Comscore Tracker

5 Pekerjaan Sampingan yang Cocok bagi Gen Z, Cari Uang Tambahan!

Menjadi generasi produktif dan mandiri

Ada beberapa pekerjaan sampingan yang cocok bagi Gen Z. Generasi Z lahir pada rentang tahun 1998 hingga 2012. Hal ini membuat Gen Z lahir dengan perkembangan teknologi yang sudah maju. Teknologi yang sudah tersedia pun dapat memudahkan Gen Z dalam melakukan apa pun.

Perkembangan tekonologi membuka peluang bagi Gen Z untuk membantu dalam pekerjaannya dan membuka peluang bisnis baru. Hal ini sangat menguntungkan bagi Gen Z yang ingin memiliki pekerjaan sampingan.

Dengan kemudahan fasilitas yang tersedia, hal ini harus dimanfaatkan Gen Z untuk mencari uang tambahan. Apa saja pekerjaan sampingan yang cocok bagi Gen Z? Yuk, simak artikel ini!

1. Penulis 

5 Pekerjaan Sampingan yang Cocok bagi Gen Z, Cari Uang Tambahan!ilustrasi cowok menulis (unsplash.com/ConvertKit)

Menjadi seorang penulis merupakan pekerjaan sampingan yang sangat cocok bagi Gen Z. Dengan kreativitas yang dimiliki, hal ini akan membukakan beribu ide tulisan bagi Gen Z. Kamu bisa bekerja sebagai penulis lepas atau menjadi penulis novel sekalipun.

Bagi kamu yang ingin menuangkan ide-ide tulisan, kamu bisa menulis untuk media tertentu. Tak jarang media tersebut akan membayar kamu dengan tulisan yang kamu kirim. Kamu bisa mencari tahu terlebih dahulu media mana yang membayar tulisan bagi penulis baru.

2. Konten kreator

5 Pekerjaan Sampingan yang Cocok bagi Gen Z, Cari Uang Tambahan!ilustrasi konten kreator cewek (unsplash.com/Jenny Ueberberg)

Tak bisa dipungkiri, pengguna media sosial sudah sangat banyak. hal ini dapat kamu manfaatkan dengan menjadi seorang konten kreator. Kamu bisa mendapatkan uang melalui sponsor atau upah dari platform yang kamu gunakan.

Kamu bisa membuat hal-hal unik untuk kamu unggah di Instagram, TikTok, atau Youtube. Menjadi konten kreator akan membuat kamu dikenal oleh banyak masyarakat luas melalui karya kamu. Tak jarang kamu akan mendapatkan banyak uang dari sponsor dan paltform tersebut.

Baca Juga: Butuh Uang? 6 Pekerjaan Sampingan Ini Cocok untuk Mahasiswa

3. Affiliate marketing 

5 Pekerjaan Sampingan yang Cocok bagi Gen Z, Cari Uang Tambahan!ilustrasi bisnis (unsplash.com/Myriam Jessier)

Bisnis ini mudah kamu lakukan sebagai kerja sampingan. Kamu akan mendapatkan komisi dengan membantu memasarkan produk atau jasa dari pihak penyelenggara. Biasanya, upah yang diberikan cukup beragam, tergantung dari jumlah penjualan atau perjanjiannya.

Kamu bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti affiliate marketing di berbagai website atau marketplace. Kamu hanya perlu mempromosikan barang atau jasa kepada orang lain agar mereka menggunakannya. Pekerjaan ini mudah dilakukan dan cocok bagi kamu yang memiliki skill komunikasi yang baik.

4. Desainer grafis

5 Pekerjaan Sampingan yang Cocok bagi Gen Z, Cari Uang Tambahan!ilustrasi desainer grafis (unsplash.com/Marek Levák)

Pekerjaan sampingan sebagai desainer grafis cukup populer di kalangan anak muda. Kamu harus memiliki kreativitas tinggi dan skill menggambar. Menjadi desainer grafis sangat cocok di era yang serba digital ini.

Kamu bisa mengunggah hasil desain kamu di media sosial agar orang lain dapat melihat karya kamu. Bagi kamu yang masih kuliah, kamu dapat menawarkan diri untuk joki tugas desain. Kamu juga bisa menawarkan jasa desain kamu bagi umkm yang membutuhkan desain untuk produknya.

5. Fotografer dan videografer 

5 Pekerjaan Sampingan yang Cocok bagi Gen Z, Cari Uang Tambahan!ilustrasi fotografer (unsplash.com/Jakob Owens)

Kehidupan Gen Z tidak pernah terlepas dari foto dan video. Banyak orang yang suka memotret dan kerap keli dijadikan pekerjaan sampingan, bahkan utama. Menjadi seorang fotografer atau videografer cukup menjanjikan, karena profesi tersebut banyak dibutuhkan orang lain.

Kalau kamu memiliki kamera, kamu bisa melatih skill dan membuat portofolio kamu. Kamu dapat menawarkan jasa foto atau video kepada teman atau orang lain yang membutuhkan. Dijamin, kamu akan mendapatkan uang tambahan dan senang menjalaninya karena hobi.

Bagi kamu Gen Z yang ingin memiliki penghasilan tambahan, poin di atas boleh banget kamu ikuti. Yang terpenting, manfaatkan semua potensi kamu agar dapat mendatangkan uang. Tak jarang pekerjaan sampingan tersebut malah menjadi pekerjaan utama kamu di masa depan nanti, lho.

Baca Juga: 5 Alasan Karyawan Perlu Memiliki Pekerjaan Sampingan, Banyak Manfaat!

Athallah Hanan Adhasubhi Photo Verified Writer Athallah Hanan Adhasubhi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya