Comscore Tracker

BI Siapkan Uang Tunai Rp158 Triliun untuk Ramadan dan Lebaran

Hanya bisa ditukar di loket bank ya!

Jakarta, IDN Times - Bank Indonesia menyiapkan uang kartal atau tunai senilai Rp158 triliun untuk memenuhi kebutuhan Ramadan dan Idul Fitri pada tahun ini. Jumlah tersebut turun 17,7 persen dibandingkan dengan kebutuhan serupa pada periode tahun lalu.

"Untuk didistribusikan ke seluruh wilayah Indonesia," kata Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia, Marlison Hakim Kamis (30/4).

1. Berikut penyebab uang kartal yang diedarkan pada Ramadan dan Lebaran turun

BI Siapkan Uang Tunai Rp158 Triliun untuk Ramadan dan LebaranIlustrasi rupiah (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Dia mengatakan ada sejumlah penyebab kebutuhan uang kartal tahun ini turun, di antaranya ada pengaturan ulang jumlah hari libur dari semula 12 hari menjadi 5 hari dan digeser pada akhir tahun, bukan pada saat Lebaran.

Selain itu, mayoritas pekerja swasta tidak menerima tunjangan hari raya (THR) pada saat Lebaran, sedangkan THR untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) serta anggota TNI dan Polri diberikan kepada golongan eselon 3 ke bawah.

"Ditambah lagi, imbauan pemerintah untuk tidak melakukan mudik pada hari raya Idul Fitri di tahun ini," ucapnya.

Baca Juga: Rawan Kerumunan, BI Jateng Tidak Setop Layanan Penukaran Uang Lebaran

2. Penukaran uang tidak dapat lagi dilakukan di tempat-tempat umum

BI Siapkan Uang Tunai Rp158 Triliun untuk Ramadan dan LebaranIlustrasi Rupiah (ANTARA FOTO/Rahmad)

Layanan penukaran uang yang biasanya disediakan di lokasi umum seperti Monas dan pasar tradisional pada tahun ini tak dapat lagi dilakukan, demi mencegah penularan virus corona. Tahun ini, penukaran uang tahun ini hanya disediakan melalui loket.

“Penukaran untuk masyarakat akan dilayani oleh 3.742 kantor cabang bank di seluruh Indonesia, yang terdiri atas 344 kantor cabang bank di daerah Jabodetabek dan 3.398 kantor cabang bank di wilayah luar Jabodetabek terhitung mulai dari tanggal 29 April sampai dengan 20 Mei 2020,” ujarnya.

3. BI pastikan uang aman dari corona karena telah dikarantina

BI Siapkan Uang Tunai Rp158 Triliun untuk Ramadan dan LebaranIlustrasi (IDN Times/Ita Malau)

Dia juga memastikan bahwa BI telah menerapkan kebijakan karantina setoran uang yang masuk selama 14 hari sejak diterima di khazanah per 16 Maret 2020. Hingga saat ini, jumlah Uang Rupiah Layak Edar (ULE) yang telah melewati masa karantina sebesar Rp31,7 triliun.

Sedangkan, untuk jumlah uang yang masih dikarantina dari setoran bank selama 10 -24 April 2020 yakni sebesar Rp 22,7 triliun.

Baca Juga: Jelang Lebaran, BI Sumut Sediakan Rp13,5 Triliun Uang Baru

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya