan untuk mengatasinya.

3. Siapkan dana darurat

5 Cara Mengatur Keuangan secara Efisien Selama PandemiIlustrasi seseorang tengah menghitung uang (Pexels.com/Karolina Grabowska)

Melihat lonjakan kasus setiap hari harusnya kamu semakin yakin untuk segera menyiapkan dana darurat. Semua serba cepat dan gak bisa diprediksi sama sekali. Sisihkan sebagian dari gaji atau uang yang kamu dapatkan.

Dana ini akan sangat membantumu apabila terjadi hal yang gak diinginkan. Seperti misalnya biaya untuk melakukan swab antigen atau PCR bahkan yang terburuk sekalipun semisal kamu harus kehilangan pekerjaan. Kita semua pasti berharap hal tersebut gak terjadi namun, gak ada salahnya juga antisipasi, kan?

Baca Juga: 5 Cara Mengatur Keuangan Agar Finansial Masa Depanmu Aman dan Terjamin

4. Buat daftar kebutuhan dan keinginan

5 Cara Mengatur Keuangan secara Efisien Selama PandemiIlustrasi seorang wanita sedang memegang buku catatan (Pexels.com/Liza Summer)

Buat kamu yang impulsif dalam membeli sesuatu ada baiknya mulai membuat daftar kebutuhan dan keinginan. Daftar kebutuhan berisi hal-hal yang sifatnya wajib, pokok, segera dan mendesak untuk dibeli.

Sedang daftar keinginan berarti daftar akan hal-hal yang sifatnya masih bisa dibeli kelak kemudian hari. Hal ini penting banget dilakukan selama pandemi supaya pengeluaran keuangan kita tetap efisien dan terkontrol.

5. Lepas gaya hidup konsumtif dan hedonis

5 Cara Mengatur Keuangan secara Efisien Selama PandemiIlustrasi seorang wanita menenteng tas belanja (Pexels.com/freestocks.org)

Bila sebelum pandemi kamu tipe orang yang konsumtif bahkan hedonis sepertinya kamu wajib melepaskan gaya hidup yang satu ini. Apalagi kamu yang mengaharuskan liburan atau staycation setiap weekend rasanya harus ditahan dulu.

Saat ada program diskon di e-commerce pun kamu juga wajib menahan diri untuk gak membeli segala hal di keranjang belanjaanmu. Utamakan yang penting dulu. Lepas juga hasrat dan keinginan untuk nongkrong di café. Diam di rumah juga sebagai salah satu bentuk usaha menyelamatkan diri sendiri serta keuangan selama pandemi, lho.

Demikian tadi beberapa cara mengatur keuangan secara efisien selama pandemi yang wajib kamu coba. Semoga kamu dapat mengatur keuanganmu secara bijak, ya.

Baca Juga: 5 Kesalahan Mengatur Keuangan yang Sering Dilakukan Fresh Graduate

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya