Comscore Tracker

BUMN Optimistis Uji Klinis Vaksin COVID-19 Selesai Awal Tahun 2021

Diyakini uji klinis ini akan berhasil

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Susyanto mengatakan, optimistis Bio Farma akan berhasil melakukan uji klinis vaksin COVID-19 yang ditargetkan selesai Januari 2021.

"Setelah Januari bisa selesai, insyallah misalkan itu berhasil maka Bio Farma akan memproduksi sesuai dengan komitmen mereka itu nanti sebanyak-banyaknya sehingga bisa menangani segera permasalahan pandemi COVID-19," kata Susyanto ketika ditemui usai acara penandatangan nota kesepahaman Kementerian BUMN dan Kementerian Ketenagakerjaan di Kantor Kemnaker, Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Rabu (22/7/2020).

1. Bio Farma juga akan bekerja sama dengan lembaga untuk mengembangkan vaksin

BUMN Optimistis Uji Klinis Vaksin COVID-19 Selesai Awal Tahun 2021Bio Farma (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Susyanto optimistis tentang uji klinis vaksin COVID-19 yang diadakan Bio Farma karena holding BUMN farmasi itu juga bekerja sama dengan pihak lain. "Jadi kerja samanya tidak hanya kepada satu lembaga tetapi kalau tidak salah tiga lembaga. Kita optimis bahwa uji klinisnya itu berhasil," kata Susyanto.

Selain dengan Sinovac, Bio Farma juga bekerja sama dengan lembaga The Coalition for Epidemic Preparedness Innovations (CEPI), serta Lembaga Biologi Molekular Eijkman untuk mengembangkan vaksin COVID-19 yang disebut vaksin Merah Putih.

Baca Juga: Ini Alasan Sinovac Tunjuk Bio Farma untuk Uji Vaksin COVID-19

2. Kapasitas produksi maksimal 250 juta dosis

BUMN Optimistis Uji Klinis Vaksin COVID-19 Selesai Awal Tahun 2021Bio Farma ( ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Seperti yang diketahui sebelumnya, holding BUMN farmasi Bio Farma siap melakukan uji klinis tahap 3 untuk vaksin COVID-19 yang merupakan kerja sama dengan Sinovac Biotech Ltd. dari Tiongkok.

Menurut Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir uji klinis tahap 3 vaksin COVID-19 dijadwalkan akan berjalan selama enam bulan yang rencananya dimulai pada Agustus 2020, sehingga ditargetkan akan selesai pada Januari 2021.

Apabila uji klinis vaksin COVID-19 tahap 3 lancar, kata Honesti, maka Biofarma akan memproduksinya pada kuartal I 2021. Biofarma pun sudah mempersiapkan fasilitas produksi dengan kapasitas produksi maksimal di 250 juta dosis.

3. Uji klinis rencananya akan dilakukan kepada 1.620 subjek

BUMN Optimistis Uji Klinis Vaksin COVID-19 Selesai Awal Tahun 2021Mobile lab Bio Farma (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Vaksin dari Sinovac tiba di Bio Farma pada 19 Juli 2020 sebanyak 2.400 vaksin dan harus melewati beberapa tahapan seperti pengujian di dalam laboratorium Bio Farma dan perizinan lainnya.

Uji klinis itu ini rencananya akan dilakukan kepada 1.620 subjek dengan rentang usia antar 18-59 tahun dan dilaksanakan Bio Farma bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran UNPAD.

Baca Juga: [LINIMASA] Perkembangan Terbaru Vaksin COVID-19 di Dunia

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya