Comscore Tracker

IHSG 11 Agustus Diramal Menguat, Ini Rekomendasi Saham yang Cuan 

Asing melakukan aksi jual Rp477,92 miliar

Jakarta, IDN Times - Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG, ditutup menguat 13,94 poin atau 0,27 persen ke level 5.157, pada perdagangan Senin (10/8/2020). Sebanyak 223 saham menguat, 194 saham melemah, dan 173 saham tidak mengalami perubahan.

Investor membukukan transaksi sebesar Rp7,28 triliun dengan volume transaksi sebesar 9,898 miliar saham, dan frekuensi sebanyak 639,755 kali.

1. Investor masih menunggu data neraca pembayaran yang bakal dirilis

IHSG 11 Agustus Diramal Menguat, Ini Rekomendasi Saham yang Cuan Ilustrasi Penurunan Harga Saham/Bearish (IDN Times/Arief Rahmat)

Kendati IHSG menguat, namun asing melakukan aksi jual sebesar Rp477,92 miliar. Kepala Riset Reliance Sekuritas, Lanjar Nafi mengatakan menguatnya IHSG lantaran investor masih mencari katalis diawal pekan dan menunggu data neraca pembayaran yang akan rilis hari selasa dengan ekspektasi difisit melebar hingga $10 miliar.

"Investor asing kembali melakukan aksi jual bersih sebesar Rp477,92 miliar dengan saham TOWR atau Sarana Menara Nusantara Tbk, Telekomunikasi Indonesia Tbk atau TLKM dan ASII (Astra International Tbk) menjadi top net sell value," katanya.

Baca Juga: [WANSUS] Tips Investasi Ala Komisaris BEI Hingga Cerita Menteri Luhut

2. Sektor pertanian menguat 1,24 persen

IHSG 11 Agustus Diramal Menguat, Ini Rekomendasi Saham yang Cuan Pengunjungi mengamati layar pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Pada hari ini, (10/8/2020), sektor pertanian menguat 1,24 persen dan industri dasar menguat 1,35 persen. Kenaikan lebih dari satu persen ini menjadi penopang pergerakan IHSG meskipun sempat bergerak terkonsolidasi sejak awal sesi perdagangan. 

Pergerakan indeks saham sempat terkonsolidasi saat saham-saham sektor aneka industri minus 2,00 persen dengan saham PT Astra International Tbk atau ASII yang turun hampir 3 persen pada perdagangan hari ini.

3. Berikut saham yang menjadi rekomendasi besok

IHSG 11 Agustus Diramal Menguat, Ini Rekomendasi Saham yang Cuan ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Lanjar memprediksi secara teknikal IHSG pada perdagangan besok, Selasa (11/10/2020) akan menguat. Karena itu, dia merekomendasikan beberapa saham berikut untuk diperdagangkan:

PT Adaro Energy Tbk atau ADRO

PT Astra Agro Lestari Tbk atau AALI

PT Bank Cimb Niaga Tbk atau BNGA

PT Erajaya Swasembada Tbk atau ERAA

PT Indika Energy Tbk atau INDY

Baca Juga: Heboh soal Saham Gorengan, Jouska Bantah Bawa Klien Investasi di LUCK

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya