Comscore Tracker

Asyik, Mulai Besok Kamu Bisa Dapatkan Uang Rp75 Ribu Edisi HUT RI

Penukaran secara kolektif, minimal membawa 17 kolega

Jakarta, IDN Times - Bank Indonesia akan melakukan percepatan dan perluasan pengedaran uang baru pecahan Rp75 ribu. Hal itu lantaran tingginya animo masyarakat terhadap uang Edisi Peringatan Kemerdekaan HUT ke-75 RI.

Kepala Departemen Pengelolaan Uang Marlison Hakim menuturkan, bank sentral akan membuka proses pemesanan secara kolektif di kantor perwakilannya mulai Selasa besok, 25 Agustus 2020.

"Kami akan membuka layanan penukaran uang secara kolektif," katanya melalui virtual, Senin (24/8/2020).

1. Minimal harus membawa 17 kolega

Asyik, Mulai Besok Kamu Bisa Dapatkan Uang Rp75 Ribu Edisi HUT RIPeluncuran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI yang bernilai Rp75000 (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Dia menjelaskan, syarat penukaran secara kolektif pada masyarakat yang dimakud ialah bagi kementerian, lembaga dan instansi, korporasi baik swasta maupun BUMN, asosiasi yang sudah terdaftar, perkumpulan, dan masyarakat luas.

Untuk kementerian, yang dapat melakukan penukaran ialah pegawai, lembaga dan instansi di seluruh Indonesia, sementara perkumpulan yang dimaksud misalnya, perkumpulan alumni mahasiswa ataupun perkumpulan perantauan.

"Masing- masing dari mereka dapat menyertakan pihak lain atau koleganya seperti teman, keluarga minimal 17 orang," ujarnya.

Baca Juga: Uang Edisi Khusus Kemerdekaan RI Tidak Diedarkan Bebas ke Masyarakat

2. Sudah ada 197.454 orang yang memesan uang Rp75 ribu hingga 30 September

Asyik, Mulai Besok Kamu Bisa Dapatkan Uang Rp75 Ribu Edisi HUT RIKepala Departemen Pengelolaan Uang, Marlison Hakim (Youtube.com/Bank Indonesia)

Hingga 30 September, Bank Indonesia mencatat sudah ada 197.454 orang yang memesan Uang Edisi Peringatan Kemerdekaan RI bernilai nominal Rp75 ribu.

Marlison mengatakan jumlah pemesanan sejak masa pemesanan dibuka pada 17 Agustus 2020 itu relatif banyak. Namun sebaliknya, realisasi penukaran uang tersebut masih relatif minim dibanding jumlah uang Rp75 ribu yang disediakan bank sentral, yakni sekitar 75 juta lembar.

3. BI akan kembali membuka pemesanan lewat aplikasi

Asyik, Mulai Besok Kamu Bisa Dapatkan Uang Rp75 Ribu Edisi HUT RIPeluncuran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI yang bernilai Rp75000 (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Melihat antusiasme masyarakat dalam memesan uang pecahan baru tersebut, BI mengeluarkan kebijakan baru dalam rangka percepatan dan perluasan pengedaran uang tersebut. Selain penukaran secara kolektif, BI juga akan kembali membuka pemesanan lewat aplikasi.

"Kita membuka kembali pemohononan pemesanan melalui aplikasi," ujarnya.

Baca Juga: Begini Cara Dapat Uang Rp75 Ribu Edisi Kemerdekaan, Jumlah Terbatas!

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya