Comscore Tracker

Erick Pede Penanganan COVID-19 Lebih Baik Dibanding Amerika dan Italia

Pemerintah akan berupaya menyempurnakan protokol kesehatan

Jakarta, IDN Times - Ketua Pelaksana Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional atau PEN Erick Thohir, mengklaim penanganan COVID-19 di Indonesia masih lebih baik jika dibandingkan Prancis, Italia dan Amerika Serikat (AS).

Menurut dia, saat ini, tingkat kesembuhan Corona di Indonesia mencapai 71,51 persen, tingkat kematian 3,99 persen, dan kasus aktif 24,50 persen. Sementara tingkat kesembuhan di Prancis 23,37 persen, tingkat kematiannya di kisaran 8,11 persen, dengan kasus aktif 68,53 persen.

"Kalau kita bandingkan dengan Amerika itu kesembuhan 59,25 persen, kematian 2,96 persen, kasus aktif 37,79 persen. Lalu Italia tingkat kesembuhan 74,24 persen, kematian sangat tinggi 12,38 persen, dan kasus aktif 13,38 persen. Jadi kalau kita bandingkan Indonesia dengan Prancis, Amerika, dan Italia kita dalam yang baik," katanya, melalui virtual, Selasa kemarin.

1. Indonesia belum bisa mengalahkan Jepang

Erick Pede Penanganan COVID-19 Lebih Baik Dibanding Amerika dan ItaliaIlustrasi virus corona (IDN Times/Sukma Shakti)

Baca Juga: [LINIMASA] Perkembangan Terbaru Vaksin COVID-19 di Dunia

Kendati begitu, menurutnya Indonesia belum mampu mengalahkan Jepang, hal ini tercermin dari tingkat kematian Indonesia yang saat ini masih di angka 3,99 persen.

"Kalau kita bandingkan dengan Jepang yang memang kita ketahui bagaimana masyarakatnya punya tingkat disiplin yang luar biasa. Jepang saya rasa tingkat kesembuhannya tinggi sekali 88,94 persen, kemudian tingkat kematian juga sangat rendah di bawah 2 persen, dan kasus aktifnya kurang lebih 9,15 persen," kata Erick.

2. Pemerintah akan berupaya menyempurnakan protokol kesehatan

Erick Pede Penanganan COVID-19 Lebih Baik Dibanding Amerika dan ItaliaErick Thohir di acara kampanye protokol kesehatan jelang pilkada 2020 di Polda Metro Jaya (Dok. Humas Polda Metro Jaya)

Erick menjelaskan, sejauh ini pemerintah terus berupaya menyempurnakan protokol kesehatan, yang menghasilkan penurunan tingkat kematian.

"Penting sekali tingkat kematian menjadi prioritas untuk menjaga tren kita yang awalnya 8 persen, turun, akhirnya sekarang bisa hit 3,99 persen. Tidak lain ini karena tentu protokol yang terus kita sempurnakan," ujarnya.

3. Pemerintah akan fokus penanganan kesehatan dari penyebaran COVID-19

Erick Pede Penanganan COVID-19 Lebih Baik Dibanding Amerika dan ItaliaIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Adapun menurut dia, di tahun 2020 ini pemerintah akan fokus untuk penanganan kesehatan dari penyebaran COVID-19.

"Timeline yang sudah disepakati Komite yang selalu kita bicarakan dengan berbagai kementerian, masyarakat semua, tokoh masyarakat, tokoh agama. bahwa tidak bisa dibalik-balik. Tahun 2020 ini kita harus fokus yang namanya kesehatan atau protokol COVID-19," ujarnya.

Baca Juga: Luhut Ditunjuk Presiden Turunkan Kasus COVID-19 di 9 Provinsi

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya