IHSG Dibuka Melemah, Ternyata Ini Penyebabnya

Susunan kabinet Jokowi yang hoaks bukan menjadi pengaruh

Jakarta IDN Times - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka melemah. 2,180 poin atau 0,03 persen ke level 6.339 pada pembukaan perdagangan pagi ini, Rabu (17/7).

Sejumlah 827,89 juta saham diperdagangkan pagi hari ini dengan frekuensi 13.219 kali transaksi dan nilai transaksinya mencapai Rp294,14 miliar.

1. Rupiah mempengaruhi pergerakan

IHSG Dibuka Melemah, Ternyata Ini PenyebabnyaIDN Times / Auriga Agustina

Analis Panin Sekuritas, William Hartanto menilai, penyebab terkoreksinya IHSG pagi ini karena ada beberapa sentimen dari dalam negeri yang ikut mempengaruhi pergerakan IHSG, seperti misalnya melemahnya mata uang rupiah pada pembukaan pasar hari ini.

Sementara itu ia menjelaskan, susunan kabinet Joko "Jokowi" Widodo yang tersebar di media sosial dan dinyatakan hoaks oleh Kemenkominfo, bukan menjadi sentimen yang membuat IHSG terjungkal pada pembukaan perdagangan hari ini. Alasannya adalah pelaku pasar belum mengetahui daftar kabinet yang sebenarnya.

"Gak mempengaruhi, karena mereka juga belum mengetahui daftar kabinet yang sebenarnya nanti," jelasnya.

2. Ini faktor eksternal yang menyebabkan IHSG melemah

IHSG Dibuka Melemah, Ternyata Ini PenyebabnyaANTARA FOTO/REUTERS/Jonathan Ernst

Selain itu ia mengatakan, dari faktor eksternal pernyataan Donald Trump terkait masih panjangnya menuju kesepakatan dagang dengan China juga menjadi sentimen penggerak IHSG hari ini.

"Dari eksternal karena pernyataan Donald trump tentang valuasi jalan panjang damai dagang, dan tutupnya beberapa sekuritas seperti Merrill Lynch menimbulkan kekhawatiran pasar," katanya kepada IDN Times.

3. IHSG diprediksi melemah hingga penutupan perdagangan

IHSG Dibuka Melemah, Ternyata Ini PenyebabnyaANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Ia memprediksi, hingga penutupan perdagangan nanti, IHSG masih cenderung melemah 6380 - 6420.

Faktor penyebabnya, selain masih sentimen yang sama seperti pagi ini, ia mengatakan, pelaku pasar yang menanti kebijakan Bank Indonesia (BI) untuk menurunkan suku bunga Kamis (18/7), turut mempengaruhi IHSG.

4. Kemarin IHSG melemah

IHSG Dibuka Melemah, Ternyata Ini PenyebabnyaIDN Times/Auriga Agustina

Sebagai informasi, kemarin Selasa (16/7), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah 16,35 poin atau 0,25 persen ke level 6.401.

Dennies Christoper, Analis Artha Sekuritas mengatakan, sentimen yang mempengaruhi pergerakan IHSG kemarin adalah aksi profit taking, setelah Senin mengalami kenaikan yang cukup tajam.

Baca Juga: IHSG Berhasil Menguat, Investor Asing Masih Enggan Kembali

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You