Comscore Tracker

Batal Beroperasi Besok, Mal Legawa Baru Bisa Buka 15 Juni

Mengikuti kebijakan Pemprov DKI Jakarta yang baru diumumkan

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja mengatakan bahwa rencana pembukaan mal di DKI Jakarta esok hari, Jumat (5/6), dipastikan batal. Hal itu lantaran Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan untuk memperpanjang masa PSBB.

Meski mal tidak jadi beroperasi besok, dia mengatakan pihaknya mendukung penuh rencana Pemprov DKI Jakarta tersebut. "Paling tidak dengan kebijakan yang telah diputuskan maka roda perekonomian dapat mulai bergerak," katanya kepada IDN Times, Kamis (4/6).

1. Kapasitas mal akan dibatasi 50 persen

Batal Beroperasi Besok, Mal Legawa Baru Bisa Buka 15 JuniSalah satu toko pakaian di Bigmall Samarinda yang menyajikan barang diskon dan menjadi daya tarik pengunjung menjelang lebaran. (IDN Times/Zulkifli Nurdin)

Selanjutnya, kata dia, berdasarkan keputusan tersebut maka pusat perbelanjaan bisa mulai beroperasional kembali mulai 15 Juni 2020 mendatang. Namun, hal itu dilakukan dengan kapasitas yang terbatas, yakni maksimal 50 persen dari volume keterisian maksimal mal tersebut .

"Pusat perbelanjaan telah siap dan akan mengikuti sepenuhnya keputusan dimaksud," ujarnya.

Baca Juga: [BREAKING] PSBB Jakarta Diperpanjang, Anies: Juni Masa Transisi 

2. Pengunjung harus tetap menerapkan protokol kesehatan

Batal Beroperasi Besok, Mal Legawa Baru Bisa Buka 15 JuniBigmall Samarinda menjadi salah satu tujuan warga memenuhi kebutuhan jelang lebaran. (IDN Times/Zulkifli Nurdin)

Jika nantinya mal kembali dibuka, kata dia, masyarakat tetap harus menerapkan protokol kesehatan terkait COVID-19 dengan disiplin saat ke mal.

Pengunjung diimbau untuk menggunakan masker. Selain itu, akan ada pemeriksaan suhu tubuh hingga pembatasan jarak dan jumlah orang saat masuk mal, toko, elevator, eskalator, toilet.

3. PSBB diperpanjang, Juni menjadi masa transisi

Batal Beroperasi Besok, Mal Legawa Baru Bisa Buka 15 JuniGubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di program Ngobrol Seru by IDN Times, Sabtu (23/5)

Sebelumnya diberitakan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di ibu kota. Namun, pada fase keempat ini DKI Jakarta mulai memasuki masa transisi menuju new normal atau kenormalan baru

"Kami di Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 DKI Jakarta memutuskan untuk menetapkan status PSBB diperpanjang dan menetapkan bulan Juni ini sebagai masa transisi," ujar Anies dalam keterangan pers yang disiarkan Pemprov DKI Jakarta melalui YouTube pada Kamis (4/6).

Perpanjangan itu dilakukan karena masih wilayah yang memiliki angka kasus positif yang masih tinggi sehingga perlu pengendalian ketat. Meski memperpanjang PSBB, Anies mengatakan Jakarta mulai memasuki masa transisi agar warga yang tidak terjangkit virus corona atau COVID-19 bisa terjamin aktivitasnya.

"Agar warga bisa tetap sehat, produktif, dan aman dari COVID-19," ujarnya.

Baca Juga: [BREAKING] Kegiatan Usaha dan Perkantoran di DKI Mulai Operasi 8 Juni

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Anata Siregar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya