Comscore Tracker

Biden Jadi Presiden AS, Sri Mulyani Berharap Ekonomi Dunia Membaik

Biden dan Kamala akan menjabat hingga 2025

Jakarta, IDN Times - Joe Biden resmi dilantik menjadi presiden AS menggantikan Donald Trump pada Rabu (20/1/2021) sebelum tengah hari waktu setempat atau tengah malam WIB. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, berharap resminya Biden sebagai presiden di AS ekonomi global dapat membuat perekonomian secara global membaik.

"AS akan memiliki presiden baru, merupakan harapan untuk segera pulih dan memberikan kepastian bagi ekonomi dunia, demikian juga dengan RRT meski masih tumbuh di bawah 3 persen," katanya dalam acara Kompas 100 CEO Forum, Kamis (21/1/2021). 

1. COVID-19 masih menjadi perhatian pemerintah

Biden Jadi Presiden AS, Sri Mulyani Berharap Ekonomi Dunia MembaikIDN Times/Auriga Agustina

Baca Juga: Resmi Jadi Presiden Amerika, Joe Biden: Ini Kemenangan Demokrasi

Kendati begitu, wanita yang akrab disapa Ani ini mengaku bahwa pandemik COVID-19 dan climate change masih menjadi tantangan untuk perekonomian Indonesia.

Untuk itu, kata dia pemerintah akan tetap waspada agar pandemik COVID-19 bisa dikendalikan.

"Penanganan COVID-19 tahun 2021 memakan anggaran Rp61,8 triliun, ini pun masih bisa berubah dengan adanya ketidakpastian terhadap peningkatan jumlah kasus, dan keinginan pemerintah untuk mengamankan supply vaksin COVID-19," ujarnya.

2. Ekonomi 2021 diproyeksikan positif

Biden Jadi Presiden AS, Sri Mulyani Berharap Ekonomi Dunia MembaikIlustrasi Pertumbuhan Ekonomi (IDN Times/Arief Rahmat)

Sri Mulyani memproyeksikan, ekonomi pada 2020 berada di kisaran minus 2,2 persen hingga minus 1,7 persen secara year on year. Sementara di tahun 2021 ditargetkan mampu mencapai 5 persen secara tahunan.

“Confidence dan harapan menjadi sangat penting memasuki tahun 2021, pada saat yang sama dengan pemulihan secara bertahap. Kita juga melihat industri manufaktur menunjukkan pemulihan," ujarnya.

3. Biden dan Kamala dilantik Rabu waktu setempat

Biden Jadi Presiden AS, Sri Mulyani Berharap Ekonomi Dunia MembaikPresiden terpilih AS Joe Biden dan Kamala Haris (Twitter.com/JoeBiden)

Joe Biden resmi dilantik menjadi Presiden Amerika Serikat ke-46, Rabu (20/1/2021) menjelang tengah malam atau pukul 11.48 waktu setempat. Pelantikan berlangsung di Gedung Capitol AS.

Biden terlihat mengenakan jas berwarna hitam dengan masker biru donker. Terlihat sejumlah mantan presiden, seperti Bill Clinton, George Bush Jr, dan Barack Obama hadir dalam pelantikan tersebut. Tampak pula mantan Wapres Mike Pence.

Joe Biden bersama pasangannya, yakni Kamala Harris, akan memimpin Amerika Serikat hingga 2025 mendatang. Kemala menjadi wakil presiden perempuan pertama dalam sejarah Amerika Serikat.

Terpilihnya Biden dan Kamala membawa harapan kepastian terhadap perekonomian di dunia.

Baca Juga: Biden Terpilih Jadi Presiden AS, Ini Kabar Baiknya untuk Ekonomi RI

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya