Comscore Tracker

Erick Thohir Buka Suara Soal Wakil Menteri Rangkap Jabatan 

Apakah wamen boleh rangkap jabatan?

Jakarta, IDN Times - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir membeberkan alasan dirinya membolehkan wakil menteri di kementeriannya melakukan rangkap jabatan. Menurutnya, hal itu bukanlah kebijakan baru yang dilakukan oleh Kementerian BUMN.

"Kenapa Pak Tiko (Kartika Wiroatmodjo) saya ganti ke BRI, setelah dipikir-pikir Pak Tiko kan pernah di Mandiri. Ada bagusnya Pak Tiko lebih baik ke BRI yang bidangnya beda dan lebih mikro," kata Erick di Gedung Kementerian BUMN, Jumat (21/2).

Saat ini, Wakil I Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin juga menjabat sebagai Wakil Komisaris Utama di PT Pertamina, sementara Wakil II Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo alias Tiko menjabat sebagai Komisaris Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk.

1. Ini alasan Erick menunjuk Budi sebagai Wakil Komisaris Utama PT Pertamina

Erick Thohir Buka Suara Soal Wakil Menteri Rangkap Jabatan Menteri BUMN Erick Thohir (IDN Times/Shemi)

Selanjutnya, Erick menjelaskan alasannya menempatkan Budi Gunadi Sadikin di Pertamina lantaran dia dinilai layak untuk mengawasi perusahaan pelat merah yang bergerak di bidang minyak dan gas.

"Sama juga kenapa kita perlu (Budi) di Pertamina," ujarnya. Budi Gunadi Sadikin merupakan mantan Direktur Utama induk holding pertambangan yakni MIND. Dia merupakan lulusan teknik nuklir dari Institut Teknologi Bandung.

Baca Juga: Gelar RUPST, Bank BRI Sepakat Bagikan Deviden 60 Persen dari Laba Bersih

2. Erick: selama tak melanggar aturan tidak masalah

Erick Thohir Buka Suara Soal Wakil Menteri Rangkap Jabatan IDN Times / Auriga Agustina

Erick juga mengatakan sejatinya tak ada masalah meletakkan siapa saja di jajaran komisaris BUMN asal hal itu tidak melanggar aturan. "Saya rasa semua ada alasannya," ujarnya.

Dia mengatakan pemerintah melalui Kementerian BUMN tidak sembarangan menunjuk seseorang untuk mengisi jabatan di jajaran komisaris perusahaan pelat merah. Sebab, pihaknya bakal melihat seperti apa rekam jejak figur-figur tersebut.

3. Kartika Wirjoatmodjo disahkan menjadi Komisaris Utama BRI dari sebelumnya di Mandiri

Erick Thohir Buka Suara Soal Wakil Menteri Rangkap Jabatan IDN Times/Helmi Shemi

Sebagai informasi, BRI baru saja melakukan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan atau RUPST. Dalam agenda tersebut, perseroan mengangkat Tiko sebagai Komisaris Utama. Sebelumnya, menjabat sebagai Komisaris Utama Bank Mandiri.

Selain itu, Budi Gunadi Sadikin resmi menjadi Wakil Komisaris Utama Pertamina pada November lalu.

Baca artikel menarik lainnya di IDN App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Rombak Direksi, Erick Thohir Tunjuk Herry Sidharta Jadi Dirut BNI

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya