Comscore Tracker

Dapat 2 Wakil, Erick Thohir Buka Suara Soal Peran Wamen BUMN

Kinerja Kementerian BUMN perlu diakselerasi

Jakarta, IDN Times - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir telah membagi peran kedua Wakil Badan Usaha Milik Negara (BUMN) periode 2019-2024, yakni Budi Gunadi Sadikin dan Kartika Wrijoatmodjo. Erick menyebut keduanya berperan dalam mengakselerasi kinerja Kementerian BUMN.

“Hal ini sudah disepakati bersama, sehingga masing-masing Wamen dapat bersinergi dengan baik dan mengakselerasi tugas-tugas yang sudah diberikan,” kata Erick, Minggu (3/10)

Baca Juga: Dirut Jadi Wamen, Bank Mandiri Tunjuk Bos Baru Tahun Depan

1. Deputi pembina BUMN diminta melakukan sinkronisasi dengan kedua wamen

Dapat 2 Wakil, Erick Thohir Buka Suara Soal Peran Wamen BUMNANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Wamen BUMN I yakni Budi Gunadi akan bertanggung jawab dalam membina BUMN sektor farmasi, jasa survei, energi, pertambangan industri, strategis, dan media.

Sedangkan, Wamen BUMN II yang diisi oleh Kartika Wrijoatmodjo, akan bertanggung jawab membina BUMN sektor industri agro, liawasan, logistik, pariwisata, jasa keuangan, konstruksi, jasa konsultan, sarana dan prasarana perhubungan.

“Saya juga sudah minta masing-masing deputi pembina BUMN agar dapat melakukan koordinasi dan sinkronisasi dengan para wamen sebagaimana pembagian yang ditetapkan,” ucapnya.

2. Wamen diminta untuk perkuat kinerja

Dapat 2 Wakil, Erick Thohir Buka Suara Soal Peran Wamen BUMNANTARA FOTO/Mohamad Hamzah

Sebelumnya, Presiden Joko "Jokowi" Widodo, telah meminta kedua wamen bertanggung jawab untuk memperkuat kinerja Menteri Kabinet Indonesia Maju, sehingga perubahan-perubahan nyata bisa segera dirasakan.

3. Terdapat 73 perusahaan BUMN

Dapat 2 Wakil, Erick Thohir Buka Suara Soal Peran Wamen BUMNIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sebagai informasi, dalam Surat Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor: SK- 236/MBU/10/2019 tentang Pembagian Badan Usaha Milik Negara Yang Dikoordinasikan Wakil Menteri BUMN. 

Total dari BUMN yang dipegang oleh Wakil Menteri BUMN adalah 121. Di dalam surat tersebut, Wakil Menteri BUMN I bertanggung jawab untuk 48 BUMN. Sementara, Wakil Menteri BUMN II Budi Gunadi Sadikin, bertanggung jawab terhadap 73 BUMN. 

Baca Juga: Erick Thohir Terbitkan SK Pembagian BUMN yang Dikelola 2 Wamen

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Anata Siregar

Just For You