Comscore Tracker

Dorong UMKM Go Digital, Kemenkop UKM dan Blibli Luncurkan KUMKM Hub

Pelaku UMKM bisa dapat benefit lho

Jakarta, IDN Times - Kementerian Koperasi dan UKM menggandeng platform belanja online Blibli.com dalam menggagas wadah khusus untuk UMKM yang bernama KUMKM Hub. Wadah ini untuk mempercepat para pelaku UMKM bisa masuk ke dalam
perdagangan digital.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan selain mendorong percepatan UMKM ke pasar digital, program tersebut untuk membantu pelaku UMKM yang terdampak virus corona atau COVID-19.

"Pemerintah sedang meringankan beban keuangan UMKM yang terdampak Covid, tapi kita juga ingin mendorong demand-nya," ujarnya, Rabu (20/5).

1. UMKM berkontribusi 60 persen terhadap PDB

Dorong UMKM Go Digital, Kemenkop UKM dan Blibli Luncurkan KUMKM HubIlustrasi UMKM (ANTARA FOTO/Fauzan)

Dia mengatakan pelaku usaha di Indonesia mayoritas merupakan UMKM. Jumlahnya mencapai sekitar 64 juta unit usaha. Hal itu berkontribusi kepada perekonomian dalam negeri cukup siginifikan, yakni 60 persen dari total share produk domestik bruto ( PDB).

Menurut Teten, dengan adanya pandemik corona yang berlangsung sudah cukup lama ini, pola kebiasaan masyarakat dalam berbelanja pun berangsur berubah. Kondisi ini harus disikapi secara positif dan dijadikan peluang bagi laju pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Kami merasa penting mendorong UMKM masuk ke market digital, yang saat ini baru 13 persen atau sekitar delapan juta. Selama ini mereka lah yang bisa tumbuh. Saya senang sekali bisa kerja sama dengan Blibli memasarkan produk UMKM melalui kanal khusus KUMKM Hub, Blibli punya komitmen itu," ucapnya.

Baca Juga: 99 Persen Pengusaha Pelaku UMKM, Teten Masduki: Mereka Paling Terpukul

2. Pelaku UMKM bisa dapat insentif Rp2 juta per unit

Dorong UMKM Go Digital, Kemenkop UKM dan Blibli Luncurkan KUMKM HubKusumo Martanto, CEO Blibli.com (Tangkap Layar Live Kemenkop UMKM))

Sementera itu, CEO Blibli Kusumo Martanto mengatakan saat ini UMKM yang tergabung dalam KUMKM Hub yang disediakan oleh Blibli.com belum begitu banyak. Bagi mereka yang sudah bergabung bakal mendapatkan berbagai benefit dalam pelaksanaan menunjang penjualan di platformnya.

Salah satu benefitnya, kata Kusumo, yakni insentif senilai Rp2 juta per unit UMKM. "Kita berikan promosi, kita menyediakan dana awal untuk promosi sekitar Rp2 juta, gratis untuk setiap UMKM yang kita akan promosikan," ujar Kusumo.

3. Berikut benefit lain yang bisa di dapat

Dorong UMKM Go Digital, Kemenkop UKM dan Blibli Luncurkan KUMKM HubBlibli luncurkan kampanye dukung gerakan #KarenaLokalNo1 dukung gerakam #BanggaBuatIndonesia (Dok. Blibli)

Selain dana promosi, ada benefit lain yang bakal diterima pelaku UMKM dari program tersebut di antaranya penghapusan biaya dari awal hingga pelatihan. 

"Terutama untuk teman yang bergabung selama pandemi ini kita proses on boardingnya akan mudah, kita akan bantu tapi standarnya tetap jalan. Kalau perlu dukungan logistik dengan warehouse pun kita juga bantu kita berikan pelatihan, semua benefit yang ada termasuk menghilangkan komisi kita lakukan," ujar Kusumo.

Menurutnya, tidak ada ketentuan khusus bagi UMKM yang ingin bergabung, semua mendapatkan hak yang sama. Hal pertama yang mereka nilai adalah kebersihan dan keamanan produk yang mereka tawarkan.

Baca Juga: Blibli Ajak Masyarakat Dukung Produk Lokal, Ini Caranya!

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya