Comscore Tracker

Erick Thohir Pastikan BUMN Tak Bisa Lagi Sulap Laporan Keuangan 

Ia akan memperketat pengawasan

Jakarta, IDN Times - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir akan memastikan tidak ada lagi perusahaan pelat merah yang akan memanipulasi laporan keuangan.

"Deputi Keuangan di BUMN sendiri ke depan akan kita push bahwa tidak ada lagi di BUMN-BUMN itu yang namanya laporan keuangan itu sulap-sulapan," kata Erick ditemui di Kementerian Luar Negeri, Kamis (9/1).

1. Erick Thohir akan perketat pengawasan

Erick Thohir Pastikan BUMN Tak Bisa Lagi Sulap Laporan Keuangan Erick Thohir menyampaikan keterangan pers kepada awak media (IDN Times/Auriga Agustina)

Erick menuturkan pihaknya tak ingin kejadian manipulasi laporan keuangan terulang kembali, untuk itu pihaknya akan memperketat pengawasan.

"Nah ini kan bahaya. Nah itu kenapa kita punya Deputi Keuangan yang akan menertibkan hal-hal seperti ini, tipu menipu gak ada lagi," jelasnya.

2. Erick Thohir berharap direksi BUMN saat ini dapat bekerja profesional

Erick Thohir Pastikan BUMN Tak Bisa Lagi Sulap Laporan Keuangan Ikagi Garuda Indonesia sambangi Kementerian BUMN (IDN Times/Auriga Agustina)

Erick Thohir berharap direksi BUMN yang saat ini sedang menjabat bisa bekerja secara profesional dan transparan.

"Sekarang banyak sekali direksi BUMN-BUMN yang baru ini kan tingkat kredibilitasnya tinggi. Ya kita akan support mereka yang benar-benar mau bekerja secara profesional dan transparan," ucapnya.

Baca Juga: Laporan Keuangan Jelek, Jiwasraya Malah Jadi Sponsor Manchester City

3. Garuda Indonesia dan Asuransi Jiwasraya manipulasi laporan keuangan

Erick Thohir Pastikan BUMN Tak Bisa Lagi Sulap Laporan Keuangan (Ilustrasi logo Jiwasraya) IDN Times/Irfan Fathurohman

Sebelumnya PT Garuda Indonesia Tbk sempat melakukan kecurangan dengan memoles laporan keuangan mereka. Pada 2018, Garuda Indonesia melaporkan perseroan mencetak laba bersih US$ 809,84 ribu padahal Garuda Indonesia mengalami kerugian.

Tak hanya itu, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) juga menyebut bahwa untung yang dicatatkan PT Asuransi Jiwasraya pada 2006 salah satunya karena hasil manipulasi laporan keuangan.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Dinilai Otak Atik Laporan Keuangan, Garuda Indonesia Kena Sanksi OJK

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya