Comscore Tracker

3 Kunci Agar UMKM Jadi Kekuatan Perekonomian Nasional Versi Bos BI

Apa saja ya kuncinya?

Jakarta, IDN Times - Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengungkapkan tiga kunci UMKM agar bisa menjadi kekuatan baru perekonomian nasional, utamanya dalam era digital.

"Kunci UMKM tersebut di antaranya ialah kreativitas, digitalisasi, dan sinergi untuk menciptakan nilai tambah dalam memajukan UMKM sebagai kekuatan baru perekonomian nasional di era digital," katanya melalui virtual, Jumat (28/8/2020).

Lalu, dalam kunci utama kreativitas menjadi yang utama dengan meningkatkan nilai tambah produk UMKM.

1. Berikut dua kunci lainnya bagi UMKM agar menjadi kekuatan digital

3 Kunci Agar UMKM Jadi Kekuatan Perekonomian Nasional Versi Bos BIGubernur BI Perry Warjiyo (Tangkapan Layar Youtube BI)

Kedua digitalisasi melalui inisiasi UMKM Go Digital dan integrasi ekonomi keuangan digital melalui infrastruktur sistem pembayaran yang cepat, mudah, murah, aman dan andal.

Ketiga lanjut dia, sinergi kebijakan nasional pusat dan daerah dengan memprioritaskan sektor-sektor, memperkuat model bisnis yang terintegrasi, dan secara end to end mendorong kemajuan UMKM.

Baca Juga: Bantuan Presiden untuk 12 Juta UMKM, Jokowi: Ini Hibah, Bukan Pinjaman

2. Pandemik dapat menjadi kesempatan UMKM untuk mengakselerasi penggunaan teknologi

3 Kunci Agar UMKM Jadi Kekuatan Perekonomian Nasional Versi Bos BIMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama mengungkapkan, UMKM dapat menjadikan momentum pandemik COVID-19 sebagai kesempatan untuk mengakselerasi penggunaan tekonologi digital dalam bisnis, khususnya optimalisasi pemasaran digital melalui platform ecommerce Indonesia.

Saat ini, pihaknya bersama Kemenko Maritim dan Investasi menginisasi gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia. Tercatat sejak diluncurkan pada Mei 2020, bertambah 1,6 juta UMKM memasuki ekosistem digital.

"Pemerintah juga menggandeng platform e-commerce seperti, Tokopedia, blibli, Gojek, Shopee, dan lain-lain," ucapnya.

3. BI menggelar Karya Kreatif Indonesia

3 Kunci Agar UMKM Jadi Kekuatan Perekonomian Nasional Versi Bos BIGubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyampaikan kondisi Ekonomi terkini (Tangkapan Layar Bank Indonesia)

Perlu diketahui, hal itu disampaikan Perry dan Wishnu saat membuka pegelaran Karya Kreatif Indonesia (KKI) yang diadakan oleh BI untuk ke-5 kalinya. Di tahun 2020 ini, KKI diselenggarakan secara virtual dengan 3 seri.

Perry menyatakan, event KKI diselenggarakan tidak hanya untuk mengangkat karya kreatif dari UMKM-UMKM binaan BI, namun juga mendorong akses perluasan UMKM ke pasar global dengan dukungan pemanfaatan teknologi.

"Inilah komitmen kuat dari Pak Presiden, Menkop UMK, Menparekraf, BI secara bersama kita akan maju membina dan memperkuat UMKM kita," ujarnya.

Baca Juga: 5 UMKM Ini Dinilai Sudah Memajukan Produk Asli Indonesia, Siapa Saja?

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya