Comscore Tracker

Curhat Awak Kabin Garuda tentang Lelahnya Bekerja di Era Ari Askhara

Ari Askhara dituding pernah membuat pramugari Garuda opname

Jakarta, IDN Times - Sejumlah karyawan PT Garuda Indonesia Tbk yang tergabung dalam Ikatan Awak Kabin Garuda membagi kisah tentang beratnya bekerja pada era Ari Askhara menjabat sebagai dirut. Hal itu mereka sampaikan saat mendatangi Kementerian Badan Usaha Milik Negara pada hari ini, Senin (9/12).

"Contoh, schedule Sydney-Jakarta-Sydney itu harus-nya 3 hari tapi jadi PP (pulang-pergi satu hari). Itu beri dampak tidak bagus kepada awak kabin, sekarang sudah ada 8 orang yang diopname," kata Sekretaris Jenderal IKAGI Jacqueline Tuwanakotta, di Kementerian BUMN.

1. Ari Askhara melanggar janji

Curhat Awak Kabin Garuda tentang Lelahnya Bekerja di Era Ari AskharaIkagi Garuda Indonesia sambangi Kementerian BUMN (IDN Times/Auriga Agustina)

Padahal, kata Jacqueline, pada awal kepemimpinannya di Garuda, Ari Askhara berjanji akan membangun relasi yang baik dengan awak kabin dan seluruh karyawan Garuda. Akan tetapi, selang beberapa bulan berjalan, banyak kebijakan Ari yang dinilai merugikan awak kabin.

Aturan jadwal terbang awak kabin tadi salah satunya. Kebijakan baru Ari meniadakan waktu yang biasanya digunakan untuk beristirahat. Tapi, menurutnya, itu bukan satu-satunya kebijakan Ari yang merugikan awak kabin.

Baca Juga: Fakta-fakta Unik Peluncuran Airbus A330-900neo Garuda Indonesia

2. Ari Askhara ancam mutasi awak kabin jika melakukan sedikit kesalahan

Curhat Awak Kabin Garuda tentang Lelahnya Bekerja di Era Ari AskharaIDN Times / Helmi Shemi

Ada sejumlah kebijakan lain yang dianggap ganjil seperti mutasi dan larangan ikut terbang sebagai hukuman bagi awak kabin. Menurutnya, hukuman mutasi kerap dilakukan tanpa dasar yang kuat.

"Mereka takut, terancam, melakukan kesalahan sedikit langsung dipindahkan ke Papua. Lalu, awak kabin yang harusnya pembinaan di-grounded, grounded itu gak boleh terbang," tuturnya.

3. Kementerian BUMN dibanjiri karangan bunga dari Ikagi

Curhat Awak Kabin Garuda tentang Lelahnya Bekerja di Era Ari AskharaIDN Times / Auriga Agustina

Dia pun mengatakan tujuan kedatangan mereka ke kantor Kementerian BUMN hari ini ialah untuk bersilahturami sekaligus membicarakan soal kondisi perusahaan kepada pihak Kementerian BUMN.

"Hari ini ikagi akan silaturahmi dengan Pak Arya, sehingga ada komunikasi antara kami awak kabin dengan pak Arya. kami akan membuat acara silaturahim, diskusi saja," ujarnya.

Sebelumnya, Ikatan Awak Kabin Garuda Indonesia (Ikagi) menyambut baik pencopotan Ari Askhara dari jabatan Direktur Utama Garuda Indonesia. Mereka menunjukkan apresiasi itu melalui karangan bunga yang kini membanjiri Kementerian BUMN. Menurut mereka, itu sebagai salah satu bentuk syukur ikatan awak kabin atas berakhirnya era Ari Askhara.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: 6 Dirut BUMN di Era Rini Soemarno yang Tersandung Kasus 

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Anata Siregar
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya