Comscore Tracker

Demi Persiapan HUT TNI, 128 Penerbangan Citilink Dialihkan ke Soetta

Apa saja destinasinya?

Cengkareng, IDN Times - Maskapai Citilink Indonesia mengalihkan sementara sejumlah penerbangan dari Bandara Halim Perdanakusuma ke Bandara Soekarno-Hatta. Menurut VP Corporate Secretary & CSR Citilink Indonesia, Resty Kusandarina mengatakan pengalihan penerbangan itu berlangsung pada (30/9) hingga (5/10). Ia menjelaskan pengalihan penerbangan sebagai bentuk dukungan Citilink terhadap rangkaian kegiatan HUT ke-74 TNI. 

"Hal ini dilakukan sehingga kegiatan operasional penerbangan Citilink tetap berjalan dengan nyaman dan lancar," kata Resty melalui keterangan tertulis yang diterima IDN Times pada Jumat (4/10).

Lalu, apakah hal itu berdampak terhadap operasional Citilink pada periode tersebut? 

1. Sebanyak 128 penerbangan Citilink ke Pulau Jawa dan luar pulau Jawa dialihkan

Demi Persiapan HUT TNI, 128 Penerbangan Citilink Dialihkan ke SoettaIDN Times/Mohamad Ulil Albab

Resty mencatat sebanyak 128 penerbangan Citilink Indonesia dari dan menuju ke Bandara Halim yang terdampak, akan dialihkan ke Bandara Soekarno-Hatta.

"Penerbangan tersebut merupakan destinasi Malang, Yogyakarta, Palembang, Solo, Medan, Semarang, Denpasar, Kulon Progo, dan Silangit," ujar dia. 

Baca Juga: [BREAKING] Citilink Tujuan Medan-Aceh Putar Balik ke Kualanamu 

2. Berikut rincian periode & 128 penerbangan Citilink dialihkan

Demi Persiapan HUT TNI, 128 Penerbangan Citilink Dialihkan ke Soettainstagram.com/citilink

Ia kemudian merinci pada periode 30 September hingga 2 Oktober 2019 ada 72 penerbangan yang dialihkan. Sementara, pada (3/10) ada 28 penerbangan yang dipindahkan ke Bandara Soetta. 

Pada Jumat (4/10) ada 10 penerbangan yang dialihkan. Sementara, pada esok hari akan ada 18 penerbangan digeser ke Bandara Soetta. 

3. Calon penumpang Citilink yang terdampak dapat menghubungi call centre

Demi Persiapan HUT TNI, 128 Penerbangan Citilink Dialihkan ke SoettaIIDN Times/Beautiful Banyuwangi

Resty turut menjelaskan penumpang yang jadwal penerbangannya terdampak dapat melakukan reschedule atau refund sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Caranya dengan menghubungi call center Citilink Indonesia di 0804-1-080808.

“Citilink Indonesia melalui call center juga telah menginformasikan kepada penumpang melalui SMS perihal pengalihan penerbangan dan juga memberikan beberapa pilihan opsi seperti reschedule atau refund demi kenyamanan seluruh penumpang kami," tutur dia. 

4. Bandara Halim Perdanakusuma beroperasi normal setelah pukul 11:00 WIB

Demi Persiapan HUT TNI, 128 Penerbangan Citilink Dialihkan ke SoettaANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Sementara, ketika dikonfirmasi, Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara, Marsekal Pertama TNI Fajar Adriyanto mengatakan penerbangan komersial di Bandara Halim Perdanakusuma mengalami sejumlah penundaan. Selama digunakan TNI AU untuk berlatih, pesawat komersial dilarang melintas. 

"Setelah pukul 11:00 WIB pesawat komersial yang beroperasi di Bandara Halim sudah dapat take off dan landing lagi," kata Fajar pada hari ini. 

Ia mengatakan pihak TNI AU hanya meminta penerbangan komersial untuk menunda aktivitasnya ketika pangkalan udara dibutuhkan untuk kepentingan militer. 

Baca Juga: Mudik 2019: Lonjakan Penumpang Terjadi di Bandara Halim Perdanakusuma

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Santi Dewi

Berita Terkini Lainnya