Comscore Tracker

Garuda Indonesia Usulkan Insentif untuk Penumpang Berupa Voucher 

Pemerintah putuskan memberi insentif diskon hingga 50 persen

Jakarta, IDN Times - Pemerintah memutuskan memberikan insentif diskon hingga 50 persen untuk porsi 25 persen kursi penerbangan dengan tujuan ke-10 destinasi wisata. Kendati begitu, PT Garuda Indonesia Tbk mengusulkan agar insentif yang diberikan oleh pemerintah berupa voucher.

"Kita mengusulkan cara yang baru, pake kupon deh, pakai voucher aja," kata Direktur Utama Garuda, Irfan Setiaputra di Jakarta, Kamis (27/2).

Pemerintah telah memutuskan untuk memberikan insentif di berbagai sektor terutama yang mendukung pariwisata untuk mengantisipasi dampak virus corona. Untuk penerbangan, pemerintah menyebut akan memberikan diskon hingga 50 persen.

1. Skema yang disebut hampir sama dengan cashback

Garuda Indonesia Usulkan Insentif untuk Penumpang Berupa Voucher IDN Times / Auriga Agustina

Pada kesempatan yang sama, Komisaris Utama Garuda Triawan Munaf menjelaskan bahwa skema yang diusulkan tersebut hampir sama dengan cashback. Nantinya, calon penumpang melakukan pembelian tiket secara penuh terlebih dahulu, setelah itu konsumen akan diberikan voucher sesuai dengan diskon yang ditentukan.

"Ini usulan dari Garuda agar penumpang kalau mau terbang mungkin angkanya bayarnya tetap, tapi mereka dapat voucher senilai diskonnya, cashback," tuturnya.

Baca Juga: Evakuasi WNI dari Wuhan, Awak Pesawat Dapat Insentif hingga Rp50 Juta

2. Dia berharap usul itu dapat dipertimbangkan oleh pemerintah

Garuda Indonesia Usulkan Insentif untuk Penumpang Berupa Voucher Triawan Munaf (IDN Times/Panji Galih Aksoro)

Dia berharap usulan tersebut dapat dipertimbangkan untuk digunakan oleh pemerintah dalam memberikan insentif penerbangan.

"Pastinya Menhub (Menteri Perhubungan) akan lebih memikirkan itu, dengan voucher itu langsung pas pembelian tiket dapat diskon atau dia membeli tiket full, dan (diusulkan) voucher itu bisa diuangkan, dikembalikan uangnya. Ini masih dibicarakan," ujarnya.

3. Dengan adanya insentif, masyarakat diharapkan lebih bergairah untuk berlibur

Garuda Indonesia Usulkan Insentif untuk Penumpang Berupa Voucher Komisaris Utama PT Garuda Indonesia Tbk, Triawan Munaf. (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Dengan adanya insentif tersebut, pihaknya juga berharap masyarakat semakin bergairah untuk berlibur.

"Sebetulnya kita sedang memperjuangkan sendiri, tapi ditambah insentif ini, Alhamdulillah, ini akan memberikan stimulus," tutup Triawan.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Virus Corona Memukul Pariwisata, Menkeu Siapkan Insentif Rp10 Triliun

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya