Comscore Tracker

Ide Kreatif Lebih Penting Ketimbang Modal, Ini Tips untuk Mulai Bisnis

Langkah-langkah penting awali bisnis, langsung dari ekonom

Jakarta,  IDN Times - Sulitnya mencari pekerjaan masih manjadi masalah yang sering di temui di Tanah Air. Orang yang memiliki gelar pendidikan dengan lapangan pekerjaan jumlahnya tidak seimbang.Berdasarkan data Badan Pusat Stastik (BPS) Jumlah pengangguran di Indonesia pada Februari 2019 tercatat 6,82 juta orang.

Maka, tak heran jika saat ini banyak sekali orang yang ingin mencoba peruntungan lewat dunia bisnis, masalahnya masih banyak orang yang bingung apa saja yang harus disiapkan untuk memulai bisnis agar tidak salah langkah?

1. Pertimbangkan kondisi internal seperti modal dan skill

Ide Kreatif Lebih Penting Ketimbang Modal, Ini Tips untuk Mulai Bisnisunsplash.com/@blakewisz

David Samuel kepala Ekonom Bank Central Asia (BCA) mengatakan, sebaiknya jika ingin memulai bisnis perhatikan terlebih dahulu kondisi internal. Misalnya seperti modal, keterampilan dan koneksi yang bisa membantu dalam berbisnis.

"Walaupun modal terbatas ada beberapa kita yang bisa kita lakukan untuk mengantisipasi masalah itu," katanya, saat di hubungi oleh IDN Times, Selasa (7/5).

Dia bilang, di era digital saat ini lebih penting ide kreatif daripada modal, ambil contoh saat ini banyak sekali start up yang menjamur, menurutnya hal itu didukung oleh gagasan kreatif yang dituangkan oleh generasi millenial. "Seperti startup misalnya, sebenarnya itu muncul dari ide dulu, nah dari ide itu akan muncul mekanisme pendanaan," tambahnya.

Baca Juga: 4 Bisnis Unik Antimainstream Saat Bulan Puasa

2. Melakukan observasi

Ide Kreatif Lebih Penting Ketimbang Modal, Ini Tips untuk Mulai Bisnisunsplash.com/@clemono2

Dalam berbisnis, kata David, observasi sangat penting dilakukan agar kita mengetahui bagaimana kondisi pasar. Misalnya mengamati di lokasi bisnis tertentu yang menarik bagi kita dan prospektif untuk jangka panjang.

3. Dengarkan pengalaman mereka yang sudah ahli di bidangnya

Ide Kreatif Lebih Penting Ketimbang Modal, Ini Tips untuk Mulai BisnisUnsplash/Mimithian

Sebelum melakukan observasi bisnis tertentu, David menyarankan kamu untuk berdiskusi terlebih dahulu dengan orang yang lebih ahli di bidang bisnis tersebut. Misalnya kamu akan mengobservasi bisnis makanan, coba bicara dengan seseorang yang sudah sukses menjalankan bisnis itu.

3. Jangan mudah menyerah

Ide Kreatif Lebih Penting Ketimbang Modal, Ini Tips untuk Mulai Bisnisunsplash.com/Brooke Cagle

Selanjutnya menurut David, yang paling utama jika ingin memulai bisnis jangan mudah menyerah, "kalau kita lihat orang-orang yang sukses termaksud millenial yang sukses, awalnya memang mengalami kegagalan tapi dari situ mereka bisa belajar, " tuturnya.

Dia menambahkan, kegagalan bisa dijadikan sebagai sebuah ongkos pembelajaran karena pengalaman adalah ilmu yang paling berharga.

4. Jangan sampai takut sebelum mencoba

Ide Kreatif Lebih Penting Ketimbang Modal, Ini Tips untuk Mulai Bisnisunsplash.com/rawpixel.com

Terakhir, hindari rasa takut jika ingin terjun ke dunia bisnis. Selama ini, kebanyakan sifat berani hanya muncul jika kita memiliki modal yang cukup saja. Ada baiknya, mulai sekarang mindset tersebut diubah. Soalnya, keberanian merupakan salah satu kunci sukses menjadi seorang pengusaha. Jadi jangan takut dan ragu-ragu. Mulailah melangkah dan persiapkan hal-hal tadi untuk memulai bisnismu!

Baca Juga: Tidak Semua Kegagalan Harus Kamu Alami untuk Sukses, Ini 5 Alasannya!

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Anata Siregar

Just For You