Comscore Tracker

Dirut Pelindo II Bahas Rencana Holding Pelabuhan dengan Erick Thohir

Dia optimistis holding pelabuhan terwujud tahun depan

Jakarta, IDN Times - Direktur Utama PT Pelindo II Persero Elvyn G Masassya mengatakan program holding pelabuhan untuk Pelindo I hingga IV akan terwujud pada 2020.

"Saya sedang diskusikan secara mendalam dengan Pak Menteri BUMN (Erick Thohir) dan Wakil Menteri BUMN tentang konsep holding yang paling pas," katanya di Kementerian BUMN, Rabu (20/11).

1. Holding diharapkan dapat menguatkan kinerja keuangan

Dirut Pelindo II Bahas Rencana Holding Pelabuhan dengan Erick ThohirIDN Times / Auriga Agustina

Dengan terbentuknya holding, menurutnya, akan ada kekuatan dalam sisi keuangan sebab Pelindo akan menjadi satu legal entitas dengan anak-anak usaha di bawahnya. Pelindo II mendorong terbentuknya holding pelabuhan yang akan membawahi Pelindo I. Pelindo II, Pelindo III, dan Pelindo IV.

"Pola holdingnya sendiri akan kita bahas secara lebih detail. Namun, sudah mulai mengerucut kalau holding ini akan lebih fokus pada holding pelabuhan dan dengan cara ini diharapkan pengelolaan pelabuhannya bisa lebih efisien," katanya.

Baca Juga: Kementerian BUMN Sebut Holding Infrastruktur Terancam Tak Dilanjutkan

2. Pelindo I hingga IV memiliki prinsip bisnis yang sama

Dirut Pelindo II Bahas Rencana Holding Pelabuhan dengan Erick ThohirIDN Times / Auriga Agustina

Elvyn menuturkan mulai dari Pelindo I hingga IV memiliki area pengelolaan berbeda tapi prinsip bisnis yang ditawarkan sama.

"Saya berpandangan bahwa sebaiknya Pelindo dijadikan holding agar satu sistem,  standarisasi operasional sehingga kalau di Tanjung Priok standar angkutnya 30 boks maka di tempat lain harus sama," ucapnya.

3. Holding pelabuhan dianggap paling siap

Dirut Pelindo II Bahas Rencana Holding Pelabuhan dengan Erick ThohirIDN Times / Auriga Agustina

Sebelumnya, Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga, mengatakan program holding pelabuhan paling siap diwujudkan dalam waktu dekat, dibandingkan rencana holding BUMN sektor lainnya.

"Yang sudah positif adalah holding pelabuhan. Namun kami masih melihat apakah nanti fungsi Pelindo ini disatukan, lalu apakah akan dibuat per lokasi. Kami belum tahu," tuturnya.

Baca Juga: Rini Titipkan PR Soal Holding BUMN pada Erick Thohir

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Anata Siregar

Just For You