Comscore Tracker

Imbas Virus Corona, Penumpang Pesawat Rute Domestik Turun 34 Persen

Terjadi di Bandara Sutta dan Halim Perdana Kusuma

Jakarta, IDN Times - PT Angkasa Pura II mencatat terjadinya penurunan penumpang pesawat di Bandara Soekarno Hatta dan Halim Perdana Kusuma pada 16 - 29 Maret.

Ini terjadi karena kasus COVID-19 atau Virus Corona di dalam negeri terus mengalami peningkatan, sehingga pemerintah mengeluarkan kebijakan dengan mengimbau masyarakat untuk tetap berada di rumah, serta bekerja dan belajar dari rumah, demi memutus rantai virus tersebut.

"Menandakan masyarakat merespons baik imbauan pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19,” ujar President Director Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, melalui keterangan yang diterima IDN Times, Selasa (31/3).

1. Pada 16 hingga 29 Maret terjadi penurunan signifikan

Imbas Virus Corona, Penumpang Pesawat Rute Domestik Turun 34 Persen(Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta) IDN Times/Candra Irawan

Baca Juga: Mulai Hari Ini Lion Air Tutup Penerbangan ke Papua, Imbas Virus Corona

Berdasarkan keterangan yang diterima, pada 7 hari pertama sejak diberlakukan stay at home dan work home pada 16 hingga 22 Maret tercatat, jumlah penumpang pesawat rute domestik di Soekarno Hatta sebanyak 763.633.

Lalu pada 23-29 Maret menjadi 500.080 atau turun 34,51 persen. "Sementara itu, pergerakan pesawat turun 34,22 persen dari 6.069 pergerakan menjadi 3.992 pergerakan," jelas Awal.

2. Penurunan di Halim juga terjadi pada pergerakan pesawat

Imbas Virus Corona, Penumpang Pesawat Rute Domestik Turun 34 PersenIlustrasi Batik Air. (IDN Times/Mela Hapsari)

Sementara di Bandara Halim Perdana Kusuma, pada 16-22 Maret jumlah penumpang rute domestik tercatat 86.653 dan mengalami penurunan 35,07 persen menjadi 56.265 penumpang pada 23-29 Maret.

"Seiring dengan itu, pergerakan pesawat juga mengalami penurunan 18,82 persen atau dari 1.217 pergerakan menjadi 988 pergerakan," ujarnya.

3. Penumpang yang masuk ke Jakarta lebih tinggi daripada yang ke luar

Imbas Virus Corona, Penumpang Pesawat Rute Domestik Turun 34 PersenCitilink (IDN Times/Dwi Agustiar)

Adapun pergerakan pesawat yang masuk ke Jakarta lebih tinggi dibandingkan dengan keluar Jakarta, sehingga kata Awal ada indikasi bahwa penumpang yang bepergian ke luar Jakarta akan kembali lagi ke Jakarta sesegera mungkin.

“Dilihat dari top 10 destinasi favorit, penerbangan yang meninggalkan Jakarta jumlahnya imbang dengan penerbangan yang datang di Jakarta. Indikasinya adalah pesawat yang datang ke Jakarta itu membawa kembali penumpang yang sebelumnya meninggalkan Jakarta,” katanya.

Untuk diketahui Top 10 destinasi rute domestik dari Soekarno-Hatta yakni Medan, Palembang, Padang, Pontianak, Semarang, Solo, Surabaya, Denpasar, Balikpapan dan Ujung Pandang

Baca Juga: Mulai 1 April, Seluruh Penerbangan AirAsia Indonesia Dihentikan

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya