Comscore Tracker

7 Langkah Jeli Memilih Asuransi Berkonsep Unit Link

Harus jeli lho kalau mau dapat manfaat yang maksimal

Jakarta, IDN Times - Konsep asuransi unit link saat ini tengah populer di kalangan masyarakat, sebab dianggap memberikan kemudahan serta manfaat proteksi, sehingga dinilai cocok menjadi pilihan untuk berinvestasi.

Selain itu, unit link disukai oleh masyarakat, karena uang yang telah dibayarkan bisa kembali dengan mendapat imbal hasil investasi, tidak langsung hangus seperti asuransi tradisional pada umumnya.

Kendati, demikian CEO Hanwha Life Insurance Indonesia, David Yeom, mengatakan masyarakat harus lebih jeli untuk memilih asuransi unit link, agar dapat menikmati manfaat yang maksimal.

"Kami memahami pentingnya cerdas finansial dalam era millennial.Potensi asuransi unit link cukup besar. Namun, masyarakat perlu lebih jeli memilih asuransi unit link agar bisa menikmati manfaat yang maksimal," katanya melalui siaran pers, yang diterima oleh IDN Times, Jumat (11/7).

Berikut tujuh hal yang harus diperhatikan, dalam memilih unit link dari Hanwha Life Insurance :

1. Cari perusahaan asuransi dan agen yang kredibel

7 Langkah Jeli Memilih Asuransi Berkonsep Unit LinkANTARA

Dalam memilih asuransi berkonsep unit link, kamu harus memastikan terlebih dahulu, bahwa perusahaan tersebut sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Hanwha Life misalnya telah terdaftar dan diawasi OJK sejak tahun 2013, juga bagian dari Hanwha Group yang termasuk dalam daftar Fortune Global 500.

Baca Juga: Inilah 5 Keuntungan Memiliki Asuransi Sejak Usia Muda 

2. Sesuaikan dengan prioritas kebutuhan

7 Langkah Jeli Memilih Asuransi Berkonsep Unit LinkIDN Times / Auriga Agustina

Untuk tujuan investasi seperti dana pendidikan atau properti, pilih Regular Premium Unit Link (RPUL) Back End seperti Hanwha Smart Invest Link karena memberikan alokasi 100 persen premi dasar berkala untuk investasi sejak awal.

Sementara, untuk kebutuhan proteksi seperti dana warisan dan perlindungan kesehatan yang optimal, bisa memilih Hanwha Max Protection.

3. Ambil manfaat yang sesuai

7 Langkah Jeli Memilih Asuransi Berkonsep Unit LinkIDN Times/Holy Kartika

Hitung Uang Pertanggungan (UP) perlindungan jiwa dengan mempertimbangkan nilai ekonomis, jumlah tanggungan dan jumlah utang Anda. Ada banyak cara menghitung UP, namun yang termudah adalah UP = 10 x Pendapatan Tahunan.

Lengkapi juga dengan asuransi tambahan (rider). Misalnya, untuk perlindungan kesehatan atau penyakit kritis. Kamu bisa, mengambil up dan rider sesuai kebutuhan.

4. Pilih premi unit link sesuai kemampuan

7 Langkah Jeli Memilih Asuransi Berkonsep Unit LinkIDN Times / Auriga Agustina

Dalam memilih premi unit link, David mengatakan calon nasabah harus menyesuaikan kemampuan finansial. Besarnya premi, baiknya sekitar 10 persen hingga 30 persen dari pendapatan.

5. Cek performa instrumen investasi unit link

7 Langkah Jeli Memilih Asuransi Berkonsep Unit LinkIDN Times/Auriga Agustina

Setiap pilihan instrumen investasi memiliki risiko yang beragam, rendah, sedang atau tinggi. Maka dari itu, calon nasabah sebaiknya melihat performa berkala dan manfaatkan fleksibilitas mengalihkan dana investasi sesuai profil risiko dan gaya investasi kamu.

Baca Juga: 7 Alasan Kenapa Klaim Asuransi Kesehatanmu Ditolak, Ketahui di Sini!

6. Baca dan pahami polis unit link

7 Langkah Jeli Memilih Asuransi Berkonsep Unit LinkIDN Times / Istimewa

Dan terakhir, pelajari seluruh ketentuan yang tertera di dalam polis, dan pahami seluruh manfaat dan risiko Unit Link yang kamu pilih. "Jadilah nasabah yang aktif serta kritis," ujarnya.

Sebagai informasi saja, pada Kuartal I 2019, Hanwha Life mencatatkan total aset sebesar Rp2,05 triliun, total investasi senilai Rp1,9 triliun, hasil investasi senilai Rp32,23 miliar, tingkat solvabilitas (RBC) sebesar 5.524 persen serta membayarkan klaim dan manfaat sebesar Rp8,88 miliar kepada nasabah

Baca Juga: Perusahaan Asuransi Diminta Tingkatkan Sesi Wajib Harta Benda

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya