Comscore Tracker

Erick Thohir Layangkan Surat untuk Menteri ESDM, Ada Apa? 

Urusan menggarap lahan bekas Freeport

Jakarta, IDN Times - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan dirinya telah menyurati Menteri ESDM Arifin Tasrif. Hal itu dilakukan lantaran dia memerintahkan PT Antam Tbk untuk mengelola tambang bekas garapan PT Freeport Indonesia.

“Karena itu kami mengirim surat ke Menteri ESDM, sebagai perusahaan BUMN kita harapkan, berkoordinasi dengan BKPM agar alokasi yang sudah diberikan Freeport kepada negara diprioritaskan ke BUMN dalam mengelola emas itu,” katanya melalui virtual, Selasa (22/9/2020).

1. Ini supaya Antam memiliki tambang emas sendiri

Erick Thohir Layangkan Surat untuk Menteri ESDM, Ada Apa? kota Kuala kencana PT Freeport Indonesia

Dia mengatakan saat ini, PT Antam memiliki karyawan yang banyak. Namun, perusahaan tersebut hanya menjual produk emas tetapi tidak memiliki tambangnya.

“Apalagi sangat menyakitkan kalau kita lihat bagaimana prospek emas ini menjadi supply yang besar, dalam kondisi seperti ini harga emas sangat baik. Jadi kita beranikan diri masuk ke lahan eks Freeport itu,”ujarnya.

Baca Juga: Tantangan Dirut Antam Baru: Tahun Depan, Tidak Boleh Ekspor Nikel

2. Direksi lama dinilai tidak mampu memenuhi KPI

Erick Thohir Layangkan Surat untuk Menteri ESDM, Ada Apa? RUPST PT Aneka Tambang atau Antam (Dok. Istimewa)

Dengan kondisi tersebut, beberapa waktu lalu Kementerian BUMN merombak jajaran direksi PT Antam. Direksi lama dinilai tak bisa memenuhi key performance indicator (KPI) yang telah ditetapkan.

“Jadi memang masalah KPI-nya tidak bisa diterima, oleh karena itu kita adakan pergantian (direksi). Sekarang kita perbaiki, insyaallah nanti ada solusi,”ujarnya.

3. Perombakam direksi Antam dilakukan pada Desember 2019

Erick Thohir Layangkan Surat untuk Menteri ESDM, Ada Apa? RUPST PT Aneka Tambang atau Antam (Dok. Istimewa)

Pada Desember 2019 lalu Antam melakukan perombakan di tubuh direksi dan komisaris melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). Dana Amin resmi diangkat menjadi Direktur Utama Antam, menggantikan Arie Prabowo Ariotedjo.

Selain mengubah direktur utama, RUPSLB Antam juga mengangkat Anton Herdianto sebagai direktur keuangan menggantikan Dimas Wikan Pramuditho dan mengangkat Rosono sebagai direktur pengembangn usaha menggantikan Sutrisno Tatetdagat. 

Baca Juga: Dirut Antam Dicopot Erick Thohir karena Lamban sebagai Eksekutor

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya