Comscore Tracker

Ahok Sarjana Geologi, Pas Jadi Bos Pertamina

Dinilai layak mengisi posisi tersebut

Jakarta, IDN Times - Basuki tjahja Purnama alias Ahok akan menjadi petinggi di perusahaan Badan Usaha Milik Negara. Ia santer disebut bakal memimpin PT Pertamina awal Desember nanti.

Menyoroti hal tersebut Direktur Executive Energy Watch Mamit Setiawan mengatakan, sosok Ahok memang layak duduk di jajaran petinggi Pertamina. Bahkan menurut dia, Ahok pantas jadi komisaris utama.

"Dia dikabarkan jadi komisaris utama Pertamina, kalau saya lihat dia bisa di posisi itu. Kalau dilihat secara background, dia punya predikat geologi. Dia juga pernah di bidang energi, saya kira ikatannya kuat di situ (Pertamina)," katanya saat dihubungi IDN Times, Kamis (14/11).

Ahok pernah kuliah di jurusan Teknik Geologi, Fakultas Teknik Mineral, Universitas Trisakti.

1. Komisaris Utama Pertamina tak masalah dari pengusaha

Ahok Sarjana Geologi, Pas Jadi Bos PertaminaIDN Times / Irfan Fathurohman

Jika dilihat selama ini, kata dia, komisaris utama Pertamina memiliki latar belakang sebagai pengusaha dan juga mantan pejabat di lembaga pemerintah. Hal ini serupa dengan latar belakang Ahok, sehingga ia menilai tak masalah untuk Ahok menjadi komisaris utama Pertamina.

"Gak masalah (latar belakang Ahok), tinggal bagaimana dalam pelaksanaannya ketika dia jadi Komisaris tersebut, dia sudah melepaskan tanggung jawabnya di bidang lain," tambahnya.

Baca Juga: Ahok Disebut Jadi Dirut PT Pertamina, Ini Kata Presiden Jokowi

2. Ahok dinilai mampu membawahi Pertamina

Ahok Sarjana Geologi, Pas Jadi Bos PertaminaIDN Times / Irfan Fathurohman

Selanjutnya Mamit mengatakan, jika melihat rekam jejak Ahok saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, ia dinilai mampu membawahi Pertamina.

"Dengan cara kerja dia di pemerintahan kemarin, kalau bisa diimpelementasikan di BUMN, mungkin bisa membawa perubahan untuk Pertamina," ucapnya.

3. Ini PR untuk Ahok di Pertamina

Ahok Sarjana Geologi, Pas Jadi Bos PertaminaIDN Times/Auriga

Ia menuturkan, jika benar Ahok menjadi petinggi di Pertamina, ada beberapa pekerjaan rumah besar yang harus dikerjakan Ahok, mulai dari hulu ke hilir.

"Kalau dari hulu, bagaimana lifting gak terus mengalami penurunan, bagimana harus menjaga dan mempertahankan produksi lifting, bahkan bagimana untuk menambah. Lalu meningkatkan eksplorasi kita juga jadi PR ke depan. Karena eksplorasi kita gak jalan. Sektor hilir lebih banyak lagi, di mana sektor hilir memang menjadi titik lemah Pertamina, karena selalu merugi," ucapnya.

Baca Juga: Erick Thohir Sebut Ahok Jadi Bos BUMN Mulai Awal Desember

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Umi Kalsum

Just For You