Comscore Tracker

Begini Persiapan Kemenhub Jelang Libur Lebaran

Kemenhub dorong pengalihan angkutan individu ke massal

Jakarta, IDN Times - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta masyarakat tidak menggunakan motor pada mudik lebaran tahun ini, alasannya karena persentase kecelakaan motor cukup besar yakni 70%.

"Gunakan angkutan lain, bahkan Kemenhub menyediakan mudik geratis, isu keselamatan juga bukan terjadi pada penggunaan saja maka prasarana juga harus baik," kata Budi saat hadir di peluncuran taksi listrik pertama di Indonesia di kantor pusat Bluebird, Jakarta Selatan, Senin (22/4).

1. Kemenhub minta perusahaan berikan mudik gratis

Begini Persiapan Kemenhub Jelang Libur LebaranIDN Times/Axel Jo Harianja

Budi meminta perusahaan mempersiapkan mudik gratis karena tngginya angka kecelakaan. "Saya minta khususnya ke perusahaan memberikan mudik gratis terutama darat sehingga kita akan dapat 2 hal, indahnya saudara kita pulang kampung dari bantuan CSR," jelasnya.

Selain itu Budi berharap dengan adanya pengalihan dari angkutan mudik individu ke angkutan massal, akan mengurangi kemacetan pada ruas-ruas tertentu.

Baca Juga: 40 Kota Ini Bakal Jadi Tujuan Mudik Gratis Bareng Kemenhub Tahun Ini

2. Kemenhub minta bantuan Kapolri

Begini Persiapan Kemenhub Jelang Libur LebaranAntara/Donny Aditra

Budi Karya mengatakan, pihaknya akan meminta bantuan kapolri untuk menggerakan Kapolres beserta pemilik jalan tol. "Kita sudah tahu dimana tempat kecelakaan, oleh karena itu ada satu rekayasa atau alat-alat yang dimungkinkan untuk mengurangi kecepatan kurang dari 100 km per jam," katanya.

Melalui rekayasa lalu lintas, nantinya one way, contra flow dan aturan ganjil genap akan dilakukan di satu area tertentu. Namun, Budi belum dapat menejelaskan dimana area tersebut dilakukan. "Kewenangan untuk one way, contra flow  di kepolisian," jelasnya.

Selanjutnya Kemenhub juga akan meminta bantuan kepada stake holder lainnya seperti Pemerinta Daerah (PEMDA), Pekerjaan umum dan Perumahaan Rakyat (Pupr), Sumber Daya Manusia (SDM) , Basarnas dan Badan Meteorologi, Klimatologi Geofisika ( BMKG)

"Mudik selama dua tahun ini membaik, tapi kita harus mempersiapkan dengan baik kegiatan ini," jelasnya.

3. Kemenhub akan panggil maskapai yang membandel

Begini Persiapan Kemenhub Jelang Libur Lebaran(Ilustrasi maskapai penerbangan) ANTARA FOTO/Umarul Faruq

Selanjutnya, transportasi udara yang kerap kali menjadi primadona diprediksi sedikit menurun, lantaran tingginya tarif pesawat.

"Saya akan panggil satu per satu maskapai minggu ini, untuk membahas bagaimana tarif ini bisa dijangkau lebih baik," katanya.

Selanjutnya dia mengatakan, mengingat tingginya kecelakaan transportasi pada udara, pihak maskapai harus memperhatikan pilot dalam kondisi sehat ketika terbang.

4. Kemenhub minta kereta api dan transportasi laut tambah kapasitas

Begini Persiapan Kemenhub Jelang Libur LebaranIDN Times/Mohamad Ulil Albab

Menurut Budi, kereta api merupakan transportasi yang sangat digemari akan tetapi kapasitas terbatas, maka dari itu pihaknya meminta pihak kreta api menambah kapasitas dan memperhatikan titik-titik tertentu yang berpotensi terkena longsor.

Selain itu, Budi juga meminta transportasi laut menambah kapasitas, "transportasi lautan harapan masa depan, saya minta kapasitasnya ditingkatkan jadi semua didukung stake holder," katanya.

Baca Juga: Sistem Ganjil Genap Akan Diterapkan Selama Mudik 2019

5. Transportasi Dharma Lautan siapkan 40 unit kapal

Begini Persiapan Kemenhub Jelang Libur LebaranAntara Foto / Ilustrasi Kapal kandas saat membawa logistik Pemilu (Cherman)

Mengutip Antara, Perusahaan jasa transportasi PT Dharma Lautan Utama (DLU) akan menyiapkan sebanyak 40 unit kapal pada periode mudik Lebaran 2019 seiring dengan prediksi kenaikan jumlah penumpang dibandingkan tahun 2018.

"Prediksi kami ada kenaikan 20 persen jika dibandingkan tahun lalu. Berdasarkan data kami untuk tahun lalu sejak H-30 Lebaran jumlah penumpang mencapai 78.000 orang," kata Presiden Direktur DLU Erwin H Poedjono.

Baca Juga: 70 Persen Kecelakaan saat Mudik Menimpa Pengendara Motor 

Topic:

  • Anata Siregar

JADWAL SALAT & IMSAK

21
MEI
2019
16 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 21 May 2019 05:15:05

Progress: 749.951 dari 813.350 TPS (92.20520%)

Just For You