Comscore Tracker

Berhasil Rayu Sri Mulyani Bayar Utang ke BUMN, Erick Thohir Dipuji DPR

Pemerintah menggelontorkan Rp108,48 T untuk bayar utang

Jakarta, IDN Times - Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi Golkar,Mukhtarudin memuji Menteri Badan Usaha Milik Negara atau BUMN Erick Thohir. Erick dinilai berhasil membuat Menteri Keuangan Sri Mulyani membayar utang Rp108,48 triliun.

"Mungkin treatmentnya apakah dikasih Permen kita gak tau juga, yang jelas ini luar biasa besarnya utang," katanya saat melakukan rapat bersama Kementerian BUMN, Selasa (9/6).

Berdasarkan data yang dipaparkan Erick Thohir, pencairan utang tersebut akan diberikan kepada BUMN yang memiliki tanggung jawab sebagai pelayanan publik. Seperti PLN, BUMN Karya, Kereta Api Indonesia, Kimia Farma, Bulog, Pertamina dan Pupuk Indonesia.

 

1. DPR mengucapkan terima kasih kepada Sri Mulyani telah membantu BUMN di masa sulit

Berhasil Rayu Sri Mulyani Bayar Utang ke BUMN, Erick Thohir Dipuji DPRAnggota komisi VI DPR Fraksi Golkar, Muktharudin (Tangkap Layar TVR Parlemen Komisi VI DPR)

Baca Juga: Pertama dalam Sejarah, Kementerian Petakan Utang dan Cashflow BUMN

Mukthar juga mengucapkan terima kasih kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani, karena telah mencairkan utang kepada sejumlah perusahaan pelat merah yang tengah terpukul karena pandemik COVID-19.

"Hari ini bendahara negara kita bayar-bayar utang, kita apresiasi kepada Menteri dan juga terima kasih kepada bendahara kita. Dia paham juga kesulitan BUMN," ujarnya.

Selanjutnya dia meminta kepada Erick Thohir bekerja secara maksimal dalam melayani publik.

2. Dinilai sebagai prestasi Erick Thohir

Berhasil Rayu Sri Mulyani Bayar Utang ke BUMN, Erick Thohir Dipuji DPRAnggota Komisi VI DPR RI Fraksi Partai Gerindra, Andre Rosiade (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Sementara itu, anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Gerindra Andre Rosiade mengatakan, berhasilnya pemerintah membayarkan utang ke BUMN merupakan sebuah prestasi Erick Thohir untuk meyakinkan Sri Mulyani.

"Tapi mungkin dibantu Menteri Perekonomian kali ya," ujarnya. Dia mengatakan, secara prinsip pihaknya mendukung pemerintah untuk memberikan stimulus kepada perusahaan BUMN.

"Itu adalah kebijakan pemerintah yang pro rakyat, BUMN bertugas melayani masyarakat, meringankan beban masyarakat," ucapnya.

3. Pemerintah akan menggelontorkan dana ke BUMN melalui 3 skema

Berhasil Rayu Sri Mulyani Bayar Utang ke BUMN, Erick Thohir Dipuji DPRErick thohir menerima bantuan untuk tangani COVID-19 (Tangkapan Layar Zoom Kementerian BUMN)

Perlu diketahui, berdasarkan data yang disampaikan Erick Thohir, pemerintah akan menggelontorkan stimulus dengan 3 skema.

Pertama melalui pencairan utang pemerintah Rp108,48 triliun, melalui PMN Rp15,5 triliun dan melalui dana talangan Rp19,65 triliun.

"Mayoritas dana yang diberi pemerintah berupa pencairan utang pemerintah ke BUMN," ujar Erick.

Baca Juga: Erick Thohir Bersyukur Menkeu Bayar Utang ke BUMN Hingga Rp108 Triliun

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya