Comscore Tracker

Duh, KFC Tutup Sementara 33 Gerai Imbas Pandemik COVID-19

KFC mencatatkan rugi pada kuartal III

Jakarta, IDN Times - PT Fast Food Indonesia Tbk atau FAST, yang merupakan emiten pengelola restoran cepat saji KFC menutup sementara sebanyak 33 gerai milik mereka akibat pandemik COVID-19.

"Faktor pertama karena gerai KFC berada di transit point seperti bandara atau stasiun, kedua karena area properti di mana gerai KFC berada tutup sementara," tulis pengumuman yang dikutip, Rabu (16/12/2020).

Kendati begitu jika nantinya kondisi mulai membaik, KFC berencana membuka kembali gerai tersebut.

1. KFC rugi kuartal III 2020

Duh, KFC Tutup Sementara 33 Gerai Imbas Pandemik COVID-19Ilustrasi Logo Restoran Cepat Saji (IDN Times/Besse Fadhilah)

Lebih lanjut, hingga 30 September 2020 Fast Food Indonesia Tbk mencatatkan rugi Rp283,2 miliar, padahal pada periode yang sama tahun lalu KFC untung Rp124,4 miliar.
Kerugian itu disebabkan merosotnya penjualan selama periode Juli hingga September 2020.

Mengutip keterbukaan Informasi BEI, perusahaan dengan kode emiten FAST itu melaporkan total pendapatan sebesar Rp 3,58 triliun, angka tersebut turun signifikan dibanding periode yang sama pada tahun lalu, yakni sebesar Rp 5,01 triliun.

Baca Juga: Strategi Membangun Bisnis Kuliner agar Tidak Bangkrut

2. KFC sudah berusaha menutup kerugian

Duh, KFC Tutup Sementara 33 Gerai Imbas Pandemik COVID-19Ilustrasi Gerai KFC (IDN Times/Sunariyah)

Dalam pengumuman keterbukaan informasi BEI, manajemen KFC mengaku bahwa pihaknya sudah melakukan berbagai upaya untuk mengurangi pengeluaran, namun ternyata hal itu tak berdampak untuk menutup kerugian.

"Kami sudah melakukan beberapa inisiatif untuk mengurangi biaya pengeluaran seperti biaya .operasional, gaji karyawan, rental, listrik, dll supaya breakeven point kita bisa dikurangi juga. Tetapi setelah dikurangi, tetap penjualan belum mencapai ke titik breakeven point. Karena itu tetap ada kerugian. Kalau penjualan bisa mencapai Rp500 miliar – Rp520 miliar, kita baru bisa sampai ke breakeven point," tulis pengumuman itu.

 

3. KFC gencar melakukan promo untuk meraih untung

Duh, KFC Tutup Sementara 33 Gerai Imbas Pandemik COVID-19Ilustrasi Promo/Diskon (IDN Times/Arief Rahmat)

Untuk meraih profit, saat ini KFC mengaku gencar melakukan promosi agar penjualan bisa mencapai Rp5 miliar ke atas. Kemudian pada 2021 pihaknya optimistis penjualan bisa mencapai Rp7 miliar.

"Namun saat ini kami masih berusaha menyusun budgetnya, karena masih banyak inisiatif yang kami lakukan untuk efisiensi dari aspek pembiayaan," ujar manajemen.

Setelah kondisi mulai membaik, KFC akan membuka 25 gerai lagi yang akan dibangun dengan desain dan konsep yang menarik di berbagai lokasi.

Baca Juga: Virus Corona Gerogoti Bisnis KFC, Sudah 4.998 Karyawan Dirumahkan

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya