Comscore Tracker

IHSG Diramal Positif Pekan Depan, Belanja Saham-saham Ini Biar Untung

Simak saham apa saja yang menjadi rekomendasi analis

Jakarta, IDN Times - Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG diprediksi bisa mencapai level 5.000 pada Senin (8/6). Analis Binaartha Sekuritas Nafan Aji meramalkan IHSG akan berada di support range pada level 4865.27 hingga 4778.71. Sementara itu resistance pertama mau pun kedua memiliki range pada 4975.54 hingga 5097.14.

Perlu diketahui, pada penutupan perdagangan pekan lalu IHSG ditutup di level 4.967,78 atau hampir menembus 5.000. Lantas apa saja yang akan mewarnai pergerakan pasar saham pada perdagangan pekan depan?

1. Pasar menyambut positif re-opening perekonomian

IHSG Diramal Positif Pekan Depan, Belanja Saham-saham Ini Biar UntungIlustrasi memantau pergerakan saham. ANTARA FOTO/Reno Esnir

Nafan mengatakan laju IHSG pekan depan bakal diwarnai dengan re-opening perekonomian yang disambut positif oleh pasar. Sebagaimana diketahui, beberapa perkantoran mulai dibuka pada Senin (8/6), sebab Provinsi Gubernur Anies Baswedan menjadikan Juni sebagai masa transisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Kemudian, kata Nafan, rupiah yang menguat juga menjadi pengaruh IHSG pada pekan depan. Pada pekan lalu rupiah sempat tembus 14.600, Gubernur BI Perry Warjiyo optimistis rupiah terhadap dolar bisa berada di bawah Rp14.600.

2. Ini sentimen untuk IHSG dari segi eksternal

IHSG Diramal Positif Pekan Depan, Belanja Saham-saham Ini Biar UntungPengunjungi mengamati layar pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Hal yang sama juga disampaikan oleh Direktur Anugerah Investama Hans Kwee. Dia mengatakan IHSG pekan depan diperkirakan akan konsolidasi menguat dengan support di level 4851 sampai 4704 sampai 5014 sampai 5112.

Dari segi eksternal tenaga kerja Amerika Serikat akhir pekan lalu yang membaik dibandingkan perkiraan oleh pelaku pasar, turut mendorong kepercayaan investor.

"Pengangguran membaik ke level 13,3 persen mengindikasikan pemulihan ekonomi yang lebih cepat," katanya.

Kendati demikian kata dia, data pertumbuhan ekonomi Eropa akan menjadi sentiment negative pasar.

"Kami perkirakan data ekonomi berbagai Negara masih akan jelek terimbas penguncian ekonomi akibat pandemik COVID-19," ucapnya.

3. Berikut saham yang menjadi rekomendasi pekan depan

IHSG Diramal Positif Pekan Depan, Belanja Saham-saham Ini Biar UntungIlustrasi stimulus ekonomi. (IDN Times/Mia Amalia)

Nafan merekomendasikan beberapa saham untuk diperdagangkan pada pekan depan di antaranya:

  • PT Bekasi Fajar Industrial Estate Tbk (BEST ) dengan target harga Rp111 - Rp132 per saham
  • PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) dengan target harga Rp5.850 - Rp6.575
  • PT H M Sampoerna Tbk (HMSP) dengan target harga Rp1.770 - Rp1.800

Baca Juga: Saham-saham BEI Dibuka Menguat, Tapi Masih Berpotensi Melemah

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya